Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 06, 2022, 06:03:45 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 67
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 37
Total: 37

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Rahasia Bahan Peledak!!!

Dimulai oleh cakpredi, Januari 08, 2010, 02:03:51 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Mat Dillom

Begitu Sisca nanya blackpowder ke toko kimia, langsung deh di borgol polisi :D.

Hand15

#16
Bahan peledak yang paling mudah dibuat: Aseton Peroksida


Bahan peledak ini merupakan bahan peledak yang sering digunakan oleh teroris dalam meledakkan pesawat terbang.
Hal ini dikarenakan senyawa ini sangat mudah terbentuk dan prekursornya bisa didapatkan dengan mudah:
Aseton (l) + Hidrogen peroksida (l) + Asam (sebagai katalis) -> Aseton peroksida (s)

Makanya dalam beberapa tahun ini adalah peraturan dilarang membawa cairan ke dalam pesawat, termasuk pula air putih karena khawatir cairan yang dibawa mengandung aseton dan hidrogen peroksida.

Aseton peroksida sangat sensitif terhadap gesekan, goncangan dan panas, sehingga mudah meledak.

Contoh ledakan aseton peroksida (beberapa gram):
http://www.youtube.com/watch?v=xnIZmYsWWO0

Jika hanya 2-3 gram saja sudah bisa menimbulkan ledakan seperti itu, bisa dibayangkan seberapa besar ledakan yang bisa ditimbulkan satu botol aseton peroksida

Ledakan yang sangat kuat ini terjadi karena seketika terkena api, aseton peroksida akan berdekomposisi menjadi H2O dan CO2, ini melibatkan pertambahan volume yang sangat cepat (dari padat menjadi gas).
Dan sebenarnya hampir semua bahan peledak memiliki ciri-ciri seperti ini.

cakpredi

Kacang adalah salah satu bahan untuk membuat dinamit    ???????

sisca, chemistry

ei,, hand15...

itu bubuk2 itu apa...?
aseton peroksidanya ya...?
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Hand15


syx

kira-kira kalo densus 88 baca topik ini kira-kira forum ini bakal ditutup ato ga ya?

cakpredi

yaa gak mungkin dong......inikan dipandang dari sisi ilmiahnya bukan dari kegunaanya

sisca, chemistry

bole tanya lagi ndak...
itu asamnya, asam apa lagi..?
suka hati..?
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Hand15

Kutip dari: sisca, chemistry pada Januari 11, 2010, 08:31:10 PM
bole tanya lagi ndak...
itu asamnya, asam apa lagi..?
suka hati..?

biasanya asam kuat ~ misalnya asam sulfat

Mat Dillom

Kutip dari: syx pada Januari 11, 2010, 07:28:59 AM
kira-kira kalo densus 88 baca topik ini kira-kira forum ini bakal ditutup ato ga ya?
Disini khan tujuannya belajar untuk mengetahui, dan kalau melihat dilingkungan ada yg bom bahannya yg dimiliki tetangga misalnya, kita bisa awasi. Kalau diracik untuk bom khan kita bisa ikut melaporkan ke polisi.

syx

yup... kita semua bisa belajar banyak tentang hal ini. dari segi keilmuan saya ini bisa terkait dengan keselamatan kerja selama di lab. jadi kita bisa tau zat-zat apa yang musti diperlakukan khusus dan ati-ati banget selama disimpan dan bekerja dengan bahan tersebut.

sisca, chemistry

wooowww
othe,,,

mantap..
bisa nih dibuat praktikum,,
hahhaa~

TQ infonya.. ^^
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]