Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Kimia => Topik dimulai oleh: alid_abdul pada Maret 12, 2008, 05:07:23 AM

Judul: Sebenarnya terbuat dari apa bahan kimia (aditif) untuk makanan
Ditulis oleh: alid_abdul pada Maret 12, 2008, 05:07:23 AM
member baru negh,,, mencoba ikutan nimbrung,,, semoga dapat tanggapan baik.

first post
Mengenai makanan kemasan pastinya ada kandungan kimia ini itu. kenapa kok berbahaya? memangnya terbuat dari apa sih bahan tersebut. ya misal natrium benzoat, pewarna yang mengandung kode-kode yang nggak saya kenal. dsb deh...

Judul: Re: Sebenarnya terbuat dari apa bahan kimia (aditif) untuk makanan
Ditulis oleh: peregrin pada Maret 12, 2008, 04:33:45 PM
Halo alid_abdul, met datang, moga2 betah ya  ;D

Tentang bahan tambahan dalam makanan kemasan, mesti dipilah2 dulu neh, mana yg berbahaya mana yg tidak.
Ada banyak kategori bahan tambahan / food additive ini, dengan kegunaannya masing2 (memang benar dibutuhkan kok, misalnya utk mencegah tumbuhnya bakteri / jamur, utk menjaga konsistensi makanan tsb, dsb.).
Di negara2 lain, bahan2 tambahan ini harus ditulis lengkap di kemasan makanan tsb. Bahan2 yg boleh ditambahkan hanya yg sudah diteliti aman. Penambahannya juga hanya boleh dalam kadar tertentu saja (karena kalau berlebihan, ya jadi berbahaya). Pemerintah bisa sewaktu2 memeriksa produk2 yg beredar di dalam masyarakat, apakah sudah sesuai peraturan / standar keamanan atau tidak.
Di Indonesia memang tidak terkontrol, di situ masalahnya  :P

Contohnya pewarna. Di Indonesia, masyarakat sering asal menambahkan pewarna ke produk2 jualannya (ndak harus produk kemasan lho). Misalnya nih sirup2 yg berwarna-warni fluoresense yg menarik buat anak kecil, saos tomat merah-rah yg dipakai abang2 tukang bakso, dsb.
Produk2 kemasan yg dijual di supermarket juga biasanya tidak lengkap mencantumkan bahan2 yg ditambahkan.
Jadi susah kan, kita ngga bisa yakin mana yg benar aman mana yg tidak, lha wong apa yg ditambahkan aja ngga ketahuan. Seharusnya ini tugas BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) utk mengontrol. Tapi yaa..........  :-X :-X :-X


Tentang terbuat dr apa bahan2 tsb, ya macam2. Kebanyakan bahan memang sintetik (hasil reaksi kimia-fisika), sekalipun bahan tsb sebenarnya bisa diperoleh secara alami, krn utk menekan ongkos produksi. Contohnya indigo dye (E132 di EU). Ada juga yg langsung diisolasi atau diproses (e.g. fermentasi) dr tanaman (jadi bukan sintetik), contohnya pektin, asam cuka, dsb.


Natrium benzoate (E211) sering digunakan sbg pengawet, tapi bbrp penelitian mengindikasikan kalo bahan ini tidak aman (bisa menyebabkan alergi dan kemungkinan juga menyebabkan hiperaktifitas pada anak2). Kalau digunakan bersama2 dg asam askorbat (vitamin C) dalam satu produk, bisa bereaksi dan menghasilkan benzene yg sangat karsinogenik. Saat ini di Uni Eropa, penggunaan bahan ini sedang dalam evaluasi ulang.



Judul: Re: Sebenarnya terbuat dari apa bahan kimia (aditif) untuk makanan
Ditulis oleh: alid_abdul pada Maret 13, 2008, 01:17:25 AM
weh gak nyangka dapet segitu banyakkkkkk... tengkyu om...

ada yang lain?????
Judul: Re: Sebenarnya terbuat dari apa bahan kimia (aditif) untuk makanan
Ditulis oleh: wiwit pada Maret 15, 2008, 07:40:42 AM
kayanya ga da yg laen deh, dah d ksh thu smw m yg pertama ntu...
tp yg psti, jgn slalu nylhin pedagang atau pemerintah. :)
pedagang mgk g thu klo bhan mknan yg mreka campurin bhy tp kan g sngaja... ;) (tp mng kdu terkontrol)
trus soal pmrintah, krjanya dah brat bgt, don't push him to much man...
yg pntg klo kt bli mknan kemasan, bca dulu komposisinya, klo kra-kra kbnykan bhn kmy yg bhy, y jgn d bli...
lgian kan klo mw hdp shat mestinya jgn kseringan makan JunK fOOd.... ;D
Judul: Re: Sebenarnya terbuat dari apa bahan kimia (aditif) untuk makanan
Ditulis oleh: alid_abdul pada Maret 19, 2008, 11:10:21 PM

yg pntg klo kt bli mknan kemasan, bca dulu komposisinya, klo kra-kra kbnykan bhn kmy yg bhy, y jgn d bli...

Iya memang kita kudu lebih teliti lagi sebelum membeli.

tp yg psti, jgn slalu nylhin pedagang atau pemerintah. :)

tetep harus disalahin,,,
produsen kan gak menampilkan/mencetak seluruh komposisinya

pemerintah gak ketat soal itu,,, tau klo kerja udah berat
Judul: Re: Sebenarnya terbuat dari apa bahan kimia (aditif) untuk makanan
Ditulis oleh: Vinchemz pada Juli 28, 2008, 08:03:12 AM
Paman pentol aja kagak tau kalo formalin itu berbahaya.. :S
Judul: Re: Sebenarnya terbuat dari apa bahan kimia (aditif) untuk makanan
Ditulis oleh: syx pada Juli 28, 2008, 10:43:18 PM
kalo POM disuruh ngawasi sampe yg kecil-kecil ya susah banget... sumber dayanya ga bakal cukup. di sini perlu peran konsumen.
bahan kimia yang ditambahkan pada makanan antara lain pengawet, pewarna, essence, flavorant, pemutih dan penyedap rasa. ada beberapa yg dinyatakan aman untuk kosmetik, obat, dan makanan. tapi ada juga ga sesuai dan tidak boleh digunakan dalam bahan makanan. yg terakhir ini yg berbahaya. misalnya kloroform (pengawet - biasanya utk cadaver), pewarna rhodamine B (pewarna merah), asam borat (sebagai pengenyal makanan dan bikin renyah pada krupuk - istilahnya garam bleng), dsb. ntar ditinjau satu per satu kalo sempet.
Judul: Re: Sebenarnya terbuat dari apa bahan kimia (aditif) untuk makanan
Ditulis oleh: Vinchemz pada Agustus 02, 2008, 04:48:34 AM
Hah?? Jadi kerupuk itu berbahaya juga!?
(Puasa makan kerupuk 5 tahun)
Judul: Re: Sebenarnya terbuat dari apa bahan kimia (aditif) untuk makanan
Ditulis oleh: syx pada Agustus 02, 2008, 05:02:13 AM
ga semua krupuk lah... yg patut diwaspadai itu krupuk uli (ato puli?) yg pake bahan dasar beras. krupuk ini wajib pake garam bleng itu. kalo ga pake ga bakalan bisa 'mekar'.
Judul: Re: Sebenarnya terbuat dari apa bahan kimia (aditif) untuk makanan
Ditulis oleh: syx pada September 18, 2008, 08:58:51 AM
ini ada yg iseng neliti ketahanan donat dari beberapa toko donat terkenal:
http://veganlion13.blogspot.com/2008/08/dognuts.html
bayangin, donat bisa tahan sampe 9 bulan! katanya sih mbuatnya steril banget tapi masa sih kaya gitu? silakan kasi komentar...