Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 06, 2023, 02:03:04 PM

Login with username, password and session length

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,634
  • Total Topik: 10,391
  • Online today: 45
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 24
Total: 24

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Kertas pembungkus rokok

Dimulai oleh Anton_Soepriyanto, Januari 17, 2012, 06:02:26 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Anton_Soepriyanto

Mau tanya nih. Kertas logam pembungkus rokok atau coklat itu aluminium atau bukan sih? Kalau memang aluminium, dicampur dg karat besi apa lantas bisa jadi termit? Apa perlu ada proses lain?
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

syx

aluminium foil. kalo dari reaksinya memungkinkan:

2 Al + Fe2O3 → 2 Fe + Al2O3

bikin percobaan aja trus ntar report ke sini.

topazo

Walah, bikin thermite sendiri... Idenya bagus juga tuh, kayaknya masuk akal... Cuman katanya untuk membakar thermite butuh panas tinggi, gak bisa dibakar begitu aja...
Kalau [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] bilang harus pake bantuan pembakaran logam magnesium atau campuran kalium permanganat+gliserol... Atau dibakar pake alat las...
Eh iya, kayaknya dibakar pake bantuan kembang api mainan juga bisa...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

mangkokooo

tapi harus dipanaskan sampai 900 derajat celcius dulu baru tercetus reaksinya cmiiw

topazo

Kutip dari: mangkokooo pada Januari 18, 2012, 05:10:35 PM
tapi harus dipanaskan sampai 900 derajat celcius dulu baru tercetus reaksinya cmiiw
Makanya pake bantuan kembang api... Tempraturnya mencapai 1000 derajat celcius kok...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Chuppy_bot

aluminium foil,,,, thermite ya ... boleh juga tuh dicoba ..:)
.: Faktor Plus dalam diri kita dapat kita aktifkan jika kita memiliki Mimpi, Kreativitas, Pikiran Positif, dan Ketekunan :.

Anton_Soepriyanto

Kalau pemicu pembakarannya sih pakai magnesium. Ternyata ada sejenis kembang api yg terbuat sepertinya dari magnesium, bentuknya seperti permen lolipop tapi dg gumpalan logam di ujungnya. Nyalanya putih. Tapi apa bisa sampai 900 derajat celcius? kelihatannya tidak sepanas itu.
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Anton_Soepriyanto

tapi sementara ini belum bisa coba. belum musim kembang api.
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

mhyworld

Kutip dari: Anton_Soepriyanto pada Januari 19, 2012, 02:18:42 PM
Kalau pemicu pembakarannya sih pakai magnesium. Ternyata ada sejenis kembang api yg terbuat sepertinya dari magnesium, bentuknya seperti permen lolipop tapi dg gumpalan logam di ujungnya. Nyalanya putih. Tapi apa bisa sampai 900 derajat celcius? kelihatannya tidak sepanas itu.
kembang api yg nyalanya putih hampir pasti suhunya lebih dari 1000 C.
once we have eternity, everything else can wait

Farabi

1000 derajat ini selama berapa menit sampai reaksi dihasilkan?
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

topazo

Kayaknya gak sampai menit deh, paling beberapa detik... Kalau suhu sudah optimal, reaksi akan self sustain (apa ya Bahasa Indonesianya) sampai sang thermite habis...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?