Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 02, 2022, 12:24:55 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 50
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 20
Total: 20

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Tabel Periodik Mendapatkan Unsur Baru

Dimulai oleh nash, September 30, 2009, 10:34:01 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

nash

Tabel Periodik Mendapatkan Unsur Baru
Rabu, 30 September, 2009 oleh Arli Aditya Parikesit



Tabel periodik akan segera mendapatkan tambahan elemen baru, yaitu unsur 'super berat' 112. Lebih dari satu dekade setelah eksperimen yang menghasilkan elemen atom tunggal, tim ilmuwan Jerman telah mendapat kum dari penemuan tersebut.

Tim yang dipimpin oleh Sigurd Hofmann dari Sentral Riset Ion Berat, harus memberikan nama untuk penemuan mereka, sebelum unsur tersebut dapat ditambahkan pada tabel. Ilmuwan terus berlomba untuk menemukan elemen super berat lebih banyak lagi. Prof Hofmann memulai pencarian dia sejak tahun 1976.

Eksperimen fusi tersebut dilakukan pada lab yang telah mengungkap eksistensi unsur dengan nomor atom 107-111. Mereka dikenal sebagai 'unsur super berat', dan nomor mereka merepresentasikan jumlah proton, yang bersama-sama dengan neutron, memberikan mayoritas massa atom.

Dalam rangka membuat unsur 112, tim Prof Hofmann menggunakan akselerasi partikel sepanjang 120m untuk menembakkan sinar atom seng (atau ion seng) pada atom timbal. Inti dari kedua unsur akan bersatu, atau bergabung, untuk membentuk inti dari unsur baru. Akselerasi partikel yang canggih telah mempercepat pemburuan terhadap unsur super berat.

Namun, inti yang sangat besar dan berat ini juga sangat tidak stabil. Mereka akan mulai terdisintegrasi segera setelah terbentuk, dalam waktu beberapa milidetik. Hal ini melepaskan energi, dimana ilmuwan dapat mengukur untuk mengetahu ukuran dari inti yang terdisintegrasi.

Bagaimanapun, eksperimen seperti itu menghasilkan beberapa fusi yang berhasil, dan ilmuwan memerlukan akselerasi partikel yang jauh lebih canggih untuk menjalankan eksperimen untuk menemukan unsur-unsur baru.

Hal ini yang menyebabkan mengapa diperlukan waktu lama bagi unsur 112 untuk diakui oleh International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC). Penemuan tersebut telah diverifikasi secara independen, dan sejauh ini hanya empat atom yang telah diobservasi.

IUPAC menamakan unsur tersebut sebagai ununbium, sebagai 'ununbi' yang berarti 'satu satu dua' dalam bahasa Latin. Namun profesor Hofman dan tim sedang mencari nama trivial.

Tim tersebut, yang merupakan kolaborasi antara US, Rusia, dan Jepang, menurut Prof Hofman adalah 'kompetisi bersahabat' untuk menemukan unsur yang baru dan lebih berat.

sumber: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

nandaz

...wah, udah ada berita up date soal tabel periodik nih, kebanyakan unsur baru ditemukan lewat sebuah kejadian tabrakan antara sinar..dan sinar itu melalui pipa yang sanagt panjang dalam hitungan mili detik sehingga menhasilkan perpendaran yang baru...jadi inget sewaktu Einstein menyanggah teori Maxwell dulu soal cahaya adalah gelombang dan dijadikan bahwa cahaya adalah zarah oleh Einstein sewaktu eksperimennya yang melontarkan partikel gelombang elektron pada besi, kalo ngga salah sih...
...tetapi nantinya unsur itu berpengruh dalam letak periode dan golongan kan? bakal masuk golongan mana nih?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

sisca, chemistry

wah...
wah,,,
mantapp,,,
kereennn,,
ununbi,,,
wow...

masuk golongan IIb yah..?
periode 7..?
huaaaa,,,,,
kereeenn,,,
superberat... weuw...
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

raisuien

bukannya unsur ini sudah dikasih nama?
klo gag salah inget Copernicium...


raisuien

Fisikawan Menemukan Unsur 113 dan 115

Para fisikawan nuklir telah lama menspekulasi keberadaan atom-atom yang bermassa lebih berat dari yang telah ditemukan sekarang. Sayangnya, selama ini mereka tidak memiliki teknologi yang memadai untuk mensintesis atom-atom tersebut. Sampai baru-baru ini saja. Satu tim ilmuwan gabungan Amerika dan Rusia teleh menemukan dua unsur baru: unsur nomor 113 dan 115 di tabel periodik. Terobosan baru di bidang kimia ini jelas dapat memperdalam pengetahuan kita tentang sifat-sifat atom.

Elemen-elemen super berat sangat cepat mengurai ketika mereka berhasil diciptakan. Dua yang baru ditemukan, kelihatannya merupakan bagian dari jenis atom-atom yang memiliki waktu hidup yang lama. "Kita mulai memasuki daerah yang kelihatannya memiliki stabilitas yang tertunjang", kata Joshua Patin dari Lawrence Livermore National Laboratories di California, AS. Dr. Patin merupakan chief data analyst untuk proyek kerjasama ini. Dia dan para koleganya di Livermore dan ilmuwan-ilmuwan Joint Institute for Nuclear Research di Rusis menumbukkan ion-ion dengan atom-atom yang dijadikan target di cyclotron (mesin yang dapat mengakselarasi nukleus atom ke kecepatan yang sangat tinggi). Para periset tersebut membombardir unsur amerisium-243 yang radioaktif dengan kalsium-48. Mereka menembakkan 1 trilyun atom-atom kalsium per detik, dengan harapan bahwa atom-atom tersebut akan menempel satu sama lain untuk membentuk suatu yang baru. Setelah melakukan percobaan ini siang malam selama satu bulan, Patin dan kawan-kawan berhasil memproduksi empat atom untuk masing-masing dua unsur baru untuk dipelajari penguraiannya.

Unsur 115 hidup selama seperseratus ribu detik (1/100000) sebelum mengurai menjadi unsur 113 yang lantas mengurai lagi setelah bertahan selama sedetik lebih. Di dunia elemen-elemen super berat, waktu yang kedengarannya sangat singkat tersebut sebenarnya lama sekali. Penemuan ini mendukung satu teori yang mengatakan ada satu daerah yang memiliki stabilitas memadai di tabel periodik. Dan untuk satu elemen baru yang ditemukan, ada banyak isotop yang menunggu untuk ditemukan. Beberapa di antaranya mungkin sangat stabil.

Untuk selanjutnya, tim ini akan mencoba menemukan elemen 117 dan 118. "Anda dapat menganggap daerah ini di tabel periodik sebagai dearah yang penuh teka-teki," kata Patin lagi. "Kita sudah menemukan sebagian jawaban dari teka-teki itu, tapi masih banyak lagi isotop-isotop kedua unsur yang baru ditemukan yang belum dilihat."

Diterjemahkan dari artikel Discover tanggal 12 Maret 2004

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

sisca, chemistry

o iya...
copernicum,,, tapi gag sisca baca hari itu...
T.T

othe2,,

@sky...
iyah gag super lagii,,
uda ada yg super duper berat...
:P
;D
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

nandaz

Kutip dari: raisuien pada September 30, 2009, 09:33:30 PM




Unsur 115 hidup selama seperseratus ribu detik (1/100000) sebelum mengurai menjadi unsur 113 yang lantas mengurai lagi setelah bertahan selama sedetik lebih. Di dunia elemen-elemen super berat, waktu yang kedengarannya sangat singkat tersebut sebenarnya lama sekali. Penemuan ini mendukung satu teori yang mengatakan ada satu daerah yang memiliki stabilitas memadai di tabel periodik. Dan untuk satu elemen baru yang ditemukan, ada banyak isotop yang menunggu untuk ditemukan. Beberapa di antaranya mungkin sangat stabil.




....waktu paronya dasyat sekali...hampir takdapat dipercaya perubahan unsurnya meloncak drastis dengan yang lain sesingkat itu...jadi penasaran proses teknologi yang mengebolasi kejadian penguraian usur berat ini secara objektif langsung.
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

ZeroFour

Kutip dari: raisuien pada September 30, 2009, 09:23:56 PM
bukannya unsur ini sudah dikasih nama?
klo gag salah inget Copernicium...
apa sebabny dinamain Copernicum...?
apakah ada hub ny ma nma tmpat ny...?
kya nma Magnesium ato Lithium yg dari nma tmpat...?

sisca, chemistry

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Media Kimia

wah, kok banyak banget ya skr.
belum sampe paham semua unsur, eh udah ditambahi unsur baru lagi.
bikin pusing aja.

cassle


gelangtangan

Unsur kimia terbaru akan segera menambah panjang tabel periodik pada buku-buku ajar kimia. Unsur itu rencananya akan diberi nama "copernicium" sebagai penghargaan kepada astronom Nicolaus Copernicus.

Copernicus, yang hidup dari 1473 sampai 1543, menemukan kalau Bumi mengorbit Matahari, dan bukan sebaliknya. "Temuan ini menata dasar cara pandang modern manusia terhadap alam semestanya," kata Sigurd Hofmann, ketua tim penemu unsur itu di GSI Helmholtz Centre for Heavy Ion Research, Jerman.

Copernicium atau 'Cp' dengan nomor atom 112 ditemukan setelah tim ilmuwan GSI membombardir ion-ion zinc (seng) ke arah timah dalam akselerator partikel. Karena unsur baru itu meluruh tidak sampai sedetik kemudian, keberadaannya cuma bisa dibuktikan dengan metode analisis yang ekstrem cepat dan sensitif.

Meski eksperimen sudah dilakukan 13 tahun lalu, Uni Kimia Murni dan Terapan Internasional (IUPAC) baru memberi konfirmasi resminya beberapa pekan lalu. Dalam enam bulan ke depan lembaga ini diharapkan sudah mencantumkan unsur itu sebagai anggota baru dalam tabel periodik kimia.

Termasuk Copernicium, GSI telah menyumbang temuan enam unsur kimia baru sejak 1981. Unsur-unsur itu mulai dari yang bernomor atom 107.

gelangtangan

ada yang lebih baru dari unsur di atas ng...??
gw butuh infonya....

sisca, chemistry

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]