Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

November 26, 2022, 11:21:17 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,847
  • Latest: Fordemah
Stats
  • Total Tulisan: 139,639
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 30
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 30
Total: 30

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Tanya bahan kimia

Dimulai oleh Mat Dillom, Juni 15, 2010, 04:51:25 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Mat Dillom

Saya mau tanya donk.

Ada yang tahu Titania (Titaniumdioksid) dan redox electrolit?. Kalau di Indonesia, belinya di toko kimia mana yah?

Titanium dioksid biasanya campurannya apa yah? Aqua destilata atau bahan cairan lain agar sifat-sifatnya muncul. 


Mat Dillom

Biasanya campurannya Dilute Nitric Acid, ada juga gak yah di Indonesia?

syx

titanium dioxide mustinya mudah dicari di toko ato supplier besar chemicals karena banyak dipake.

Mat Dillom

sys bener gak? dari bahan yang saya sebutkan itu, memungkinkan kita membuat solarcell yg murah. Sisca neh biasanya yg tertarik ma beginian. Semoga aja sisca bisa cek ada gak bahan-bahan itu di Indo. Kalau bisa khan kita bisa buat dan jual ke sekolah-sekolah dasar dengan harga yang murah untuk mengenalkan Green Energi ke anak SD.

Takagi Fujimaru

Wah, kalau di Indonesia, efisiensinya kecil banget bung Mat. Kita kan di daerah katulistiwa, jadi banyak awan. Nah, intensitas penyinaran juga berkurang kan? Efisiensi yg cukup kecil...
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

sisca, chemistry

wah wah..
saya...?
saya datang.... ;D ;D

wah wah...
di daerah sisca yg termasuk kampung2 ga ada toko kimia.. T.,T
huk huk...
tar deh,,, setahun lagi.. sisca uda pindah ke medan mudah2an.. sisca baru bisa jalan2 ke toko kimia liat2 barang... :)

apa aja bang bahan, alat dan lain2nya..?
:D :D
truz,, gimana buatne...?
kemaren,, yg dari panci ,, masi ribet sisca buatnya.. T.,T
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Mat Dillom

Bahan yg harus di cek sisca, ini nih:

1. Titanium Dioxide (TIO2);
2. Dilute Nictric Acid;
3. Redox Electrolit.

Itu aja, nanti caranya ane tulis deh.
Soal efisiensinya, gampanglah. Yang penting green energy bisa dikenalkan sama adik-adik kita SD. Kalau bisa jual solarsel murah misalnya Rp. 2000,- per lembar, khan lumayan adikadik kita dapat pencerahan.

sisca, chemistry

oh...
keren..
mantap mantap...

cuma 3...
ok ok...
tar sisca obrak abrik lab. skolah sisca aja...
kali aja ada salah satu dari bahannya itu... ^^
sip...
ditunggu caranya.. :)
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Mat Dillom

Kutip dari: sisca, chemistry pada Juni 15, 2010, 09:12:35 PM
oh...
keren..
mantap mantap...

cuma 3...
ok ok...
tar sisca obrak abrik lab. skolah sisca aja...
kali aja ada salah satu dari bahannya itu... ^^
sip...
ditunggu caranya.. :)

Iyah sis, ntar ane tulis caranya.

syx

Kutip dari: Takagi Fujimaru pada Juni 15, 2010, 08:35:33 PM
Wah, kalau di Indonesia, efisiensinya kecil banget bung Mat. Kita kan di daerah katulistiwa, jadi banyak awan. Nah, intensitas penyinaran juga berkurang kan? Efisiensi yg cukup kecil...
masa sih? ada orang jepang yang ke indonesia bilang kita mustinya bisa manfaati tenaga matahari karena sinar matahari di sini melimpah banget. beda dng jepang, meski mereka mengembangkan listrik tenaga surya. kalo jepang aja bisa kenapa indonesia tidak, gitu komentarnya.
di pedalaman borneo listrik tenaga surya ini dipake banget karena mereka tidak dapat pasokan listrik pln. tapi justru mereka untung karena ga kebagian jatah pemadaman bergilir. gitu kata temen saya dari pontianak.

Mat Dillom

ane lagi nulis nih caranya. Semoga bermanfaat. Ini pake titania. Yang bagus pake silikon + Phospor dan silikon + Boron. Ternyata gampang kok cara buatnya.

Boron banyak khan di Indo? Silikon banyak sih.

nandaz

titaniumdioksida itu ada dibatu mateorit,  ;D
ngga, titanium sebenarna juga salah satu yang tidak didapat dialam bebas, melainkan pengolahan dari bijih ilmenit, dan lagi bijih ini juga mudah ditemukan contohnya dipasir pantai, kalo pandai mengolahnya diLab bisa bikin TiO2, kalo ngga salah pake sulfat ya?...penjualnya ngga pernah aku tanya ketoko kimia, mungkin ada ditoko baja, atau besi deh... ::)

o ya takagi, bener kata M.syx tuh...iklim tropis justru mendukung kita akan solarcell, salah satunya kan udah banyak yang buat pemanas air dari energi sinar matahari, apa tuh nama produknya yang lagi naik pamor ::)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Takagi Fujimaru

Hm, iya ya? Karena matahari 'berkecimpung' tak jauh dari katulistiwa ya? Tapi, kalau di gurun kan sangat efektif tuh? Paling tidak jauh lebih efektif daripada di indonesia yg kepulauan kan? Hm,,,betul.betul.betul. maaphkan saya om syx... Di Jepang, intensitas penyinarannya dikit, terlebih lagi saat musim gugur dan salju...

at last, maaphkan saya... >_<
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

syx

ndak apa-apa... kita kan belajar di forum ini. saling tukar pikiran dan tukar pendapat biar tambah pinter.

Mat Dillom

Yang aneh kenapa perguruan tinggi seperti ITB dan UI tidak melakukan riset tentang solar Cell yah? dan kenapa pula pemerintah tidak mendorong membangun pabriknya? aneh negeri kita.