Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 20, 2021, 12:37:00 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139666
  • Total Topik: 10406
  • Online Today: 53
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 41
Total: 41

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Tanya bahan kimia  (Dibaca 15660 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Tanya bahan kimia
« pada: Juni 15, 2010, 07:51:25 PM »
Saya mau tanya donk.

Ada yang tahu Titania (Titaniumdioksid) dan redox electrolit?. Kalau di Indonesia, belinya di toko kimia mana yah?

Titanium dioksid biasanya campurannya apa yah? Aqua destilata atau bahan cairan lain agar sifat-sifatnya muncul. 


Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #1 pada: Juni 15, 2010, 09:29:40 PM »
Biasanya campurannya Dilute Nitric Acid, ada juga gak yah di Indonesia?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #2 pada: Juni 16, 2010, 01:58:22 AM »
titanium dioxide mustinya mudah dicari di toko ato supplier besar chemicals karena banyak dipake.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #3 pada: Juni 16, 2010, 10:58:29 AM »
sys bener gak? dari bahan yang saya sebutkan itu, memungkinkan kita membuat solarcell yg murah. Sisca neh biasanya yg tertarik ma beginian. Semoga aja sisca bisa cek ada gak bahan-bahan itu di Indo. Kalau bisa khan kita bisa buat dan jual ke sekolah-sekolah dasar dengan harga yang murah untuk mengenalkan Green Energi ke anak SD.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #4 pada: Juni 16, 2010, 11:35:33 AM »
Wah, kalau di Indonesia, efisiensinya kecil banget bung Mat. Kita kan di daerah katulistiwa, jadi banyak awan. Nah, intensitas penyinaran juga berkurang kan? Efisiensi yg cukup kecil...
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #5 pada: Juni 16, 2010, 11:56:33 AM »
wah wah..
saya...?
saya datang.... ;D ;D

wah wah...
di daerah sisca yg termasuk kampung2 ga ada toko kimia.. T.,T
huk huk...
tar deh,,, setahun lagi.. sisca uda pindah ke medan mudah2an.. sisca baru bisa jalan2 ke toko kimia liat2 barang... :)

apa aja bang bahan, alat dan lain2nya..?
:D :D
truz,, gimana buatne...?
kemaren,, yg dari panci ,, masi ribet sisca buatnya.. T.,T
~ You are what you eat ~

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #6 pada: Juni 16, 2010, 12:09:02 PM »
Bahan yg harus di cek sisca, ini nih:

1. Titanium Dioxide (TIO2);
2. Dilute Nictric Acid;
3. Redox Electrolit.

Itu aja, nanti caranya ane tulis deh.
Soal efisiensinya, gampanglah. Yang penting green energy bisa dikenalkan sama adik-adik kita SD. Kalau bisa jual solarsel murah misalnya Rp. 2000,- per lembar, khan lumayan adikadik kita dapat pencerahan.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #7 pada: Juni 16, 2010, 12:12:35 PM »
oh...
keren..
mantap mantap...

cuma 3...
ok ok...
tar sisca obrak abrik lab. skolah sisca aja...
kali aja ada salah satu dari bahannya itu... ^^
sip...
ditunggu caranya.. :)

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #8 pada: Juni 16, 2010, 12:16:00 PM »
oh...
keren..
mantap mantap...

cuma 3...
ok ok...
tar sisca obrak abrik lab. skolah sisca aja...
kali aja ada salah satu dari bahannya itu... ^^
sip...
ditunggu caranya.. :)

Iyah sis, ntar ane tulis caranya.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #9 pada: Juni 16, 2010, 11:19:59 PM »
Wah, kalau di Indonesia, efisiensinya kecil banget bung Mat. Kita kan di daerah katulistiwa, jadi banyak awan. Nah, intensitas penyinaran juga berkurang kan? Efisiensi yg cukup kecil...
masa sih? ada orang jepang yang ke indonesia bilang kita mustinya bisa manfaati tenaga matahari karena sinar matahari di sini melimpah banget. beda dng jepang, meski mereka mengembangkan listrik tenaga surya. kalo jepang aja bisa kenapa indonesia tidak, gitu komentarnya.
di pedalaman borneo listrik tenaga surya ini dipake banget karena mereka tidak dapat pasokan listrik pln. tapi justru mereka untung karena ga kebagian jatah pemadaman bergilir. gitu kata temen saya dari pontianak.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #10 pada: Juni 16, 2010, 11:30:18 PM »
ane lagi nulis nih caranya. Semoga bermanfaat. Ini pake titania. Yang bagus pake silikon + Phospor dan silikon + Boron. Ternyata gampang kok cara buatnya.

Boron banyak khan di Indo? Silikon banyak sih.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #11 pada: Juni 17, 2010, 01:18:33 AM »
titaniumdioksida itu ada dibatu mateorit,  ;D
ngga, titanium sebenarna juga salah satu yang tidak didapat dialam bebas, melainkan pengolahan dari bijih ilmenit, dan lagi bijih ini juga mudah ditemukan contohnya dipasir pantai, kalo pandai mengolahnya diLab bisa bikin TiO2, kalo ngga salah pake sulfat ya?...penjualnya ngga pernah aku tanya ketoko kimia, mungkin ada ditoko baja, atau besi deh... ::)

o ya takagi, bener kata M.syx tuh...iklim tropis justru mendukung kita akan solarcell, salah satunya kan udah banyak yang buat pemanas air dari energi sinar matahari, apa tuh nama produknya yang lagi naik pamor ::)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #12 pada: Juni 17, 2010, 07:59:51 AM »
Hm, iya ya? Karena matahari 'berkecimpung' tak jauh dari katulistiwa ya? Tapi, kalau di gurun kan sangat efektif tuh? Paling tidak jauh lebih efektif daripada di indonesia yg kepulauan kan? Hm,,,betul.betul.betul. maaphkan saya om syx... Di Jepang, intensitas penyinarannya dikit, terlebih lagi saat musim gugur dan salju...

at last, maaphkan saya... >_<

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #13 pada: Juni 17, 2010, 09:02:28 AM »
ndak apa-apa... kita kan belajar di forum ini. saling tukar pikiran dan tukar pendapat biar tambah pinter.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #14 pada: Juni 17, 2010, 10:03:47 AM »
Yang aneh kenapa perguruan tinggi seperti ITB dan UI tidak melakukan riset tentang solar Cell yah? dan kenapa pula pemerintah tidak mendorong membangun pabriknya? aneh negeri kita.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
bahaya bahan kimia

Dimulai oleh hohohoho « 1 2 » Kimia

18 Jawaban
38895 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 31, 2009, 03:33:51 PM
oleh goodkid
9 Jawaban
18393 Dilihat
Tulisan terakhir September 18, 2008, 08:58:51 AM
oleh syx
1 Jawaban
12290 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 29, 2008, 05:36:56 PM
oleh reborn
4 Jawaban
10994 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 21, 2009, 01:15:08 PM
oleh bluesky
0 Jawaban
3407 Dilihat
Tulisan terakhir November 16, 2011, 01:49:47 AM
oleh dienna