Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 23, 2021, 08:07:09 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 46
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 40
Total: 40

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Tanya bahan kimia  (Dibaca 15774 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #15 pada: Juni 17, 2010, 10:10:05 AM »
Hm, kalau ngga salah, dlu ada mahasiswa UGM yang PPLnya bikin solar cell. Nah, solar cell nya itu dipasang di desa apa gitu yg menurut penduduk desa sangat bermanfaat! Kalau ndak salah sih untuk 'mengangkat' air dari sumur. Dulu harus nimba dari sumur yg jauhnya lumayan, sekarang uda tinggal buka keran di rumah masing2 deh. Sungguh bermanfaat!

Hm, mungkin karena solar cell tidak bisa digunakan pada malam hari, jadi jarang digunakan. Toh, pemakaian listrik kita lebih dominan saat hari mulai gelap kan?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #16 pada: Juni 17, 2010, 02:09:10 PM »
Hm, kalau ngga salah, dlu ada mahasiswa UGM yang PPLnya bikin solar cell. Nah, solar cell nya itu dipasang di desa apa gitu yg menurut penduduk desa sangat bermanfaat! Kalau ndak salah sih untuk 'mengangkat' air dari sumur. Dulu harus nimba dari sumur yg jauhnya lumayan, sekarang uda tinggal buka keran di rumah masing2 deh. Sungguh bermanfaat!

Hm, mungkin karena solar cell tidak bisa digunakan pada malam hari, jadi jarang digunakan. Toh, pemakaian listrik kita lebih dominan saat hari mulai gelap kan?

Diseluruh dunia solar sel juga nggak bisa digunakan pada malam hari. Tapi khan ada tekniknya, yaitu penyimpanan dengan batere. :)

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #17 pada: Juni 17, 2010, 11:53:00 PM »
ya itu masalahnya... batere penyimpannya mahal.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #18 pada: Juni 18, 2010, 12:03:51 AM »
ya itu masalahnya... batere penyimpannya mahal.

Halag, aki mobil juga bisa, batere kering yang 25 ribuan juga bisa

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #19 pada: Juni 18, 2010, 01:00:40 AM »
daya simpannya berapa lama dan perlu berapa banyak? paling tidak kan musti bisa menjamin listrik sekitar 4 jam, plus sisa malam mungkin cuma kipas angin kecil.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #20 pada: Juni 18, 2010, 02:43:56 AM »
Nah, itu dia masalahnya. Tempat penyimpanannya kan kurang maksimal? Bentar2. Kalau gini mungkin ga? Kita ubah energi kinetik jadi listrik, trus energi listriknya tadi buat nggerakin motor yg menghasilkan listrik tadi? kayaknya ga mungkin ya? kenapa?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #21 pada: Juni 18, 2010, 05:23:59 AM »
kombinasi motor dan generator ya... dulu pernah mo nyoba pas smp, tapi ga jadi karena males. sepertinya topik udah melebar ya?

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #22 pada: Juni 18, 2010, 09:38:59 AM »
Iya nih. Lha kan tujuannya juga ke energi alternatif kan? hihihi ;D

Pada sepeda jaman dulu, kan ada tuh generator yg dipasang di ban depan yg bisa buat nyalain lampu? Nah, kalau aplikasi itu diterapkan pada sepeda listrik bisa apa ga ya? Listrik dari generatornya dipake charging gitu? Setahuq, sepeda listrik masih perlu di charge pake arus AC kan?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #23 pada: Juni 18, 2010, 09:43:18 AM »
...mat dillom kenapa ngga coba merakit sumber listrik dari tenaga halilintar?
sejauh ini sangkar faraday cuma bikin listrik bertegangan super besar jadi grounding...kenapa ngga dicoba manfaatin tuh energi?, iklim indonesia kan ada musim hujannya jadi dimusim itu pasti bisa ditemukan petir, paling tidak cari daerah tingkat curah hujannya tinggi....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #24 pada: Juni 18, 2010, 02:15:03 PM »
...mat dillom kenapa ngga coba merakit sumber listrik dari tenaga halilintar?
sejauh ini sangkar faraday cuma bikin listrik bertegangan super besar jadi grounding...kenapa ngga dicoba manfaatin tuh energi?, iklim indonesia kan ada musim hujannya jadi dimusim itu pasti bisa ditemukan petir, paling tidak cari daerah tingkat curah hujannya tinggi....

Hhehehe, halilitar cuma ada saat hujan. Dan ketika hujan pun belum tentu ada. Yang saya fikirkan justru kenapa halilitar butuh "tanah". Mungkin kita bisa kembangin listrik dari tanah. Coba aja tancapkan tembaga dan seng ke tanah, terutama tanah humus. Kemungkinan ada listrik disana.

Kalau ke buah jeruk, apel, batang pohon khan kita udah bisa dapat listrik meski lemah.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #25 pada: Juni 18, 2010, 02:17:56 PM »
Iya nih. Lha kan tujuannya juga ke energi alternatif kan? hihihi ;D

Pada sepeda jaman dulu, kan ada tuh generator yg dipasang di ban depan yg bisa buat nyalain lampu? Nah, kalau aplikasi itu diterapkan pada sepeda listrik bisa apa ga ya? Listrik dari generatornya dipake charging gitu? Setahuq, sepeda listrik masih perlu di charge pake arus AC kan?

Di Irak pernah ditemukan alat seperti batere dengan menggunakan elektrolit, batang arang, tembaga dan seng. Tempatnya menggunakan gerabah (guci dari tanah liat). Menurut saya, batere di Irak jaman baheula itu bukan digunakan untuk penerangan. Tapi untuk proses pelapisan logam (sepuh). Logam berlapis sedah lama dikenal di Irak untuk perhiasan.

Kenapa tidak digunakan untuk penerangan?. Mungkin karena Thomas Alfa Edyson belum menemukan lampu pijar. Batere Irak itu ada jauh sebelum Thomas Alfa Edyson menemukan lampu pijar.
« Edit Terakhir: Juni 18, 2010, 02:20:59 PM oleh Mat Dillom »

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #26 pada: Juni 18, 2010, 02:22:58 PM »
kombinasi motor dan generator ya... dulu pernah mo nyoba pas smp, tapi ga jadi karena males. sepertinya topik udah melebar ya?

Gpp melebar asal masih bicara soal listrik. Kali aja dari apa yang diungkap teman-teman akan memunculkan ide-ide baru. Semoga.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #27 pada: Juni 18, 2010, 09:47:52 PM »
Tadi pagi ada berita di TV. Solar cell kira2 ukuran 50x50 cm2 cuma bisa buat lampu neon 10 watt. Yah, mungkin bisa efisien kalau gentengnya diganti solar cell smua kali ya? xixixi ;D ;D

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #28 pada: Juni 18, 2010, 10:13:25 PM »
Tadi pagi ada berita di TV. Solar cell kira2 ukuran 50x50 cm2 cuma bisa buat lampu neon 10 watt. Yah, mungkin bisa efisien kalau gentengnya diganti solar cell smua kali ya? xixixi ;D ;D
Memang begitu. 50 x 50 paling tinggi cuma sampe 30 watt. Soalnya ada arus yg terbuang saat merubah arus DC ke AC. Rugi-rugi di converter DC to AC cukup lumayan gede loh.

Buat sisca, udah ditanyain ke guru kimia belum soal TIO2 (Tianium dioxide-nya)?. Ada gak di Indo? kalau redox khan cairan elektrolit, bisa diganti persamaannya. Oh iyah sama Dilute Nitric Acidnya juga ditanyakan yah. Itu penting juga buat bikin pasta dicampur TIO2. ramuan buat solar cell yang akan dibuat.

Buat member forsa yang sehari-hari berkecimpung di dunia kimia, kasih donk infonya keberadaan Titanium dioxide dan Dilute Nitric Acid, apa ada di Indonesia?.
« Edit Terakhir: Juni 18, 2010, 10:21:39 PM oleh Mat Dillom »

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Tanya bahan kimia
« Jawab #29 pada: Juni 19, 2010, 06:12:13 AM »
masi liburan.. T.,T
sekolahan kagak buka lo...

hmm..
caranya..?
~ You are what you eat ~

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
bahaya bahan kimia

Dimulai oleh hohohoho « 1 2 » Kimia

18 Jawaban
39025 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 31, 2009, 03:33:51 PM
oleh goodkid
9 Jawaban
18440 Dilihat
Tulisan terakhir September 18, 2008, 08:58:51 AM
oleh syx
1 Jawaban
12314 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 29, 2008, 05:36:56 PM
oleh reborn
4 Jawaban
11021 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 21, 2009, 01:15:08 PM
oleh bluesky
0 Jawaban
3431 Dilihat
Tulisan terakhir November 16, 2011, 01:49:47 AM
oleh dienna