Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 30, 2022, 08:50:10 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 91
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 57
Total: 57

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Tanya Lagi - Lagi-Lagi Tanya (Kimia)

Dimulai oleh Mat Dillom, Juni 28, 2010, 12:05:30 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Mat Dillom

Buat yang tahu tentang ilmu kimia, saya tanya donk dan mohon banget jawabannya.

1. Apa bentuk/wujud Titanium dan Nicle selain berujud logam? (bubuk? cair? lainnya?)
2. Jika bubuk atau cair, gimana cara menyatukannya? supaya saling mempengaruhi dan membentuk sifat-sifat baru.
3. Proses fisika atau kimia (mungkin keduanya) yang bagaimana akan muncul sifat-sifat baru dari "campuran" kedua bahan itu?
4. Supaya dapat disebut polimer, apa yang harus dicampurkan agar campuran kedua bahan itu bisa disebut polimer?

Tolong yah. Sebelumnya terima kasih banyak.

syx

1. wujud zat ada tiga: padat, cair, dan gas... mana ada wujud logam? logam umumnya berwujud padat, kecuali Hg.
2. tinggal tambahkan aja cairan ke padatan. pembasahan seringkali terkendala sudut kontak, tapi bisa diatasi dengan penambahan surfactant sebagai wetting agent.
3. ...
4. polimer bukannya untuk kimia organik?

Mat Dillom

Kutip dari: syx pada Juni 28, 2010, 07:20:33 AM
1. wujud zat ada tiga: padat, cair, dan gas... mana ada wujud logam? logam umumnya berwujud padat, kecuali Hg.
2. tinggal tambahkan aja cairan ke padatan. pembasahan seringkali terkendala sudut kontak, tapi bisa diatasi dengan penambahan surfactant sebagai wetting agent.
3. ...
4. polimer bukannya untuk kimia organik?

Maksud saya bentuknya yg ada di toko kimia. Kalau logam tinium banyak dari stik golf. Saya ada. Cuma digergaji aja susah :D. Apa di toko kimia ada bubuk titanium?. Kalau nicel ada.

Terus soal polimer. Umumnya polimer emang dari plastik atau karet. Nah polimer nitinol itu apa cukup dari kedua bahan logam itu? padahal sejatinya bahan itu khan logam murni. Apa perlu tambahan misalnya silikon rubber atau latex?. Gitu maksudnya. Karena dibeberapa referensi yang saya baca berkaitan dengan artfisial otot, nitinol disebut juga polimer nitinol.

Takagi Fujimaru

As expected. robot lagi. hahaha... :D
om MD lagi ngerjain proyek ya?

(maaf OOT)
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Mat Dillom

Kutip dari: Takagi Fujimaru pada Juni 28, 2010, 11:45:02 AM
As expected. robot lagi. hahaha... :D
om MD lagi ngerjain proyek ya?

(maaf OOT)

Iya donk, ane kagak mau Indonesia cuma bisa bikin robot mainan kayak yang di KRCI :D. ane lagi kerjain proyek humanoid. Yang beda dari yang pernah ada di dunia mana pun. Doain aja.

Takagi Fujimaru

Yaps yaps, semoga sukses dalam waktu yg relatif singkat! ^^
Smangaat~
^^

kalo sukses, kabar2 di ForSa ya? :)
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Mat Dillom

Kutip dari: Takagi Fujimaru pada Juni 28, 2010, 03:19:31 PM
Yaps yaps, semoga sukses dalam waktu yg relatif singkat! ^^
Smangaat~
^^

kalo sukses, kabar2 di ForSa ya? :)

Iya, kalau Tuhan Kehendaki juga saya pasti pajang di forsa.

Kesulitannya cuma yaitu, masih bingung pakai apa untuk actutornya. Pake motor kagak dah. Pake tali/wire, pake motor juga. Pake pneumatic, susah buat ngadain selenoidnya dan peletakannya, padahal udah memodifikasi kompresor bisa 6 volt dc dan bikin redaman suara brisiknya. Pake artficial muscle pneumatic actuator, kemahalan. Alternatifnya, yaitu cari sendiri atau bikin sendiri. Dah ketemu beberapa. cuma ane mau bandingin dikit, gimana kalau memodifikasi nitinol memory shape. Gitu ceritanya.

Programnya soalnya dah lama jadi dan udah dipatenkan di Indo.