Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 05, 2022, 07:05:26 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 53
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 43
Total: 43

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Mau Tanya Tentang Pemurnian Minyak dong..

Dimulai oleh wonderfull wind, Mei 08, 2008, 06:35:57 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

wonderfull wind

SkR9 kan Lagi marak pemurnian minyak, baik yang aman (biasanya industri) atau tdk aman (orang2 awam dgn menggunakan bahan kimia berbahaya dan dosis yg berlebihan).

Nah, ada jg beberapa peda9ang yg memurnikan minyaknya dgn memanaskan minyak goreng bekasnya yg telah dicampur dgn nasi kering/ tepung beras/ kentang. Stelah saya coba, ternyata warnany memang menjadi lebih bening dan bilangan peroksidanya (titik awal ketengikan) juga menurun..

Ada yg tau mekanismenya ga? ko bahan2 tersebut bisa nurunin bilangan peroksida siY?? ???  ???
Mohon Bantuannya.. ud cari di buku n e book tp blum dpt euy.. :-\  :-\

Makasiy.. :)
Akal itu mentri yang menasehati, hati itu adalah raja yang menentukan, harta itu adalah satu tamu yang akan pergi, dan kesenangan itu satu masa yang ditinggalkan. (anonim)

peregrin

hm... saya nyari2 juga belum ketemu nih ... mungkin ada hubungannya dg kandungan starch di nasi/tepung/kentang ya? ... atau harusnya ada kandungan lain yg bisa mereduksi balik minyak yg sdh teroksidasi itu ... bentar, cari2 lagi ya  :)

btw, bahan2 berbahaya yg kadang digunakan masyarakat itu apa aja ya? sorry, saya ngga mengikuti beritanya  :-\
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

reborn

oalah, dah ada toh topiknya di sini. Gw buat topik baru :
http://www.forumsains.com/kedokteran/oplosan-minyak-goreng-curah-dan-oli-bekas/

Dari yang gw baca sih, bahan berbahaya yang dicampur itu selain nasi kering/tepung beras/kentang : oli bekas, plastik, H2O2, benzena... apalagi ???

syx

Kutip dari: reborn pada Juni 29, 2008, 08:16:35 PM
Dari yang gw baca sih, bahan berbahaya yang dicampur itu selain nasi kering/tepung beras/kentang : oli bekas, plastik, H2O2, benzena... apalagi ???
ote-ote dan tahu isi juga bahaya banget kalo dicampur minyak goreng panas... bikin ketagihan.