Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 05:46:59 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 71
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 45
Total: 45

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

busuk dan asam ?

Dimulai oleh truf777, Juli 17, 2010, 12:36:31 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

truf777

mau tanya2 nih om2 sekalian :D

1. setiap pembusukan mahluk hidup pasti menghasilkan asam yah ?
2. cara mempercepat pembusukan selain di kasih air ludah gimana yah ? soalnya butuh 1 minggu harus udah busuk.
3. berarti buah - buahan dan nasi kalau sudah busuk mengandung asam yah ?
"I've always wondered if there was a god. And now I know there is --
and it's me." -homer simpson-

Faith means not wanting to know what is true. – Friedrich Nietzsche

truf777

Asam asetat yang dihasilkan ini diproses kembali oleh bakteri jenis methanogen, misalnya Methanothermobacter thermoautotrophicum yang biasa hidup di lingkungan kotor seperti selokan dan pembuangan limbah (septic tank). Asam asetat direaksikan dalam sel methanogen dengan gas hidrogen dan karbon dioksida untuk menghasilkan metana, air, dan karbon dioksida. Metana dalam bentuk gas juga menghasilkan bau busuk.

hmm kalau gitu cara mencegah agar asam asetatnya tidak berubah menjadi metana gimana yah ?
"I've always wondered if there was a god. And now I know there is --
and it's me." -homer simpson-

Faith means not wanting to know what is true. – Friedrich Nietzsche

Huriah M Putra

Apa yang mau dibusukkan?
Reaksi pembusukan itu sebenarnya reaksi fermentasi seingat saya.
Gimana reaksi fermentasi?
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

truf777

yang mau dibusukkan ?
apel , nasi , salak , kulit pisang , pisang DLL
pokoknya buah - buahan.

nanti buah - buahan itu saya tumbuk terus campur air dan saya beri sedikit air liur
tapi gk tau kasi apa lagi biar tambah cepet busuknya :(
terus gk tau juga cara mencegah sang bakteri mengubah asam asetat menjadi metana :(

nah nanti kalo dah jadi asam asetat-nya nanti mau dibandingin hasil pembusukan buah mana yang paling lama bisa menyalakan lampu
"I've always wondered if there was a god. And now I know there is --
and it's me." -homer simpson-

Faith means not wanting to know what is true. – Friedrich Nietzsche

Huriah M Putra

Menyalakan lampu?
Apanya yang digunakan buat menyalakan lampu?
Taruh air selokan pokoknya semua yang kotor2.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

truf777

#5
iya :D jadi ceritanya mau buat kayak elemen volta
cuma pake asam asetat bukan H2so4

air selokan ? wah nanti materi materi yang ada di selokan ikut masuk dan menambah atau mengurangi keasamannya :(

terus masi gk ngerti gimana cara mencegah bakteri mengubah asam asetat menjadi metana :(
kalo jadi metana nanti karya tulisku gagal semua deh :(


agak mirip sama yang ini
http://www.forumsains.com/do-it-yourself/membuat-baterai-dari-salak/

"I've always wondered if there was a god. And now I know there is --
and it's me." -homer simpson-

Faith means not wanting to know what is true. – Friedrich Nietzsche

Huriah M Putra

Uurrgghh..
Itu cakupan kimia.
Tanya sisca coba.
Siiisscaaaa..!!
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

truf777

makanya tanya disini :D

kalo kubuat kedap udara nanti bakterinya tewas
kalo kubuat gk kedap . nanti asam asetatnya berubah jadi metana :(
"I've always wondered if there was a god. And now I know there is --
and it's me." -homer simpson-

Faith means not wanting to know what is true. – Friedrich Nietzsche

Huriah M Putra

Pakai bakteri anaerob.
Tapi nanti malah jadi fermentasi.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

truf777

"I've always wondered if there was a god. And now I know there is --
and it's me." -homer simpson-

Faith means not wanting to know what is true. – Friedrich Nietzsche

truf777

tambahan dikit :D
fermentasi menghasilkan asam laktat juga :D jadi boleh - boleh aja :D
tapi masalahnya kan aku pake fruktosa bukan laktosa :( berarti harus pake kombucha
gk bisa pake lactobasillus
tapi asama laktat sama asam asetat kuatan yang mana yah ?
"I've always wondered if there was a god. And now I know there is --
and it's me." -homer simpson-

Faith means not wanting to know what is true. – Friedrich Nietzsche

syx

Kutip dari: truf777 pada Juli 17, 2010, 04:11:28 PM
kalo kubuat kedap udara nanti bakterinya tewas
kalo kubuat gk kedap . nanti asam asetatnya berubah jadi metana :(
tergantung bakterinya... kalo bakteri anaerob buat kedap aja gpp, malah seneng.

truf777

pake bakteri aerobacter om :(
"I've always wondered if there was a god. And now I know there is --
and it's me." -homer simpson-

Faith means not wanting to know what is true. – Friedrich Nietzsche

sisca, chemistry

Urm...
Uda coba sendiri?
hahaha..

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]