Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 24, 2021, 01:37:18 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 65
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 58
Total: 58

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Tanya soal Metanal dan Etanal  (Dibaca 8312 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline benzena

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 1
Tanya soal Metanal dan Etanal
« pada: Februari 23, 2011, 05:48:41 AM »
Setahu Ane, Metanal dengan molaritas sekitar 40% bisa dijadikans ebagai bahan baku Formalin ataupun sebagai pengawet. Tapi, Ane ga nemuin kalo Etanal bisa menjadi bahan pengawet seperti Formalin. Padahal Etanal kan juga sebangsa Metanal (dari gugus Alkanal). Apa sih sifat dasar Metanal yang buat senyawa ini bisa jadi pengawet...

Bantu ane gan...

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Tanya soal Metanal dan Etanal
« Jawab #1 pada: Februari 23, 2011, 11:35:56 AM »
Meskipun sama2 gugus alkanal, yang namanya metan dan etan udah beda jenis...
etanal kan CH3CHO methanal kan CH2O... jumlah ikatannya aja udah beda, jadi propertinya juga kemungkinan besar beda... Wong Air (H2O) dengan hidrogen plus oksigen oksihidrogen (HHO) aja beda banget propertinya...

Setau saya, yang namanya metan, apakah itu metanol atau metanal, itu bersifat racun... Makanya bisa dipakai desinfektan atau pengawet... beda dengan etanol atau etanal yang bisa dipakai mabok hehehe...

Etanal ato etanol itu adalah jenis2 sodara alkohol yang bisa ditolerir dan dihasilkan oleh mahluk hidup, sedangkan yang pake tambahan huruf "M" terbuat dari bahan2 yang tidak hidup... Jadi, jangan pernah mabok pakai "M", bisa buta ato malah mati hehehehe....

Saya gak ahli kimia, tapi sedikit2 tahu yang ginian, BSJS...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline benzena

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 1
Re: Tanya soal Metanal dan Etanal
« Jawab #2 pada: Februari 26, 2011, 03:01:19 AM »
benar...
Air (H2O) dengan Hidrogen Peroksida (H2O2) saja sudah beda fungsi dan sifatnya.
karena kebetulan ane browsing dan temuin kalo banyak juga unsur Metanal digunakan sebagai perekat (lem) untuk beberapa material. Hal ini sama dengan Etanal yang pada dasarnya digunakan sebagai perekat ataupun jika dioksidasi lagi, bisa menjadi Asam Asetat CMIIW...
Kesamaan ini membuat ane jadi berpikir bahwa ada saja titik temu antar dua senyawa sejenis ini, tapi beda ikatan karbon dan oksigennya.Ane cuma pengen nanya lagi gan, apa mungkin sifat memabukkan Etanal berguna untuk pengawet? Apakah karena sifat racun dari metanal itu aja yang membuatnya bisa jadi pengawet?

Atau apakah ada cara untuk memutus rantai karbon Etanal, sehingga bisa menjadi Metanal?
bantuin ane gan...Plizzz

Offline cosmeticadvice

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 14
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:Tanya soal Metanal dan Etanal
« Jawab #3 pada: Maret 18, 2013, 04:40:14 AM »
Meskipun sama2 gugus alkanal, yang namanya metan dan etan udah beda jenis...
etanal kan CH3CHO methanal kan CH2O... jumlah ikatannya aja udah beda, jadi propertinya juga kemungkinan besar beda... Wong Air (H2O) dengan hidrogen plus oksigen oksihidrogen (HHO) aja beda banget propertinya...

Setau saya, yang namanya metan, apakah itu metanol atau metanal, itu bersifat racun... Makanya bisa dipakai desinfektan atau pengawet... beda dengan etanol atau etanal yang bisa dipakai mabok hehehe...

Etanal ato etanol itu adalah jenis2 sodara alkohol yang bisa ditolerir dan dihasilkan oleh mahluk hidup, sedangkan yang pake tambahan huruf "M" terbuat dari bahan2 yang tidak hidup... Jadi, jangan pernah mabok pakai "M", bisa buta ato malah mati hehehehe....

Saya gak ahli kimia, tapi sedikit2 tahu yang ginian, BSJS...



Metanal tidak sama dengan metanol juga etanal bukan etanol
metanal punya gugus utama aldehid sedangkan metanol gugusnya alkohol kedua zat yang disebutkan adalah dua nama yang berbeda.
kalo kita membahas metanal, formalin atau formaldehid adalah berfungsi sebgai pengawet  cara kerjanya mendenaturasi protein( menggumpalkan protein) bila diminum pasti tewas. tetapi kalo kita membahas alkohol (metanol dan etanol) kalo metanol diminum tewas sedangkan etanol baru untuk mabuk2kan(penyalahgunaan).
untuk sintesisnya yg mana bro, kalo mau sintesis formalin segera lupakan saja tanpa peralatan yg lengkap bisa2 yg buat tewas kena uapnya.
sedangkan kalo sintesis etanol gampang (tapi jngn dibahas disini ntr banyak yang mabok) ;D

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re:Tanya soal Metanal dan Etanal
« Jawab #4 pada: Maret 20, 2013, 05:11:45 AM »


Metanal tidak sama dengan metanol juga etanal bukan etanol
metanal punya gugus utama aldehid sedangkan metanol gugusnya alkohol kedua zat yang disebutkan adalah dua nama yang berbeda.
kalo kita membahas metanal, formalin atau formaldehid adalah berfungsi sebgai pengawet  cara kerjanya mendenaturasi protein( menggumpalkan protein) bila diminum pasti tewas. tetapi kalo kita membahas alkohol (metanol dan etanol) kalo metanol diminum tewas sedangkan etanol baru untuk mabuk2kan(penyalahgunaan).
untuk sintesisnya yg mana bro, kalo mau sintesis formalin segera lupakan saja tanpa peralatan yg lengkap bisa2 yg buat tewas kena uapnya.
sedangkan kalo sintesis etanol gampang (tapi jngn dibahas disini ntr banyak yang mabok) ;D


Iya Boss cosmeticadvice, saya baru tau tidak semua yang awalnya "E" "jinak" bagi tubuh... mungkin gara2 etanal itu produknya berasal dari oksidasi ethylene yang tidak terlalu berbahaya bagi tubuh, saya jadi salah menggeneralisasi...
Terima kasih koreksinya... Dan selamat datang di Forsa...
« Edit Terakhir: Maret 20, 2013, 05:18:56 AM oleh topazo »

Offline A

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • No pain, no game
Re:Tanya soal Metanal dan Etanal
« Jawab #5 pada: April 07, 2013, 01:47:44 PM »
Setahu Ane, Metanal dengan molaritas sekitar 40% bisa dijadikans ebagai bahan baku Formalin ataupun sebagai pengawet. Tapi, Ane ga nemuin kalo Etanal bisa menjadi bahan pengawet seperti Formalin. Padahal Etanal kan juga sebangsa Metanal (dari gugus Alkanal). Apa sih sifat dasar Metanal yang buat senyawa ini bisa jadi pengawet...

Bantu ane gan...

hahaha kok orang-orang pada jawabnya rancu njelimet ya? Simpel aja, etanal BISA dijadiin pengawet. TAPI, yg bedain cuma harga dan tingkat toksisitas. Karena pada dasarnya metanal(formaldehid) dan etanal (asetaldehid) sama-sama pembunuh bakteri, dgn musnahnya bakteri, maka material organik jadi awet. Dan poin kedua, keduanya bersifat reduktor dalam keadaan bebasnya. Salah satu penyebab busuknya material organik (dlm hal ini makanan) kan oksidasi. Nah karena mereka reduktor, akhirnya material organik yg dilindungi jadi awet karena ngga teroksidasi oleh oksigen ataupun radikal bebas. Yg teroksidasi adalah si metanal dan etanal. Makanan pun awet deh. Tapi dampaknya ya racun. Gitu

Offline cosmeticadvice

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 14
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:Tanya soal Metanal dan Etanal
« Jawab #6 pada: April 15, 2013, 04:08:08 PM »
hahaha kok orang-orang pada jawabnya rancu njelimet ya? Simpel aja, etanal BISA dijadiin pengawet. TAPI, yg bedain cuma harga dan tingkat toksisitas. Karena pada dasarnya metanal(formaldehid) dan etanal (asetaldehid) sama-sama pembunuh bakteri, dgn musnahnya bakteri, maka material organik jadi awet. Dan poin kedua, keduanya bersifat reduktor dalam keadaan bebasnya. Salah satu penyebab busuknya material organik (dlm hal ini makanan) kan oksidasi. Nah karena mereka reduktor, akhirnya material organik yg dilindungi jadi awet karena ngga teroksidasi oleh oksigen ataupun radikal bebas. Yg teroksidasi adalah si metanal dan etanal. Makanan pun awet deh. Tapi dampaknya ya racun. Gitu

untuk point pertama dapat diterima untuk point kedua ini sangat tidak tepat.
pada bahan makanan  bukan rusak karena oksidasi tapi karena mikroorganisme (yeast, bakteri dan jamur)juga virus. yang ditanya apa sifat dasar metanal sebagai pengawet jawabnya cuma satu metanal menggumpalkan/mendenaturasi protein. karena efeknya yang sangat kuat maka dilarang dalam pengawet makanan karena menyebabkan kanker (karsinogenik).
mayat, daging, kulit kalaupun teroksidasi tidak akan membusuk, proses oksidasi hanya merubah bentuk bukan menyebakan aroma busuk. yang menyebabkan aroma busuk adalah hasil pengolahan bakteri dengan timbulnya H2S.
jawaban siapa yang rancu dan jelimet?, jawaban saya punya dasar yang jelas
saya sendiri tidak tahu alasan etanal jarang digunakan sebagai pengawet, jarang ditemui. tapi yang jelas bukan masalah harga (ini jwban ngawur). padahal jelas etanal murah dan apakah etanal tosik? ada yang bisa jelasin?kalo jelasin yang benar2 paham ya jngn asal

Offline A

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • No pain, no game
Re:Tanya soal Metanal dan Etanal
« Jawab #7 pada: April 17, 2013, 08:47:40 AM »
wkwkwkwk ngakak. gini lho biar ga buta banget. pembusukan makanan dibantu oleh keberadaan oksigen. Why? Karena kehadiran oksigen jg merupakan sumber kehidupan mikroba, nah ketika oksigen ngga ada, ada 2 dampak :
mikroba aerob mati.
memperkecil kemungkinan makanan teroksidasi oleh oksigen.

otomatis makanan awet. gimana caranya supaya makanan awet?
1. kasih pengawet, yg aman tentunya.
2. minimalisir keberadaan oksigen dlm kemasan makanan (kalo berkemasan), contoh : dgn cara dihisap pakai vakum.

Offline cosmeticadvice

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 14
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:Tanya soal Metanal dan Etanal
« Jawab #8 pada: April 17, 2013, 02:47:15 PM »
hahaha kok orang-orang pada jawabnya rancu njelimet ya? Simpel aja, etanal BISA dijadiin pengawet. TAPI, yg bedain cuma harga dan tingkat toksisitas. Karena pada dasarnya metanal(formaldehid) dan etanal (asetaldehid) sama-sama pembunuh bakteri, dgn musnahnya bakteri, maka material organik jadi awet. Dan poin kedua, keduanya bersifat reduktor dalam keadaan bebasnya. Salah satu penyebab busuknya material organik (dlm hal ini makanan) kan oksidasi. Nah karena mereka reduktor, akhirnya material organik yg dilindungi jadi awet karena ngga teroksidasi oleh oksigen ataupun radikal bebas. Yg teroksidasi adalah si metanal dan etanal. Makanan pun awet deh. Tapi dampaknya ya racun. Gitu


lihat yang saya kasih warna merah(Salah satu penyebab busuknya material organik (dlm hal ini makanan) kan oksidasi)
saya cuma mau bahas itu saja itu pernyataanmu. gak usah kasih contoh simpel vakum dll saya sudah paham.
saya mau tanya makanan apa yang busuk karena proses oksidasi....????kalau mau bilang Karena kehadiran oksigen jg merupakan sumber kehidupan mikroba, nah ketika oksigen ngga ada, ada 2 dampak :
mikroba aerob mati.
memperkecil kemungkinan makanan teroksidasi oleh oksigen.
berarti penyebabnya bukan oksidasi tapi bakteri
apel yang dikupas saya beri cairan nipagin 5% smpai besoknya sampai seminggu lagi juga tidak busuk walaupun berubah warna jadi coklat padahal teroksidasi... tolong kasih contoh mana makanan yang busuk karena proses oksidasi. saya jujur belum paham ada proses oksidasi yang membusukkan makanan. mungkin adik bisa jelasin kakakmu ini. terimakasih atas penjelasannya yang lengkap. tolong kasih contoh murni reaksi oksidasi jngn ikut2kan mikroorganisme
makasih

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
18477 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 09, 2008, 05:24:42 AM
oleh izumi
5 Jawaban
21597 Dilihat
Tulisan terakhir September 09, 2016, 02:27:41 AM
oleh Monox D. I-Fly
36 Jawaban
23774 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 01, 2010, 06:03:30 AM
oleh Monox D. I-Fly
4 Jawaban
6592 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 05, 2011, 12:40:58 PM
oleh Fachni Rosyadi
6 Jawaban
167307 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 25, 2014, 09:34:49 PM
oleh Monox D. I-Fly