Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 04, 2021, 05:47:13 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 38
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 18
Total: 18

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: telur dan minyak  (Dibaca 6013 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 664
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
telur dan minyak
« pada: Juni 15, 2011, 10:48:53 AM »
« Edit Terakhir: September 16, 2011, 09:53:41 PM oleh syx »

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: telur dan minyak
« Jawab #1 pada: Juni 15, 2011, 11:04:34 AM »
Coba bikin nasi goreng, apa jumlah minyaknya tetap?
Meski sedikit berbeda, tapi ada persamaannya.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: telur dan minyak
« Jawab #2 pada: Juni 15, 2011, 10:27:42 PM »
bukan minyaknya yang menyusut tapi karena terserap di telur atau bahan makanan lainnya. coba kalo yang digoreng adalah bahan seperti batangan besi utuh tidak berpori. dijamin minyaknya utuh karena tidak ada minyak yang masuk ke besi.

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 664
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re: telur dan minyak
« Jawab #3 pada: Juni 16, 2011, 02:41:54 AM »
oh sy kira ada semacam reaksi protein dgn minyak
jd makan telur goreng itu tdk sehat ya, banyak bgt terserap minyaknya

Offline ?

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 739
  • IQ: 16
Re: telur dan minyak
« Jawab #4 pada: Juni 17, 2011, 02:02:45 AM »
bukan minyaknya yang menyusut tapi karena terserap di telur atau bahan makanan lainnya. coba kalo yang digoreng adalah bahan seperti batangan besi utuh tidak berpori. dijamin minyaknya utuh karena tidak ada minyak yang masuk ke besi.

LOL, perumpamaannya ekstrim, besi digoreng.

Offline faenscy

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 79
  • IQ: 9
  • Gender: Wanita
  • ^^
Re: telur dan minyak
« Jawab #5 pada: September 10, 2011, 11:26:41 AM »
terkait penggorengan, jika makanan digoreng dalam wktu lama kan gosong, alias tertinggal karbonnya. brarti proses penggorengan yang mengubah warna secara bertahap, kekuningan, coklat, hingga hitam itu apa bisa dikatakan sebagai proses melepaskan ikatan atom-atom lain selain karbon?
kalau tidak bisa, sebenarnya apa sih yang terjadi dalam peristiwa penggorengan? perubahan struktur atau apa ya? penasaran..hehe :D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: telur dan minyak
« Jawab #6 pada: September 12, 2011, 10:34:19 PM »
ya gitu deh... ini tidak terjadi pada telur aja, tapi juga pada kebanyakan senyawa karbon (organik) lainnya. misalnya lagi karamelisasi gula.

Offline Icha

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 85
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
Re: telur dan minyak
« Jawab #7 pada: September 14, 2011, 09:42:42 AM »
mas,saya kan sering goreng kentang yah,kenapa kalo kentang itu juga nyerap minyak gorengny lbih banyak yah?berbahaya ga sih kalo dia nyerap minyak lebih banyak?
sedikit ketidaktahuan akan mengakibatkan kesalahan yang fatal

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: telur dan minyak
« Jawab #8 pada: September 14, 2011, 10:16:15 PM »
kemungkinan penyerapan minyak sangat besar. makin banyak lemak terserap ya bahaya terhadap kesehatan terkait dengan lemak ya makin besar...

Offline faenscy

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 79
  • IQ: 9
  • Gender: Wanita
  • ^^
Re: telur dan minyak
« Jawab #9 pada: September 16, 2011, 10:32:22 AM »
hmm..saya baru dapat info kalau org yang autis tdk dianjurkan mengkonsumsi telur krn bisa menambah keautisannya. apa penyebabnya ya?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: telur dan minyak
« Jawab #10 pada: September 16, 2011, 10:02:05 PM »
sejauh ini blom nemu alasannya... yg ketemu malah beberapa anak autis perlu asupan kolesterol lebih dan itu bisa disupply oleh telur.
http://www.greatplainslaboratory.com/home/eng/cholesterol.asp
http://www.tacanow.org/family-resources/rotation-diet-and-hints/

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
11253 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 31, 2009, 01:17:01 PM
oleh Hendy wijaya, MD
2 Jawaban
18660 Dilihat
Tulisan terakhir April 05, 2019, 02:45:01 AM
oleh CustomEO
8 Jawaban
28855 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 09, 2009, 02:44:07 AM
oleh nandaz
Minyak dan Kertas

Dimulai oleh syx « 1 2 » Kimia

19 Jawaban
18741 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 17, 2009, 07:06:09 AM
oleh syx
5 Jawaban
175472 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2016, 01:37:35 AM
oleh Monox D. I-Fly