Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 27, 2022, 11:03:34 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 42
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 42
Total: 42

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

telur dan minyak

Dimulai oleh MonDay, Juni 14, 2011, 07:48:53 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

MonDay


Pi-One

Coba bikin nasi goreng, apa jumlah minyaknya tetap?
Meski sedikit berbeda, tapi ada persamaannya.

syx

bukan minyaknya yang menyusut tapi karena terserap di telur atau bahan makanan lainnya. coba kalo yang digoreng adalah bahan seperti batangan besi utuh tidak berpori. dijamin minyaknya utuh karena tidak ada minyak yang masuk ke besi.

MonDay

oh sy kira ada semacam reaksi protein dgn minyak
jd makan telur goreng itu tdk sehat ya, banyak bgt terserap minyaknya

?

Kutip dari: syx pada Juni 15, 2011, 07:27:42 AM
bukan minyaknya yang menyusut tapi karena terserap di telur atau bahan makanan lainnya. coba kalo yang digoreng adalah bahan seperti batangan besi utuh tidak berpori. dijamin minyaknya utuh karena tidak ada minyak yang masuk ke besi.

LOL, perumpamaannya ekstrim, besi digoreng.

faenscy

terkait penggorengan, jika makanan digoreng dalam wktu lama kan gosong, alias tertinggal karbonnya. brarti proses penggorengan yang mengubah warna secara bertahap, kekuningan, coklat, hingga hitam itu apa bisa dikatakan sebagai proses melepaskan ikatan atom-atom lain selain karbon?
kalau tidak bisa, sebenarnya apa sih yang terjadi dalam peristiwa penggorengan? perubahan struktur atau apa ya? penasaran..hehe :D

syx

ya gitu deh... ini tidak terjadi pada telur aja, tapi juga pada kebanyakan senyawa karbon (organik) lainnya. misalnya lagi karamelisasi gula.

Icha

mas,saya kan sering goreng kentang yah,kenapa kalo kentang itu juga nyerap minyak gorengny lbih banyak yah?berbahaya ga sih kalo dia nyerap minyak lebih banyak?
sedikit ketidaktahuan akan mengakibatkan kesalahan yang fatal

syx

kemungkinan penyerapan minyak sangat besar. makin banyak lemak terserap ya bahaya terhadap kesehatan terkait dengan lemak ya makin besar...

faenscy

hmm..saya baru dapat info kalau org yang autis tdk dianjurkan mengkonsumsi telur krn bisa menambah keautisannya. apa penyebabnya ya?

syx

sejauh ini blom nemu alasannya... yg ketemu malah beberapa anak autis perlu asupan kolesterol lebih dan itu bisa disupply oleh telur.
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]