Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 03, 2021, 04:35:07 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 56
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 25
Total: 25

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Teori Asam Basa  (Dibaca 33932 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Teori Asam Basa
« pada: Desember 02, 2009, 07:16:27 AM »
Ada 3 teori asam basa yang cukup terkenal yaitu teori asam basa Arrhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis.

Perbedaan ketiga teori tersebut terletak di mana ya?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #1 pada: Desember 02, 2009, 10:24:09 AM »
arrhenius..
asam : di air menghasilkan H+
basa : di air menghasilkan OH-

bronsted-lowry..
asam : donor proton
basa : akseptor proton

lewis
asam : donor pasangan elektron
basa : akseptor pasangan elektron...

begitu kan..?
~ You are what you eat ~

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #2 pada: Desember 02, 2009, 11:05:52 AM »
sisca, kenapa arrhenius musti ada di air? di solvent organik ga isa ya?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #3 pada: Desember 02, 2009, 11:07:29 AM »
.....
di pelarut dech pokoke..
heheehhe~

ga musti air sich...
iya kan...?
hehehehe~

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #4 pada: Desember 02, 2009, 11:18:19 AM »
lho? kok malah balik nanya? ayo coba dicari dulu jawabannya... saya menunggu dengan sabar.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #5 pada: Desember 02, 2009, 11:26:31 AM »
ah...
aku tempe...

kita pake air karena air itu netral...
H2O --> H+ + OH-

jadi untuk mengetahui asam dan basa.. maka suatu larutan dimasukkan kedalam air...
kalo konsentrasi ion H+nya tambah besar.. berarti itu "asam menurut arrhenius"
kalo konsentrasi ion OH-nya tambah besar.. berarti itu "basa menurut arrhenius"

klo pake air langsung dgn mudah di ketahui itu asam ato basa..
begitu kah..?
hihihihi~

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #7 pada: Desember 02, 2009, 08:44:01 PM »
keterbatasan teori asam basa Arrhenius adalah terbatas pada pelarut air.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #8 pada: Desember 02, 2009, 10:31:25 PM »
;D ok deh, jawaban sisca memuaskan kok...

pertanyaan lanjutan, apakah dalam pelarut organik tidak ada pelepasan H+ dan OH-?
apakah pKa dan pKb bisa dipakai untuk menentukan suatu senyawa bersifat basa atau asam?
fenol termasuk asam ato basa?

gitu dulu deh...

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #9 pada: Desember 03, 2009, 03:48:11 AM »
pelarut organik ada kalanya dapat melepaskan ion H+ misalnya etanol.

pKa dan pKb dapat digunakan untuk menentukan apakah zat tersebut bersifat asam atau basa.

fenol merupakan zat yang bersifat asam dengan pKa = 9,95

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #10 pada: Desember 03, 2009, 06:44:10 AM »
next... bisa kasi penjelasan bagaimana pKa bisa digunakan untuk menentukan suatu zat bersifat asam atau basa?

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #11 pada: Desember 03, 2009, 09:29:07 PM »
Ka merupakan suatu tetapan hasil kali konsentrasi ion2 yang terurai dari suatu asam. misalnya saja CH3COOH akan terurai menurut persamaan CH3COOH --> CHCOO- + H+ sehingga Ka-nya adalah Ka=[CH3COO-][H+]. Dengan kata lain, dalam setiap perhitungan Ka didalamya terdapat knsentrasi ion H+. semakin besar konsentrasi ion H+ maka nilai Ka juga semakin besar dan disebabkan pKa=-log Ka maka pKa akan bernilai semakin kecil. sehingga semakin asam suatu zat, maka nilai pKa akan semakin kecil.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #12 pada: Desember 03, 2009, 09:55:03 PM »
lagi... apakah ada nilai tertentu yang menghubungkan antara pKa dan asam-basa seperti pada pH dan sifat asam-basa (pH di bawah 7 dinyatakan bersifat asam, di atas 7 dinyatakan bersifat basa)?

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #13 pada: Desember 04, 2009, 02:12:35 AM »
ada, zat yang bersifat asam memiliki nilai pKa sedangkan zat yang bersifat basa memiliki nilai pKb. nilai pKa dan pKb dipenaruhi oleh kuat lemahnya asam dan basa tersebut.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #14 pada: Desember 04, 2009, 03:36:11 AM »
nilai pKa dan pKb dipengaruhi kuat lemahnya asam dan basa tersebut? bisa dijelaskan semakin tinggi nilai pKa keasamannya semakin gimana? emangnya berapa pKa HCl dan H2SO4? bisa tolong jelaskan lebih jauh definisi pKa dan pKb? (definisi yang diberikan untuk Ka masih ada yang kurang tuh). trus berikan juga hubungan antara Ka dan Kb...

bronsted-lowry..
asam : donor proton
basa : akseptor proton

lewis
asam : donor pasangan elektron
basa : akseptor pasangan elektron...

begitu kan..?
back to sisca... apa ga ada yang kebalik nih untuk definisi asam basanya?
trus PR lanjutan mengenai solven, tolong sisca cari dan baca pengaruh solven terhadap kekuatan asam/basa... saya menunggu.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
16 Jawaban
25439 Dilihat
Tulisan terakhir April 15, 2009, 12:58:08 AM
oleh biobio
9 Jawaban
197031 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 24, 2013, 04:45:41 AM
oleh Monox D. I-Fly
Asam Basa

Dimulai oleh Media Kimia « 1 2 » Kimia

17 Jawaban
15042 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 02, 2009, 09:53:22 AM
oleh sisca, chemistry
Titrasi Asam Basa

Dimulai oleh ehrgeizt « 1 2 » Kimia

24 Jawaban
18600 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 24, 2010, 09:54:27 AM
oleh ehrgeizt
5 Jawaban
7386 Dilihat
Tulisan terakhir April 22, 2013, 06:37:11 AM
oleh biobio