Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 22, 2021, 09:49:05 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139629
  • Total Topik: 10389
  • Online Today: 228
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 37
Total: 37

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Teori Asam Basa  (Dibaca 33096 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #15 pada: Desember 04, 2009, 03:47:49 AM »
ooo..
iyah, ada yg t'balik...
lewis...
asam : akseptor elektron
basa : donor elektron

hehehhehe~

ada PR...
solvent itu larutan kecuali air ya..?
hohohho~
othe...
ntar ya.. :D ;D
~ You are what you eat ~

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #16 pada: Desember 04, 2009, 03:52:33 AM »
semua solven... air maupun organik.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #17 pada: Desember 08, 2009, 01:10:51 PM »
hogee..
kembali dech.. :D ;D

pengaruh solvent dgn kekuatan asam/basa..
klo pelarutnya itu b'sifat asam b'arti nanti waktu mao ngukur pH asamnya yah makin kecil angka pHnya... jadi kalo misalkan yg di masukkan itu basa ke dalam larutan yg asam.. mau diukur pHnya.. tapi malah yg kejadian jadi penetralan,,, ato jadi reaksi penggaraman.. g'mana donk...
makanya lbh sering di pake larutan universal ato air...
hihihihi~

gitu bukan ya yg di maksud om syx..?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #18 pada: Desember 08, 2009, 10:40:21 PM »
bukan... ;D
maksud saya adalah pelarut air (tanpa tambahan apa-apa) dan pelarut organik seperti etanol, metanol, dst. sedikit bantuan: coba pelajari lagi teori bronsted-lowry yang berkaitan dengan pelarut. :)

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #19 pada: Desember 09, 2009, 06:12:48 AM »
oo..
yg sisca baca ya..
itu...
konsep asam basa menurut bronsted lowry ga hanya terbatas dgn pelarut air ajah.. tapi juga dengan pelarut lain..

truz pengaruh solven t'hadap kekuatan asam/basanya...
hm.. kyknya itu semua asam/basa lemah ya..?
soalnya reaksinya bolak balik..?

ya... bingung..

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #20 pada: Desember 09, 2009, 07:10:20 AM »
ok deh, saya kasi penjelasan dikit... kekuatan asam dan basa tergantung pada pelarutnya. HCl merupakan asam kuat dalam air karena segera memberikan proton, tapi asam asetat merupakan asam lemah dalam pelarut yang sama karena cuma dikit kasi protonnya. HCl merupakan asam lemah dalam asam asetat glasial dan asam asetat merupakan asam kuat dalam larutan amonia (NH4OH). jadi kekuatan suatu asam tergantung ga cuma pada kemampuannya memberikan proton, tapi juga tergantung pada kemampuan pelarut menerima proton dari asam tersebut. ini adalah kekuatan basa (basic strength) pelarut.
pr buat sisca, coba sisca cari, baca dan paparkan di sini mengenai klasifikasi pelarut: protophilic, protogenic, amphiprotic, dan aprotic. :)
« Edit Terakhir: Desember 09, 2009, 07:12:10 AM oleh syx »

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #21 pada: Desember 09, 2009, 08:34:29 AM »
HCl merupakan asam lemah dalam asam asetat glasial dan asam asetat merupakan asam kuat dalam larutan amonia (NH4OH).
Hm.., berarti kuatnya suatu asam basa terhadap suatu zat itu relatif ya? Semakin besar gradien pemberian protonnya maka larutan itu akan semakin asam terhadap solvent-nya, begitu kan?



Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #22 pada: Desember 09, 2009, 11:10:53 AM »
HCl merupakan asam lemah dalam asam asetat glasial dan asam asetat merupakan asam kuat dalam larutan amonia (NH4OH).
Hm.., berarti kuatnya suatu asam basa terhadap suatu zat itu relatif ya? Semakin besar gradien pemberian protonnya maka larutan itu akan semakin asam terhadap solvent-nya, begitu kan?

hahahha~
baru mao perbaiki tadi. baru kebaca.. ^^"
yuupe..
asam kuat punya basa konjugasi yg lemah...
emang kekuatanna relatif...
hehehhe~

sip,, sip... om syx...
mantep... ^^

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #23 pada: Desember 09, 2009, 11:41:47 AM »
protophilic, protogenic, amphiprotic, dan aprotic.

amphiprotic = itu yg bisa menerima ato pun memberi proton kan,?
protogenic = itu pelarut yg lebih asam bukan y...
protophilic = itu yg pelarut basa dech..
aprotic = itiu ga bisa ngasih proton atopun terima proton.. itu cthnya di sy.hidrokarbon kyknya.. ^^"

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #24 pada: Desember 09, 2009, 09:56:02 PM »
yup... protofilik adalah pelarut yang dengan senang hati mo nerima proton dari zat terlarutnya, misalnya aseton, eter dan amonia liquid. protogenik adalah pelarut yang demen kasi proton, biasanya asam seperti asam format, asam asetat, asam sulfat, dst.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #25 pada: Desember 10, 2009, 05:51:33 AM »
wokee,, mantep..
o,a om...
amonia liquid itu NH4OH..?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #26 pada: Desember 10, 2009, 07:05:47 AM »
beneeeer... lebih jelasnya larutan amonia, NH3 + H2O = NH4OH
kelupaan kalo ntar dikirain amonia yang dicairkan pada tekanan tinggi ato suhu rendah.
« Edit Terakhir: Desember 10, 2009, 07:07:53 AM oleh syx »

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Teori Asam Basa
« Jawab #27 pada: Desember 10, 2009, 10:08:56 AM »
itu kan namanya juga bisa amonium hidroksida kan.?
hehehe~

bingung jga...
kirain itu NH3...
hehehehee~
^^"

Offline Izart

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 13
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
ASAm BASA
« Jawab #28 pada: Mei 22, 2010, 10:31:59 AM »
tolong jelaskan dengan detil dunk.,.,. ;D ;D ;D ;) ;) ;)
Duduk diam tak berarti Istirahat

Offline anggik2002

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 109
  • IQ: 4
Re: ASAm BASA
« Jawab #29 pada: Mei 23, 2010, 12:40:25 PM »
Baca buku kimia SMA aja dulu, ntar klo gak ngerti baru kita diskusikan. :)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
16 Jawaban
24744 Dilihat
Tulisan terakhir April 15, 2009, 12:58:08 AM
oleh biobio
9 Jawaban
194203 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 24, 2013, 04:45:41 AM
oleh Monox D. I-Fly
Asam Basa

Dimulai oleh Media Kimia « 1 2 » Kimia

17 Jawaban
14635 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 02, 2009, 09:53:22 AM
oleh sisca, chemistry
Titrasi Asam Basa

Dimulai oleh ehrgeizt « 1 2 » Kimia

24 Jawaban
18079 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 24, 2010, 09:54:27 AM
oleh ehrgeizt
5 Jawaban
7081 Dilihat
Tulisan terakhir April 22, 2013, 06:37:11 AM
oleh biobio