Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Kimia => Topik dimulai oleh: Media Kimia pada Desember 02, 2009, 07:16:27 AM

Judul: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: Media Kimia pada Desember 02, 2009, 07:16:27 AM
Ada 3 teori asam basa yang cukup terkenal yaitu teori asam basa Arrhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis.

Perbedaan ketiga teori tersebut terletak di mana ya?
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 02, 2009, 10:24:09 AM
arrhenius..
asam : di air menghasilkan H+
basa : di air menghasilkan OH-

bronsted-lowry..
asam : donor proton
basa : akseptor proton

lewis
asam : donor pasangan elektron
basa : akseptor pasangan elektron...

begitu kan..?
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: syx pada Desember 02, 2009, 11:05:52 AM
sisca, kenapa arrhenius musti ada di air? di solvent organik ga isa ya?
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 02, 2009, 11:07:29 AM
.....
di pelarut dech pokoke..
heheehhe~

ga musti air sich...
iya kan...?
hehehehe~
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: syx pada Desember 02, 2009, 11:18:19 AM
lho? kok malah balik nanya? ayo coba dicari dulu jawabannya... saya menunggu dengan sabar.
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 02, 2009, 11:26:31 AM
ah...
aku tempe...

kita pake air karena air itu netral...
H2O --> H+ + OH-

jadi untuk mengetahui asam dan basa.. maka suatu larutan dimasukkan kedalam air...
kalo konsentrasi ion H+nya tambah besar.. berarti itu "asam menurut arrhenius"
kalo konsentrasi ion OH-nya tambah besar.. berarti itu "basa menurut arrhenius"

klo pake air langsung dgn mudah di ketahui itu asam ato basa..
begitu kah..?
hihihihi~
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: raisuien pada Desember 02, 2009, 12:37:24 PM
http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/kimia_fisika1/kesetimbangan_asam_basa/teori_asam_dan_basa/
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: Media Kimia pada Desember 02, 2009, 08:44:01 PM
keterbatasan teori asam basa Arrhenius adalah terbatas pada pelarut air.
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: syx pada Desember 02, 2009, 10:31:25 PM
;D ok deh, jawaban sisca memuaskan kok...

pertanyaan lanjutan, apakah dalam pelarut organik tidak ada pelepasan H+ dan OH-?
apakah pKa dan pKb bisa dipakai untuk menentukan suatu senyawa bersifat basa atau asam?
fenol termasuk asam ato basa?

gitu dulu deh...
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: Media Kimia pada Desember 03, 2009, 03:48:11 AM
pelarut organik ada kalanya dapat melepaskan ion H+ misalnya etanol.

pKa dan pKb dapat digunakan untuk menentukan apakah zat tersebut bersifat asam atau basa.

fenol merupakan zat yang bersifat asam dengan pKa = 9,95
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: syx pada Desember 03, 2009, 06:44:10 AM
next... bisa kasi penjelasan bagaimana pKa bisa digunakan untuk menentukan suatu zat bersifat asam atau basa?
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: Media Kimia pada Desember 03, 2009, 09:29:07 PM
Ka merupakan suatu tetapan hasil kali konsentrasi ion2 yang terurai dari suatu asam. misalnya saja CH3COOH akan terurai menurut persamaan CH3COOH --> CHCOO- + H+ sehingga Ka-nya adalah Ka=[CH3COO-][H+]. Dengan kata lain, dalam setiap perhitungan Ka didalamya terdapat knsentrasi ion H+. semakin besar konsentrasi ion H+ maka nilai Ka juga semakin besar dan disebabkan pKa=-log Ka maka pKa akan bernilai semakin kecil. sehingga semakin asam suatu zat, maka nilai pKa akan semakin kecil.
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: syx pada Desember 03, 2009, 09:55:03 PM
lagi... apakah ada nilai tertentu yang menghubungkan antara pKa dan asam-basa seperti pada pH dan sifat asam-basa (pH di bawah 7 dinyatakan bersifat asam, di atas 7 dinyatakan bersifat basa)?
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: Media Kimia pada Desember 04, 2009, 02:12:35 AM
ada, zat yang bersifat asam memiliki nilai pKa sedangkan zat yang bersifat basa memiliki nilai pKb. nilai pKa dan pKb dipenaruhi oleh kuat lemahnya asam dan basa tersebut.
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: syx pada Desember 04, 2009, 03:36:11 AM
nilai pKa dan pKb dipengaruhi kuat lemahnya asam dan basa tersebut? bisa dijelaskan semakin tinggi nilai pKa keasamannya semakin gimana? emangnya berapa pKa HCl dan H2SO4? bisa tolong jelaskan lebih jauh definisi pKa dan pKb? (definisi yang diberikan untuk Ka masih ada yang kurang tuh). trus berikan juga hubungan antara Ka dan Kb...

bronsted-lowry..
asam : donor proton
basa : akseptor proton

lewis
asam : donor pasangan elektron
basa : akseptor pasangan elektron...

begitu kan..?
back to sisca... apa ga ada yang kebalik nih untuk definisi asam basanya?
trus PR lanjutan mengenai solven, tolong sisca cari dan baca pengaruh solven terhadap kekuatan asam/basa... saya menunggu.
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 04, 2009, 03:47:49 AM
ooo..
iyah, ada yg t'balik...
lewis...
asam : akseptor elektron
basa : donor elektron

hehehhehe~

ada PR...
solvent itu larutan kecuali air ya..?
hohohho~
othe...
ntar ya.. :D ;D
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: syx pada Desember 04, 2009, 03:52:33 AM
semua solven... air maupun organik.
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 08, 2009, 01:10:51 PM
hogee..
kembali dech.. :D ;D

pengaruh solvent dgn kekuatan asam/basa..
klo pelarutnya itu b'sifat asam b'arti nanti waktu mao ngukur pH asamnya yah makin kecil angka pHnya... jadi kalo misalkan yg di masukkan itu basa ke dalam larutan yg asam.. mau diukur pHnya.. tapi malah yg kejadian jadi penetralan,,, ato jadi reaksi penggaraman.. g'mana donk...
makanya lbh sering di pake larutan universal ato air...
hihihihi~

gitu bukan ya yg di maksud om syx..?
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: syx pada Desember 08, 2009, 10:40:21 PM
bukan... ;D
maksud saya adalah pelarut air (tanpa tambahan apa-apa) dan pelarut organik seperti etanol, metanol, dst. sedikit bantuan: coba pelajari lagi teori bronsted-lowry yang berkaitan dengan pelarut. :)
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 09, 2009, 06:12:48 AM
oo..
yg sisca baca ya..
itu...
konsep asam basa menurut bronsted lowry ga hanya terbatas dgn pelarut air ajah.. tapi juga dengan pelarut lain..

truz pengaruh solven t'hadap kekuatan asam/basanya...
hm.. kyknya itu semua asam/basa lemah ya..?
soalnya reaksinya bolak balik..?

ya... bingung..
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: syx pada Desember 09, 2009, 07:10:20 AM
ok deh, saya kasi penjelasan dikit... kekuatan asam dan basa tergantung pada pelarutnya. HCl merupakan asam kuat dalam air karena segera memberikan proton, tapi asam asetat merupakan asam lemah dalam pelarut yang sama karena cuma dikit kasi protonnya. HCl merupakan asam lemah dalam asam asetat glasial dan asam asetat merupakan asam kuat dalam larutan amonia (NH4OH). jadi kekuatan suatu asam tergantung ga cuma pada kemampuannya memberikan proton, tapi juga tergantung pada kemampuan pelarut menerima proton dari asam tersebut. ini adalah kekuatan basa (basic strength) pelarut.
pr buat sisca, coba sisca cari, baca dan paparkan di sini mengenai klasifikasi pelarut: protophilic, protogenic, amphiprotic, dan aprotic. :)
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: Idad pada Desember 09, 2009, 08:34:29 AM
HCl merupakan asam lemah dalam asam asetat glasial dan asam asetat merupakan asam kuat dalam larutan amonia (NH4OH).
Hm.., berarti kuatnya suatu asam basa terhadap suatu zat itu relatif ya? Semakin besar gradien pemberian protonnya maka larutan itu akan semakin asam terhadap solvent-nya, begitu kan?



Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 09, 2009, 11:10:53 AM
HCl merupakan asam lemah dalam asam asetat glasial dan asam asetat merupakan asam kuat dalam larutan amonia (NH4OH).
Hm.., berarti kuatnya suatu asam basa terhadap suatu zat itu relatif ya? Semakin besar gradien pemberian protonnya maka larutan itu akan semakin asam terhadap solvent-nya, begitu kan?

hahahha~
baru mao perbaiki tadi. baru kebaca.. ^^"
yuupe..
asam kuat punya basa konjugasi yg lemah...
emang kekuatanna relatif...
hehehhe~

sip,, sip... om syx...
mantep... ^^
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 09, 2009, 11:41:47 AM
protophilic, protogenic, amphiprotic, dan aprotic.

amphiprotic = itu yg bisa menerima ato pun memberi proton kan,?
protogenic = itu pelarut yg lebih asam bukan y...
protophilic = itu yg pelarut basa dech..
aprotic = itiu ga bisa ngasih proton atopun terima proton.. itu cthnya di sy.hidrokarbon kyknya.. ^^"
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: syx pada Desember 09, 2009, 09:56:02 PM
yup... protofilik adalah pelarut yang dengan senang hati mo nerima proton dari zat terlarutnya, misalnya aseton, eter dan amonia liquid. protogenik adalah pelarut yang demen kasi proton, biasanya asam seperti asam format, asam asetat, asam sulfat, dst.
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 10, 2009, 05:51:33 AM
wokee,, mantep..
o,a om...
amonia liquid itu NH4OH..?
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: syx pada Desember 10, 2009, 07:05:47 AM
beneeeer... lebih jelasnya larutan amonia, NH3 + H2O = NH4OH
kelupaan kalo ntar dikirain amonia yang dicairkan pada tekanan tinggi ato suhu rendah.
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 10, 2009, 10:08:56 AM
itu kan namanya juga bisa amonium hidroksida kan.?
hehehe~

bingung jga...
kirain itu NH3...
hehehehee~
^^"
Judul: ASAm BASA
Ditulis oleh: Izart pada Mei 22, 2010, 10:31:59 AM
tolong jelaskan dengan detil dunk.,.,. ;D ;D ;D ;) ;) ;)
Judul: Re: ASAm BASA
Ditulis oleh: anggik2002 pada Mei 23, 2010, 12:40:25 PM
Baca buku kimia SMA aja dulu, ntar klo gak ngerti baru kita diskusikan. :)
Judul: Re: ASAm BASA
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 23, 2010, 05:06:34 PM
ke sini aja..
http://www.forumsains.com/kimia/teori-asam-basa/
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: anggik2002 pada Mei 25, 2010, 10:46:48 AM
salut ne ma mbak sisca, belajar terus tentang kimia!!!!!!! teruskan2!!!! ;D :) ;) ;D > :o ::) :P ^-^ :angel:
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: Media Kimia pada Juni 04, 2010, 01:41:23 AM
ada yang tau tentang teori asam basa keras lunak (HSAB)?
tolong kasih penjelasan donk....
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Juni 04, 2010, 11:12:43 PM
mm...
asam basa lunak..
-mudah terpolarisasi elektron valensinya...
-jari2 atomnya besar kyknya..
-keelektronegatifan rendah..
-biasanya membentuk ikatan kovalen...

yg keras kebalikannya deh..

betul gak ya.?

nih nih...
http://ckyanime.blogspot.com/2009/09/asam-basa-lunak-keras.html

mau tanya donk.. ada yg ga ngerti...
Asam keras dan basa keras cenderung mempunyai atom yang kecil/radius ionik, oksidasi tinggi, kepolaran rendah, dan keelektronegatifan tinggi.
maksudne?
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: athiya_masruf pada Juni 07, 2010, 04:13:38 PM
saya ikutan diskusi yah teman2, mantap sekali diskusinya.

memang sih konsep asam-basa keras-lunak (HSAB : Hard-Soft Acid-Base) yang dikemukakan Prof. Pearson cenderung lebih susah idenya dari 3 pendahulunya.
yang bisa saya bayangkan dari HSAB bahwa keras lunaknya asam dan basa bergantung pada besarnya rapat muatan di permukaan spesinya, jika rapat muatannya besar cenderung dikatakan keras, jika rapat muatannya rendah cenderung dikatakan lunak. nah asam atau basanya dari mana? menurut pemahaman saya asam dan basanya dari kecenderungan muatan yang dominan di permukaan tsb, jika + maka asam, jika - maka basa. CMIIW.
Judul: Re: Teori Asam Basa
Ditulis oleh: athiya_masruf pada Juni 07, 2010, 04:16:36 PM
oh ya, saya lupa,
ada aturan yang simpel yang menerangkan HSAB, aturan Fajan namanya, mungkin dengan aturan Fajan bisa jadi lebih mudah memahaminya. wah maaf nih, belum bisa memberi link tentang Aturan Fajan, saya kira buku Inorganic Chemistry : Huuhey bisa cukup membantu.