Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 03, 2021, 05:09:48 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 56
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 18
Total: 18

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Titrasi Asam Basa  (Dibaca 18602 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ehrgeizt

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 26
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • ehgzt
Titrasi Asam Basa
« pada: Februari 21, 2010, 11:07:21 AM »
Sisca >> Gula sebagai bhan bkar, baking soda, sama kclo3 nya ditambah kno3 . .

Mw nanya nih, tpi sdikit mlenceng, pada saat mw menentuin kemolaran HCL dgn larutan NaOH. .pada titrasi. indikatornya make fenolftalein. .bisa gk indikatornya ditaruh di buret. .secara hipotesis saya sih bisa. .menurut kalian gimana ?.
><\m/

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Titrasi Asam Basa
« Jawab #1 pada: Februari 21, 2010, 11:11:04 AM »
oh,,
oi oi oi,,
kenapa harus ditarok di biuret..?
kan susah masukinnya,,,
kalo ke beaker gelasnya lebih gampang...
ngapain pilih yg susah,, hahaha~

tapi,,, kyknya sih bisa...
soale volume indikato ga byk berpengaruh kan sama pHnya nanti.. ^^"
menurut sisca.. ^^
~ You are what you eat ~

Offline ehrgeizt

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 26
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • ehgzt
Titrasi Asam Basa
« Jawab #2 pada: Februari 21, 2010, 11:37:00 AM »
Nandaz >> ok, makasih infonya, mungkn soal gun powdernya biar saya experimen sendiri ajja y. .^^'

Sisca>>Makash sisca jwabannya. .

Ini sbetulnya ini cuma karena perdebatan biasa dgn guru saya. .hhe

Masalah utamanya sih sbetulnya pda menganalisa warna perubahan pas titik akhrnya. .
Kata guru saya gk bisa, karena jika ditaruh diburet otomatiskan indikator bercampur dengan NaOH, dan ini membuat warna NaOH nya jadi merah duluan. .trus nanti kita susah mengamati perubahan HCL menjadi merah pas titik akhir titrasi toh ditetesi warna merah dari awal. .

Kalau pendapat saya, bisa, karena biarpun NaOH nya jdi merah, saat HCL ditetesi NaOH yg sudah jdi merah, otomatiskan jika belum pada titik akhir titrasi, tetesannya akan berubah spontan menjadi tak berwarna, hingga pada titrasi ke-n. ,terjadi perubhan warna merah pada HCL yg menandakan titik akhir titrasi. . .

Tolong pendapatnya. .^^

Offline ehrgeizt

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 26
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • ehgzt
Titrasi Asam Basa
« Jawab #3 pada: Februari 21, 2010, 12:03:16 PM »
Inti dari masalahnya diatas, bisa atw tidak nya jika fenolftalein sbagai indikator ditaruh bersamaan NaOH. .untuk menetesi HCL yg digelas erlenmeyer pada titrasi.

Klaw soal bisa ataw gk nya indikator bisa dipake dua kali, mnurut sya bisa, dgn syarat zat yg sudah dicampur dgn indikator itu, merupakan zat yg akan dipake jga untuk menitrasi zat kedua .dan rentang perubahn pH nya gk jauh bda .tpi klw berbeda zat . .mungkn gk bsa, cz indikatornya kan udah bercampur, kcuali kita bisa memisah kan indikator itu dgn zat yg sudh bercmpur . . Itu pndapat saya. .^^

Offline ehrgeizt

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 26
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • ehgzt
Titrasi Asam Basa
« Jawab #4 pada: Februari 21, 2010, 01:00:28 PM »
Makasih jwabannya sisca. .

Nih kesimpulannya :
Sebetulnya indikator itu yg menandai asam atau basa nya suatu larutan, yg biasa nya ditetesi pada objek, dan pada titrasi dia sebagai pembantu saja dan tidak berdiri sendiri, melainkan dicmpur. .contoh fenolftelain : jika pH pada larutan yg ditetesin brkisar kurang 8,3 maka larutan nya jdi tk brwarna, dan jika pH diatas 10 akan menghasilkan larutan brwarna merah. .

Pada titrasi yg ada diatas itu, kan fenolftelainnya dimasukin buret jdi bercampur dgn basa NaOH jdi larutan NaOH nya jdi merah, sedangkan jika dimasukin ke asam (HCL) (gelas erlenmeyer). , tidak akn mempengaruhi warna HCL yg tk berwarna..

Jika kita menggunakan teori 1 , dlm hal ini fenolftelain dimasukn
Ke buret, pada saat titik akhir titrasi dimana pH cmpuran sudah 10 an kan HCL akan berubah menjadi merah dari awalnya yg tk brwarna , tpi bagaimana kita melihat perubahan warna menjdi merah pada titik akhr tersebut, jika dari awal HCL sudah ditetesi larutan berwarna merah (yaitu NaOH yg diberi fenolftalein) yg membuat HCL menjdi merah dari awal.. .

itulah argumen yang menyerang saya. .dan saya mencoba dgn argumen yg ada di post sblum nya. .-____-
« Edit Terakhir: Februari 21, 2010, 01:02:40 PM oleh ehrgeizt »

Offline ehrgeizt

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 26
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • ehgzt
Titrasi Asam Basa
« Jawab #5 pada: Februari 21, 2010, 01:36:24 PM »
Yah, kirain dukung tdi . .-___-
Wokkeh, skarng doakan sya ajja supaya argumen sya bisa menang dlm prundingan dgn guru sya nanti. .hha

Nih argumen lengkap saya :

Jika dikatakan bahwa larutan HCL saat ditetesi larutan NaOH yg berwarna merah (karena ditetesi fenolftalein) akan membuat larutan HCL langsung menjadi merah (sebelum pH cmpuran 10), menurut saya kurang tepat. .walawpun ditetesi NaOH berwarna merah, HCL tidak begitu saja akan menjadi merah, justru tetesan NaOH lah yg akan berubah warna dari merah menjdi tak berwarna. .hal ini disebabkan basa tetesan NaOH blum cukup kuat untuk mengubah warna larutan HCL. .kan tetesan NaOH melawan volum tertentu HCL  di gelas erlenmeyer kan,masih menyebabkan sifat dominan asam HCL berlangsung. Dan asam,ph < 7. .dan indikator fenolftalein akan berubah menjadi tak berwarna. .kecuali pada titik akhr titrasi (ph sudah 10an), HCL akan berwarna merah. .jdi ksimpulannya masih dapat teramati. .

Smoga gk melenceng jauh. .hha. .

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Titrasi Asam Basa
« Jawab #6 pada: Februari 21, 2010, 11:57:17 PM »
ahhhh...
gini aja,,
biar gampang...
coba praktekin ajee....
oh ya...

aku jg mau praktekin lah...
pake NaOH sama HCl aja ya..?
HCl yg dititrasi..?

sip sip sip...

sekarang masalahnya di bisa ato gak pp dimasukkan langsung kebiuret kan..?

eh eh eh,,,
aku yakin sih ga bisa..
kalo pp dimasukkan ke NaOH nanti volum NaOH di biuret kan pastinya jadi bertambah,,
susah lah mau diliat berapa mililiter volume NaOH yg berhasil menitrasi tuh HCl.....

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Titrasi Asam Basa
« Jawab #7 pada: Februari 22, 2010, 03:59:21 AM »
sekarang masalahnya di bisa ato gak pp dimasukkan langsung kebiuret kan..?

yang bener tu buret, bukan biuret. klo biuret tu reagen untuk uji analisis protein.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Titrasi Asam Basa
« Jawab #8 pada: Februari 22, 2010, 04:09:41 AM »
oh ya...
ampun ampun..
sorry.. ^^"a
buret buret

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Titrasi Asam Basa
« Jawab #9 pada: Februari 22, 2010, 12:59:49 PM »
hahaha.
mang kesalahan kaya gitu sering terjadi kok.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Titrasi Asam Basa
« Jawab #10 pada: Februari 22, 2010, 01:06:04 PM »
iyah iyah,,
ampun.. ampun..
buret buret...

Offline ehrgeizt

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 26
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • ehgzt
Titrasi Asam Basa
« Jawab #11 pada: Februari 23, 2010, 05:43:27 AM »
ahhhh...
gini aja,,
biar gampang...
coba praktekin ajee....
oh ya...

aku jg mau praktekin lah...
pake NaOH sama HCl aja ya..?
HCl yg dititrasi..?

sip sip sip...

sekarang masalahnya di bisa ato gak pp dimasukkan langsung kebiuret kan..?

eh eh eh,,,
aku yakin sih ga bisa..
kalo pp dimasukkan ke NaOH nanti volum NaOH di biuret kan pastinya jadi bertambah,,
susah lah mau diliat berapa mililiter volume NaOH yg berhasil menitrasi tuh HCl.....
Sisca >> akuratnya sih memang pake percobaan langsung. .^^

Soal volum NaOH nya ntar bertambah jika ditetesin fenolftalein..yg perlu diperhatikan yaitu perbandingan fenolftaleinnya dan NaOH di buretnya .
Misalkan gini, buret yg kita gunakan adalah yg 50 ml. .dan NaOH yg diisi sebanyak 48 ml dan sekitar kurang dari 2ml nya adalah indikatornya. .(anggap saja 2 ml). .kedua nya dicampur merata pada buret. .untuk menitrasi HCl 20 ml. ., jika pada titik akhr titrasi misalkan membutuhkan 21 ml campuran larutan di buret, brarti volum NaOH yg dbutuhkan 48/50*21 =20,16 ml. .dan sisanya yaitu 0,84 ml adalah fenolftaleinnya. .

Mohon koreksinya ya. .^^

Offline ehrgeizt

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 26
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • ehgzt
Titrasi Asam Basa
« Jawab #12 pada: Februari 23, 2010, 07:11:42 AM »
titrasi bom?

Titrasi biasa, nentuin kemolaran HCL. .maaf sudah melenceng dengan topik,. .minta pendapatnya ni pak. .^^'

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Titrasi Asam Basa
« Jawab #13 pada: Februari 23, 2010, 07:29:38 AM »
Misalkan gini, buret yg kita gunakan adalah yg 50 ml. .dan NaOH yg diisi sebanyak 48 ml dan sekitar kurang dari 2ml nya adalah indikatornya. .(anggap saja 2 ml). .kedua nya dicampur merata pada buret. .untuk menitrasi HCl 20 ml. ., jika pada titik akhr titrasi misalkan membutuhkan 21 ml campuran larutan di buret, brarti volum NaOH yg dbutuhkan 48/50*21 =20,16 ml. .dan sisanya yaitu 0,84 ml adalah fenolftaleinnya. .
klo dah ky gtu, bagaimana qt bisa tau dimana titik equivalennya?

Offline ehrgeizt

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 26
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • ehgzt
Titrasi Asam Basa
« Jawab #14 pada: Februari 23, 2010, 07:41:23 AM »
tuh kan salah nulis rumus kimia lagi...
mohon buat topik baru aja dengan judul 'titrasi asam-basa'. thanks.


Uppz. .Maaf.. HCL >> HCl . .
Unsur L kan blum ada jga. .hhe.kiddink. .
Iya, saya mw clear kan yang ini dulu pak. .^^. .peace. .wokke ?. .

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
16 Jawaban
25440 Dilihat
Tulisan terakhir April 15, 2009, 12:58:08 AM
oleh biobio
9 Jawaban
197031 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 24, 2013, 04:45:41 AM
oleh Monox D. I-Fly
Asam Basa

Dimulai oleh Media Kimia « 1 2 » Kimia

17 Jawaban
15042 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 02, 2009, 09:53:22 AM
oleh sisca, chemistry
Teori Asam Basa

Dimulai oleh Media Kimia « 1 2 3 » Kimia

35 Jawaban
33932 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 07, 2010, 04:16:36 PM
oleh athiya_masruf
5 Jawaban
7386 Dilihat
Tulisan terakhir April 22, 2013, 06:37:11 AM
oleh biobio