Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 28, 2021, 11:56:00 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 38
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 20
Total: 20

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: tolong jelasin donk ttg gas hidrogen sebagai bahan bakar dan proses pembuatannya  (Dibaca 9760 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
apasih sifat2 gas hidrogen dan bagaimana cara proses pembuatannya dgn elektrolisa?kok kemarin aku coba kok meledak y?gimana biar tdk meledak tapi terbakar?
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Vinchemz

  • Pengunjung
Salah satu sifatnya ya mudah terbakar, bukan mudah meledak..
Akan terbakar kalau udah ada sumber api/energinya..

Yang aku tau gas hidrogennya setelah dielektrolisis dialirkan (ke tampat yang berbeda dengan gas oksigen..
Tapi masih belum bisa didapatkan hasil murni 100%

Offline tj_david

  • Bebas tak terbatas
  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 38
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
 ;D
Kecian deh lu meledak
Kamu bisa buat gas hidrogen dengan cara mengelektrolisa larutan garam NaCl (Brine) udah tau kan caranya elektrolisa. Hasil elektrolisa larutan NaCl adalah larutan NaOH, gas Cl2 dan gas H2 yang anda cari. (coba lihat cell elektrolisa yang model lama) Larutan NaOH produk diambil dari bagian bawah cell, sedangkan gas Cl2 berada dibagian atas Cell. nah gas H2 ikut lolos ke bagian produk dibagian bawah cell. Jadi bisa divakum tanpa gas Cl2 nya ikut. biasanya dalam pabrik gas H2 dipake untuk membakar gas Cl2 untuk buat HCl.
Oya biar gak terbakar, hasil vakum gas H2 ditampung di tangki bertekanan itu lho...
gitu maksudnya kah? :D
Tanda tangan

Offline maharindu

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 0
apasih sifat2 gas hidrogen dan bagaimana cara proses pembuatannya dgn elektrolisa?kok kemarin aku coba kok meledak y?gimana biar tdk meledak tapi terbakar?

gas hidrogen bersifat sangat eksplosif.
kenapa?
ini sudah karakteristik.

gas H2 tidak bisa kita kendalikan dalam prosuksi skala kecil karena tenaganya yang besar. (search di wikipedia tentang gas hidrogen ada insyaAllah)

Gas Hidrogen biasa dproduksi (dulu) sebagai bahan bakar roket.

karena tenaganya yang bsar tadi, gas hidrogen sangat berbahaya.

kalo ditanya kenapa meledak? karena itu karakter kimianya.

kalo ditanya gimana biar ga meledak?
kamu butuh mekanisme pasti.

yang jelas, jangan gunakan gas hidrogen karena berbahaya.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Yang namanya hidrogen kalo bertemu dengan oksigen memang akan meledak, apa lagi kalo ada api. Api itu suhunya sampai 1000 derajat Celcius, padahal 500 C aja udah berbahaya.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
4118 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 24, 2008, 04:57:58 AM
oleh rawWARus
12 Jawaban
7969 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 25, 2010, 05:57:52 AM
oleh sisca, chemistry
20 Jawaban
98617 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 01, 2010, 12:22:03 AM
oleh Mat Dillom
19 Jawaban
16259 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 17, 2011, 10:08:43 AM
oleh sammi19
2 Jawaban
3498 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 20, 2012, 12:02:43 PM
oleh mhyworld