Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 22, 2021, 06:14:33 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 62
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 41
Total: 41

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: tolongin saya lagi ya.. ^^"  (Dibaca 22383 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
« Jawab #15 pada: Maret 03, 2010, 11:34:34 AM »
C punya 4 elektron valensi & semua elektron itu digunakan untuk membentuk ikatan kovalen dengan atom O

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
« Jawab #16 pada: Maret 03, 2010, 09:27:24 PM »
oh,,
karna elektron dari C digunain semuane jadi C = 0

truz.. kalo misalna..
CO, C-nya brapa biloksnya bang.?
~ You are what you eat ~

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
« Jawab #17 pada: Maret 04, 2010, 02:15:15 AM »
oh,,
karna elektron dari C digunain semuane jadi C = 0

truz.. kalo misalna..
CO, C-nya brapa biloksnya bang.?
oksigen membentuk rangkap tiga dengan oksigen C sehingga atom C menjadi - dan oksigen menjadi +
....nomor satu apa jawabannya B...?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
« Jawab #18 pada: Maret 04, 2010, 09:39:39 AM »
ga ngerti...
biloksnya C di situ -1..?
bukan muatan itu..?
ermmm...?

oh ya,, nomor 1 kenapa b..
alasanne..?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
« Jawab #19 pada: Maret 04, 2010, 10:17:44 AM »
ga ngerti...
biloksnya C di situ -1..?
bukan muatan itu..?
ermmm...?

oh ya,, nomor 1 kenapa b..
alasanne..?
biloks itu bukannya elektron yang dipindahkan dari unsur bebas? nanti ditandai dengan jumlah muatan negatif dan positif  sama dengan nol?

alasannya adalah
Kutip
1.   Biji tembaga mengandung 3% logam. Tembaga berada sebagai Cu_{2}S, presentase Cu_{2}S dalam logamnya adalah … (Cu = 63,5 dan Cu_{2}S = 159)
a.   3.159.100 / 63,5
b.   3.159 / 2.63,5
c.   3.159 / 63,5
d.   3.159.100 / 2. 63,5
e.   3. 159.2 / 63,5
pake rumus ini sih, %Cu_2S = \frac{Mr Cu_2S}{Ar Cu X2} X 3%

ngga yakin juga sih...
« Edit Terakhir: Maret 04, 2010, 10:21:14 AM oleh nandaz »

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
« Jawab #20 pada: Maret 04, 2010, 10:51:24 AM »
owh,,
kalo sisca sih dapetne emang gitu lo.. tapi ga tau. ragu.. makanya lempar ke sini.

oh ya..
masi bingung...
ttg CO itu..
jadi,, C = -1...
O = +1.?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
« Jawab #21 pada: Maret 04, 2010, 11:00:30 AM »
owh,,
kalo sisca sih dapetne emang gitu lo.. tapi ga tau. ragu.. makanya lempar ke sini.

oh ya..
masi bingung...
ttg CO itu..
jadi,, C = -1...
O = +1.?
belum jangan dijadikan pegangan dulu, aku buruk dalam mata kul kimia unsur...dah ngga baca2 buku lagi sih...siapa tau nanti ada yang ngasih  masukkan yg lebih meyakinkan ;D

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
« Jawab #22 pada: Maret 04, 2010, 11:07:29 AM »
owh owh owh..
hehehe~
sip sip sip.
TQ ya bang nandaz...
top top top.. ^^

Offline Hand15

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 4
Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
« Jawab #23 pada: Maret 05, 2010, 04:12:46 AM »
Formal charge (muatan formal) itu merujuk pada kelebihan ataupun kekurangan elektron di sekeliling suatu atom apabila dituliskan rumus Lewisnya.

Perlu diperhatikan bahwa formal charge itu hanyalah konsep belaka dan tidak ada sangkut pautnya dengan biloks suatu unsur.

Misalnya pada CO:


Terdapat tiga cara penulisan rumus lewisnya.
Pada rumus yang paling kiri, muatan formal C = -1 dan O = +1, hal ini dikarenakan O hanya memiliki lima elektron di sekelilingnya. O menjadi positif karena elektron valensinya seharusnya 6. Pada atom C, ia kelebihan 1 elektron daripada yang seharusnya hanya 4 menjadi 5.

Pada CO2, atom di sekeliling C dan O telah sesuai dengan elektron valensinya, sehingga muatan formal C adalah 0
« Edit Terakhir: Maret 05, 2010, 04:15:54 AM oleh Hand15 »

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
« Jawab #24 pada: Maret 05, 2010, 04:43:55 AM »
oh..
jadi..
muatan formal itu beda sama biloks.?


Offline Hand15

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 4
Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
« Jawab #25 pada: Maret 05, 2010, 07:14:48 AM »
Yup

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
« Jawab #26 pada: Maret 05, 2010, 10:44:01 AM »
jadi..
kalo ditanya biloksnya atom C dari CO2...
jawabnya 4..?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
« Jawab #27 pada: Maret 06, 2010, 12:51:17 AM »
jadi..
kalo ditanya biloksnya atom C dari CO2...
jawabnya 4..?
jadi inget aturan oktet...

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
« Jawab #28 pada: Maret 06, 2010, 04:48:14 AM »
4 ya..?
hu uu u..
owe bingung.. tar owe kasi satu contoh yg bikin owe tambah bingung ya.. T,.T

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
« Jawab #29 pada: Maret 07, 2010, 12:04:41 PM »
temen2.. tolong lagi.. T.,T


 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
10032 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 29, 2015, 10:15:14 AM
oleh Farabi
25 Jawaban
15863 Dilihat
Tulisan terakhir April 27, 2010, 09:29:24 PM
oleh sisca, chemistry
9 Jawaban
8252 Dilihat
Tulisan terakhir November 02, 2014, 01:58:33 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
2778 Dilihat
Tulisan terakhir November 12, 2014, 04:45:47 AM
oleh Farabi
1 Jawaban
3047 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 31, 2015, 07:58:10 PM
oleh sm2jc5