Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Kimia => Topik dimulai oleh: sisca, chemistry pada Maret 02, 2010, 09:06:07 AM

Judul: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 02, 2010, 09:06:07 AM
maap,, tiap hari minta tolong mulu,, truz karna malas nyari thread yg kemaren,, jadi buat baru aja ya...
tolongin ye.

1.   Biji tembaga mengandung 3% logam. Tembaga berada sebagai  Cu_{2}S, presentase  Cu_{2}S dalam logamnya adalah … (Cu = 63,5 dan  Cu_{2}S = 159)
a.   3.159.100 / 63,5
b.   3.159 / 2.63,5
c.   3.159 / 63,5
d.   3.159.100 / 2. 63,5
e.   3. 159.2 / 63,5

2.   Bila zat padat larut dalam air dan larutan dapat menghantar arus listrik. Penjelasan adalah…
a.   Larutan mengandung electron bebas yg bergerak
b.   Zat padat semula mengandung electron bebas yg bergerak
c.   Zat padat semula mengandung ion
d.   Larutan mengandung ion bebas yg bergerak
e.   Larutan tidak mengandung elektron bebas

3.   Kelarutan KCl adalah 40gram dalam 100gram air pada  50^{o}C . Bila 100 gram KCl dimasukkan dalam wadah yg berisi 100gram air pada  50^{o}C . Berapa gram air yg dapat ditambahkan ( 50^{o}C)agar KCl telarut sempurna…?
a.   60gram
b.   100gram
c.   150gram
d.   250gram
e.   300gram

4.   Volume CO2 (STP) yg dihasilkan dari pembakaran y gram alkana dengan rumus  C_{n}H_{2n+2} adalah:
a.   44y / (14n+2)L
b.   ny / (14n+2)L
c.   22,4y / 44L
d.   22,4ny / (14n+2)L
e.   22,4ny / 44L

5.   Oksigen terdiri dari isotop O-16, O-17 dan O-18. Karbon terdiri dari isotop C-12 dan C-13. Jumlah karbon dioksida yg berbeda yg dapat diperoleh dari isotop2 tsb adalah:
a.   5
b.   6
c.   10
d.   12
e.   15

6.   Diantara spesi berikut ini , manakah yg memiliki energy ionisasi terbesar
a.    O^{-2} (Z=8)
b.    F^{-} (Z=9)
c.    Na^{+} (Z=11)
d.    Mg^{2+} (Z=12)
e.   Na (Z=11)

7.   Diantar spesi berikut, manakah yg memiliki jari2 ionik terbesar..
a.    N^{-3} (Z=7)
b.    O^{-2} (Z=8)
c.    F^{-} (Z=9)
d.    Na^{+} (Z=11)
e.    Mg^{2+} (Z=12)

8.   Muatan formal atom karbon pada struktur CO2 adalah:
a.   0
b.   -1
c.   +2
d.   -3
e.   +4

9.   Di bawah ini pernytaaan yg benar pada tekanan tetap adalah :
a.   w_{p} = 0
b.    \Delta H = q_{p}
c.    \Delta H = E
d.   q = 0
e.    q_{p} = 0

10.   Persamaan laju reaksi untuk reaksi yg diaktivasi enzim pada tubuh manusia memiliki tetapan laju k dengan satuan M/s. dapat disimpulkan bahwa orde reaksi tersebut adalah :
a.   0
b.   1
c.   2
d.   3
e.   Tidak dapat di tentukan (kyknya ini ya jawabanne.? Haha)

11.    Dalam suatu reaksi kimia, apabila nilai Kc >>1 maka pernyataan yg benar adalah:
a.   Kesetimbangan akan dicapai dengan cepat
b.   Kesetimbangan akan dicapai dengan lambat
c.   Reaktan lebih stabil dibandingkan produk
d.   Konsentrasi produk akan lebih byk dibandingkan konsentrasi reaktan pada saat kesetimbangan.
e.   Konsentrasi reaktan akan lebih byk dibandingkan konsentrasi produk saat kesetimbangan

12.   Terdapat 1,0L larutan yg mengandung ion  Ni^{2+}, Ag^{+}, Mn^{2+} masing masing dengan konsentrasi 0,001 M. jika kedalam larutan tsb ditambahkan  Na_{2}S perlahan-lahan, manakah dari senyawa dibawah ini yg akan mengendap lebih awal? (Ksp NiS=3,0 . 10^{-21}, Ag_{2}S = 1,0 . 10 ^{-49}, MnS = 5,1 . 10^{-15} )
a.    Ag_{2}S
b.   NiS
c.   MnS
d.   Na_{2}S
e.   Semua akan mengendap bersamaan

sekalian penjelasannya please...
TQ TQ...  :) :)
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: ehrgeizt pada Maret 02, 2010, 10:10:16 AM
No.4 dpetnya D .
Hhe. .
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 02, 2010, 10:15:06 AM
bisa jelasin ga gimana..?
bingung jg,,
tapi emang D jawabannya.. ^^"

bingung 14n+2nya itu dari mmana..
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: ehrgeizt pada Maret 02, 2010, 10:36:56 AM
14n + 2 itu Mr alkananya nya. .
Asalnya 12n + 2n + 2
12n = Mr  C
2n + 2 = Mr H

Mol alkananya = y / 14n + 2
Mol CO2 = n * y / 14n + 2
V CO2 =22,4 * ny / 14 n + 2

Fokus soalnya pada persamaan reaksinya :
CnH2n+2 + ( 3/2 n + 1)O2 >>>> nCO2 + (n+2)H2O
Reaksi diatas setara.

No.10 menurut saya orde nya 0 . .
Dimisalkan spesi yg terlibat = x

V = k (x)^0
M/s = k 1
K =  M/s

Orde = 0
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 02, 2010, 10:42:25 AM
owh,,
i see i see yg nomor 4 itu,,
sip sip..
cuma masalah 14n+2n doank. haha~

oh ya,,
yg nomor 10..
emang 0 ya.?
sip sip..
simpan simpan jawabannya..
TQ,,
hebat hebat,,
salute salute.. ^^
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: ehrgeizt pada Maret 02, 2010, 10:48:17 AM
No.2 D ya ??.
Kan larutannya bisa menghantarkan listrik. ,brarti padatan nya terionisasi membentuk ion - ion saat dicelupkan. .dan ion - ion tersebut yg menyebabkan terhantarnya listrik. .ingat semakin banyak ion pada larutan smakin kuat bisa menghantarkan listrik. .
Itu pendapat saya. .^^
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 02, 2010, 11:21:02 AM
sip sip..
^^

ion di sini anion dan kation kan.?
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: ehrgeizt pada Maret 02, 2010, 11:40:25 AM
Yoiyoiyoiyoi. .
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 02, 2010, 11:47:23 AM
zip sip zip..
lagi lagi,,bantuin lagi donk.. ^^
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: ehrgeizt pada Maret 02, 2010, 12:04:47 PM
Yg no.7
D. .

Walaupun semua spesi tersebut jumlah kulitnya sama. .tpi Na + memiliki gaya tarik inti yg lebih kecil dibanding spesi yg lain. Yg membuat kulit2nya tidak tertarik kuat oleh gaya tarik inti. .semakin kuat gaya tarik inti,smakin kecil jari2 nya..
Kira2 bgitu. .
^^
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 02, 2010, 12:14:00 PM
sip sip sip..
padahal ada di kimia unsur kan.. hehehe~

malasnya diriku.. ^^"

TQ ya.. ^^

lagi donk lagi donk ...^^
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: ehrgeizt pada Maret 02, 2010, 01:28:46 PM
No. 12 "secara hitungan abstrak saya ". .
Jawabanya B. Ag2S

Ni argumen saya. .hhe. .
1. Terlihat Ksp Ag2S paling kecil, jadi kita hanya butuh pengali yg kecil untuk melewati angka Ksp Ag2S .Pengali yg dimaksud yaitu konsentrasi S^2-. .
1 * 10 ^ -49 = (Ag +)^2 * (S 2-)
nilai (S 2-) yg dibutuhkan untuk melewati Ksp adalah yg terkecil  dibanding pada MnS dan NiS.

Pada MnS
5,1 * 10 ^-15 = (Mn 2+) * (S 2-)

Pada NiS
3 * 10 ^-21 = (Ni 2+) * (S 2-)

2. Konsentrasi Ag+, Mn 2+,  NiS sudah sama = 0,001 M, gk perlu terlalu diperhatiin konsentrasi ke 3 nya. .

3. Sudah jelas yg membutuhkan (S 2-) paling sdikit untuk mengendapkan spesi adalah Ag2S ,brarti Ag2S duluan mengendap. .

Ini hanya ilmu logika dicampur sdikit materi, jdi. . . . . .
Hhe.
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 02, 2010, 09:39:31 PM
ohooo~
zip zip zip...

soale kalo diitung keknya ga dapet... =.=
sip deh,,
TQ.. ^^

sisca kurang pinter logika2an, hahahha~
~.~
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: Media Kimia pada Maret 03, 2010, 07:51:10 AM
No. 8 jawabannya A
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 03, 2010, 10:13:05 AM
iyah,,
ini sisca bingung... =.=
ada baca di kimia organik jg..
tapi ga tau kenapa bisa nol...?
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: Media Kimia pada Maret 03, 2010, 11:34:34 AM
C punya 4 elektron valensi & semua elektron itu digunakan untuk membentuk ikatan kovalen dengan atom O
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 03, 2010, 09:27:24 PM
oh,,
karna elektron dari C digunain semuane jadi C = 0

truz.. kalo misalna..
CO, C-nya brapa biloksnya bang.?
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 04, 2010, 02:15:15 AM
oh,,
karna elektron dari C digunain semuane jadi C = 0

truz.. kalo misalna..
CO, C-nya brapa biloksnya bang.?
oksigen membentuk rangkap tiga dengan oksigen C sehingga atom C menjadi - dan oksigen menjadi +
....nomor satu apa jawabannya B...?
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 04, 2010, 09:39:39 AM
ga ngerti...
biloksnya C di situ -1..?
bukan muatan itu..?
ermmm...?

oh ya,, nomor 1 kenapa b..
alasanne..?
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 04, 2010, 10:17:44 AM
ga ngerti...
biloksnya C di situ -1..?
bukan muatan itu..?
ermmm...?

oh ya,, nomor 1 kenapa b..
alasanne..?
biloks itu bukannya elektron yang dipindahkan dari unsur bebas? nanti ditandai dengan jumlah muatan negatif dan positif  sama dengan nol?
(http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/aa/Carbon_monoxide_2D_comma.svg/100px-Carbon_monoxide_2D_comma.svg.png)
alasannya adalah
Kutip
1.   Biji tembaga mengandung 3% logam. Tembaga berada sebagai Cu_{2}S, presentase Cu_{2}S dalam logamnya adalah … (Cu = 63,5 dan Cu_{2}S = 159)
a.   3.159.100 / 63,5
b.   3.159 / 2.63,5
c.   3.159 / 63,5
d.   3.159.100 / 2. 63,5
e.   3. 159.2 / 63,5
pake rumus ini sih, %Cu_2S = \frac{Mr Cu_2S}{Ar Cu X2} X 3%

ngga yakin juga sih...
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 04, 2010, 10:51:24 AM
owh,,
kalo sisca sih dapetne emang gitu lo.. tapi ga tau. ragu.. makanya lempar ke sini.

oh ya..
masi bingung...
ttg CO itu..
jadi,, C = -1...
O = +1.?
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 04, 2010, 11:00:30 AM
owh,,
kalo sisca sih dapetne emang gitu lo.. tapi ga tau. ragu.. makanya lempar ke sini.

oh ya..
masi bingung...
ttg CO itu..
jadi,, C = -1...
O = +1.?
belum jangan dijadikan pegangan dulu, aku buruk dalam mata kul kimia unsur...dah ngga baca2 buku lagi sih...siapa tau nanti ada yang ngasih  masukkan yg lebih meyakinkan ;D
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 04, 2010, 11:07:29 AM
owh owh owh..
hehehe~
sip sip sip.
TQ ya bang nandaz...
top top top.. ^^
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: Hand15 pada Maret 05, 2010, 04:12:46 AM
Formal charge (muatan formal) itu merujuk pada kelebihan ataupun kekurangan elektron di sekeliling suatu atom apabila dituliskan rumus Lewisnya.

Perlu diperhatikan bahwa formal charge itu hanyalah konsep belaka dan tidak ada sangkut pautnya dengan biloks suatu unsur.

Misalnya pada CO:
(http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/09/Carbon-monoxide-resonance-2D.png/400px-Carbon-monoxide-resonance-2D.png)

Terdapat tiga cara penulisan rumus lewisnya.
Pada rumus yang paling kiri, muatan formal C = -1 dan O = +1, hal ini dikarenakan O hanya memiliki lima elektron di sekelilingnya. O menjadi positif karena elektron valensinya seharusnya 6. Pada atom C, ia kelebihan 1 elektron daripada yang seharusnya hanya 4 menjadi 5.

Pada CO2, atom di sekeliling C dan O telah sesuai dengan elektron valensinya, sehingga muatan formal C adalah 0
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 05, 2010, 04:43:55 AM
oh..
jadi..
muatan formal itu beda sama biloks.?

Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: Hand15 pada Maret 05, 2010, 07:14:48 AM
Yup
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 05, 2010, 10:44:01 AM
jadi..
kalo ditanya biloksnya atom C dari CO2...
jawabnya 4..?
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 06, 2010, 12:51:17 AM
jadi..
kalo ditanya biloksnya atom C dari CO2...
jawabnya 4..?
jadi inget aturan oktet...
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 06, 2010, 04:48:14 AM
4 ya..?
hu uu u..
owe bingung.. tar owe kasi satu contoh yg bikin owe tambah bingung ya.. T,.T
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 07, 2010, 12:04:41 PM
temen2.. tolong lagi.. T.,T

Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 08, 2010, 10:08:55 AM
...ya ampun, mau ngecek soal try out ya?
tapi sayang aku saat ini online di warnet, ngga bisa bantu banyak sih tapi nomor 5 itu jawabannya kovalen koordinasi dan heteropolar...yang lainnya kayak pada soal tentang RE caranya cari dulu mol lewat hukum avogadro lalu cari Mr lewat perbandingan n = \frac{gram}{Mr} nah didapat Mr total lalu bisa masukkan pada pers empiris (CH_2O)_n = Mr
yang lainnya
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
agak susah dilihat karena di attach
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 08, 2010, 11:05:37 AM
emang koordinasinya dimana bang..?
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 08, 2010, 11:12:35 AM
ikatan antara Cl dan O merupakan ikatan koordinasi
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 08, 2010, 11:15:08 AM
oh..
tapi bukannya O kasi 1 eletron sama Cl,, 1 lagi sama Na..?
erm em,,,

oh y OHYA,,, yg nomor 11,, ga ngerti.. T.,T
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 08, 2010, 11:16:44 AM
yg 11 sisca pake cara test satu2 molekulnya..
dapetnya sih glukosa...

tapi cara mudanya ga tau..
hehehe~
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 08, 2010, 11:22:33 AM
oh..
tapi bukannya O kasi 1 eletron sama Cl,, 1 lagi sama Na..?
erm em,,,

oh y OHYA,,, yg nomor 11,, ga ngerti.. T.,T
satu elekton Na memegang Cl maka elektron Cl tersisa tiga pasang satu pasang membentuk koordinasi dengan O dan dua pasang membentuk elektron bebas, sedangkan O mempunyai tiga pasang elektron bebas
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 08, 2010, 11:24:26 AM
O mempunyai konfihurasi elektron 6 maka dia butuh 2 elektron bukan satu elektron, jadi dia membentuk koordinasi dengan Cl
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 08, 2010, 11:27:49 AM
owh owh..
sip bang...
TQ...
berarti yg sisca gbr salah donk ya..?
yg sbagai inti siapaa.?
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 08, 2010, 11:29:12 AM
yg 11 sisca pake cara test satu2 molekulnya..
dapetnya sih glukosa...

tapi cara mudanya ga tau..
hehehe~
intinya ada pada Cl yarena dia mengikat kedua senyawa....
dalam spmb cari satu2 lebih cepet...tapi teori yang kuterangkan diatas udah coba ngga? lalu berapa hasilnya...sorry aku ngga bawa alat tulis jd sulit ngerancangnya lewat MIME
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 08, 2010, 11:41:57 AM
oh..

cara abng ga ngarti...
cuma cari mol dari 300 gram = 10 mol
nah,, mol dari avogadro = 1,67
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 08, 2010, 11:52:56 AM
oh..

cara abng ga ngarti...
cuma cari mol dari 300 gram = 10 mol
nah,, mol dari avogadro = 1,67
masa?
n = \frac{jumlah molekul}{6,02 X 10^23}
n = \frac{10 X 10^23}{6,02 X 10^23}
seharusnya
n = 60,2
kamu terbalik langkahnya kali....
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 08, 2010, 11:57:04 AM
coba deh abng bagi pake kalkulator hp....
10 / 6,02..
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 08, 2010, 11:59:32 AM
coba deh abng bagi pake kalkulator hp....
10 / 6,02..
(http://www.cute-factor.com/images/smilies/yoyocici//yociexp74.gif)ya ampyunnn....sorry otak lagi heng
bsk kulanjutin ya.....aku janji
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 08, 2010, 12:03:12 PM
hahahhahahahha~
siip sip...^^
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 09, 2010, 06:32:53 AM
aku lanjutin....
n = \frac{10 X 10^{23}}{6,02 X 10^{23}}

n = \frac{10}{6,02}
inget disitu jangan dibagi dulu...bisa bingung ntar...

\frac{10}{6,02} = \frac{300}{Mr}
nah Mr nya sudah kelihatan, coret aja sepuluh yang diatas....

Mr = 6,02 X 30
Mr = 180,6
nah dah taukan sesuai dengan langkah yang sudah aku jelaskan sebelumnya.....
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 09, 2010, 07:41:55 AM
sip sip.. ^^

TQ...
haha~

dapet dapet..
sama... ^^
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 10, 2010, 03:24:17 AM
Kutip
(http://www.forumsains.com/index.php?action=dlattach;topic=6139.0;attach=1905;image)
nomor 9 ngga jelas CH berapa..? bisa kasih tau
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 10, 2010, 03:43:07 AM
kalo mungkin metana sama etana maka kayak gini jadinya;

CH_4 + 2O_2 \rightarrow CO_2 + 2H_2O

\frac{20}{100} X 5 liter = 1 liter

dan C2H6 adalah 80% nya = 4 liter khan...

kemudian setarakan reaksi kedua

C_2H_6 + \frac{7}{2} O_2 \rightarrow 2CO_2 + 3H_2O

nah setelah itu jumlahkan masing2 volume Oksigen lewat penyetaraan kedua perrs reaksi dan dapat lah hasil O nya nanti 16

volume oksigen 1. \frac{2}{1} X 1 liter = 2 liter

volume oksigen 2. \frac{7/2}{1} X 4 liter = 14 liter

maka 2 + 14 = 16 liter
jadi jawabannya E

mencari CO2 bisa dengan cara yang sama...

Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 10, 2010, 05:27:30 AM
yup..
CH4.. ^^

yes yes..
sica uda coba.. benerr.. hahaha~

TQ TQ... ^^

oh ya, bisa tlong jelasin ttg heteropolaritu maksudnya apa.?
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 10, 2010, 10:42:17 AM
aku tulis disini http://www.forumsains.com/kimia/heteropolar/ ngga apa-apa khan.....
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 10, 2010, 11:37:53 AM
sip sip..
yg nomor 3.>?
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 11, 2010, 02:27:19 AM
sip sip..
yg nomor 3.>?
..ini sih melihat sifat unsur segolongan aja, yang pasti dalam satu golongan semakin kebawah maka bertambah nomor atom, dan energi ionisasi  semakin kecil...nah dari situ kamu bisa mengolahny sendiri dalam pikiranmu...biar lebih mudah pembelajaran kukasih linknya sifat periodik unsur
(http://www.chem-is-try.org/wp-content/uploads/2009/04/hubionisasi.jpg)
lihat unsur pada golongan IA itu dan golongan gas mulia....bandingin aja dengan tabelmu
Judul: Re: tolongin saya lagi ya.. ^^"
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 11, 2010, 10:26:37 AM
huaoow..
sip sip sip...
ini nih.. guna bgt..
sip xip zip cip vip gip hip jip kip lip tip rip...
haha~

TQ TQ TQ,, ^^