Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Kimia => Topik dimulai oleh: Zeffa pada Mei 03, 2010, 09:48:37 AM

Judul: Uji Pewarna Kunyit
Ditulis oleh: Zeffa pada Mei 03, 2010, 09:48:37 AM
Tolong nih.....
Ak kan sekarang lagi percobaan ngetes pewarna kunyit pada tahu kuning ... , then ada teman yang tanya begini " ngapain lu repot-repot ngetes pake pewarna kunyit apa enggak, toh gak ngaruh kan orang yang beli tahu kuning juga ga ng.masalahin itu pake kunyit apa ndag ...

Terus ak musti jawab apa nih ??? bisakah kalian membantu memberikn jawaban yang jelas sehingga tidak akan menimbulkan pertanyaan yang lebih rumit.  ???
Judul: Re: Butuh Jawaban
Ditulis oleh: syx pada Mei 03, 2010, 10:30:31 PM
pewarna kuning yang sering dipake di makanan adalah tartrazin. bahan ini bahan di-banned di beberapa negara. di eropa sendiri pewarna sintetik sudah mulai diawasi ketat pemakaiannya, terutama pada makanan yang tidak ada dosisnya. alasan utama adalah karena peningkatan hiperaktivitas anak.
kunyit warnanya ga stabil, apalagi dengan adanya paparan cahaya. selain itu pewarnaannya juga ga bisa merata, selalu berbeda antar bets. dengan pemakaian pewarna sintetik stabilitas warna bisa dipertahankan dalam waktu yang lebih lama, antar bets juga tidak terlalu berbeda.
Judul: Re: Butuh Jawaban
Ditulis oleh: nandaz pada Mei 05, 2010, 11:12:07 AM
pewarna kuning yang sering dipake di makanan adalah tartrazin. bahan ini bahan di-banned di beberapa negara. di eropa sendiri pewarna sintetik sudah mulai diawasi ketat pemakaiannya, terutama pada makanan yang tidak ada dosisnya. alasan utama adalah karena peningkatan hiperaktivitas anak.
kunyit warnanya ga stabil, apalagi dengan adanya paparan cahaya. selain itu pewarnaannya juga ga bisa merata, selalu berbeda antar bets. dengan pemakaian pewarna sintetik stabilitas warna bisa dipertahankan dalam waktu yang lebih lama, antar bets juga tidak terlalu berbeda.
di indonesia kaya'nya ngga dilarang M.syx....soalnya aku pernah beli makanan yang berkomposisi tartrazin
Judul: Re: Butuh Jawaban
Ditulis oleh: syx pada Mei 05, 2010, 10:05:26 PM
emang, tapi di pabrik gw kerja udah ga dipake lagi karena sering masalah kalo mo ekspor produk.
Judul: Re: Butuh Jawaban
Ditulis oleh: xSaVioRx pada Mei 10, 2010, 01:35:33 PM
pabrik apa toh?
Judul: Re: Butuh Jawaban
Ditulis oleh: syx pada Mei 12, 2010, 10:26:25 PM
pabrik obat... ini policy di tempat kerja saya. jadi blom tentu sama dengan pabrik lain.