Forum > Kotak Saran

Debat Kusir

(1/1)

Goen:
Definisi debat kusir:

"Debat yang tidak disertai alasan yang masuk akal." (KBBI)

Sudah dua kali thread bertema geosentrisme dilock. Alasannya:


* Karena si pemilik thread (alias moderator) bosan melanjutkan pembahasan. Seperti pada thread Anda Bertanya Geocentrist Menjawab. Tapi, moderator masih mempersilahkan buat thread lain yang membahasnya asal disesuaikan tema dan sub-forumnya. Tapi alih-alih bosan, bikin lagi thread lain yang pada akhirnya mendiskreditkan geosentrisme. ;D
* Karena si pemilik thread (alias moderator) menganggap threadnya menjadi debat kusir. Yaitu, pada thread [Video] Jika Bumi Berhenti Berputar.... Pertanyaannya, siapa yang debat kusir di sini? Siapa yang mengajukan alasan yang tidak masuk akal di sini? Kenapa tidak dibiarkan saja layaknya forum-forum netral lainnya selagi tidak berujung pada pelecehan SARA? Dan bukankah di sinilah peran moderator kalau seandainya terjadi hal demikian?  :)
Yang anehnya, forum selalu ditutup sebelum saya sempat memberikan komentar sehingga terkesan sayalah orang yang bersalah di sini. Oh come on, that's not fair. ;D

Okelah, tidak masalah. Ini forum kalian, bukan forum saya. Tapi, orang-orang akan melihat netralitas forum ini yang tentunya harus menjunjung tinggi netralitas dan tentu saja pencantuman sumber ilmiah. Sebagaimana disclaimer yang muncul pada bagian bawah:


"Meski pun para anggota Forum Sains (ForSa) dianjurkan untuk menggunakan kaidah ilmiah dan mencantumkan referensi saat berdiskusi, adalah tanggung jawab setiap orang untuk meneliti lebih lanjut kebenaran dan keabsahan setiap tulisan. Semua tulisan dapat dipandang sebagai opini masing-masing anggota. Forum Sains tidak bertanggung jawab atas masalah yang mungkin terjadi terkait hal tersebut, termasuk masalah hak cipta, kebenaran dan keakuratan dari informasi yang ada."

Standar ganda di sini. Forum tidak bertanggung jawab bla... bla... bla... Tapi, kalau urusannya sudah menyangkut keyakinan heliosentrisme vs. geosentrisme, moderator ambil langsung tanggung jawab dengan me-lock thread. Nice!  ;D

Pada akhirnya disertai ultimatum:

"...dimohon untuk tidak mendiskusikan teori heliocentris maupun geosentris di thread tsb maupun di thread-thread lainnya."

Sangat jelas terlihat di sini, pengekangan kebebasan berpendapat. Pokoknya kalo menyangkut urusan heliosentrisme/geosentrisme, tidak boleh!

Saya harap moderator konsisten dengan aturannya. Karena sudah beberapa kali tidak konsisten dan terkesan dzholim membuat-buat aturan sendiri. Maka jika kelak ada thread yang menyinggung heliosentrisme/geosentrisme, sudah sepantasnyalah dilock, karena pada akhirnya akan debat kusir seperti yang sudah-sudah.  :)

Fariz Abdullah:
@Goen: saya mengikuti diskusi Anda dan rekan2..Saya mengagumi logika Anda..Walaupun saya tidak sependapat dengan Anda, tetapi Anda mampu membela pendapat Anda secara terstruktur dan enak dibaca.

Menurut saya, Teori Geosentris Anda kemungkinan besar datang dari kepercayaan Anda, kemungkinan besar Islam..Tapi Anda membelanya dengan cukup baik. Saya adalah Ex Muslim. Saya berpendapat bahwa Islam itu salah bahkan jahat. Tentu pendapat saya bertentangan dengan Anda..Menurut Anda tentu saya yang salah. Sudikah kiranya Anda berdebat masalah ini dan menunjukkan di mana kesalahan saya?
Tentu di forum ini..Jika Anda tidak nyaman, bisa lewat email.

Saya rasa kehebatan logika Anda akan mampu menunjukkan di mana letak kesalahan saya..Terima kasih.

nʇǝʌ∀:
debat kusir bukan cuma debat yang memiliki alasan tidak masuk akal. tapi juga yang dapat dikatakan debat yang tidak berguna atau tidak ada kesimpulan akhir.

ya. thread yang barusan saya kunci adalah thread debat kusir. tanda-tandanya saja sudah kelihatan ketika di halaman pertama ketika saya menghapus post dari lawan debat anda. saya masih memberikan toleransi. thread tidak dikunci tapi post flame + OOT itu saya hapus.

kemudian terlihat dari dua sisi sudah kelihatan sangat memegang teguh teorinya. jadi kalau hanya saling sodor menyodorkan referensi/argumen yang diulang-ulang (misal "sagnac correction" vs "peluncuran satelit ke timur" = ditafsirkan berbeda oleh kedua belah pihak, atau "saya/geocentrist/non-relativist tak punya kewajiban menjelaskan bla bla bla") maka itu akan menjadi diskusi percuma. pada akhirnya itu hanya jadi ajang pembenturan argumen saja. karena apa yang masuk akal menurut anda dan lawan debat anda sudah berbeda. dan apa yang harus dipersoalkan dan dijelaskan oleh anda dan lawan debat anda sudah berbeda.

dan saya sudah cukup memberikan toleransi pada OUT OF TOPIC yang berlarut-larut pada thread tersebut yang seharusnya membahas apabila bumi berhenti berputar. saya memang tidak menghentikan itu awalnya mengingat saya belum melihat diskusi sudah menjadi panas.

beberapa post terakhir berisi olok-olokan. dan ketika olok-olok sudah dimasukkan dan kedua sisi sudah bersiteguh pada teori yang dianutnya masing-masing, saya perlu mencegah ajang tukar cemoohan dan saling todong todongan yang seharusnya tidak ada dalam thread itu. anda lihat sendiri justru saya mulai menghilangkan toleransi dan menganggap thread saya debat kusir justru bukan disaat anda yang reply-reply terakhir.

jadi tentu saja ada netralitas. di halaman pertama post lawan debat anda saya hapus karena isinya tidak pantas. dan saya punya hak melakukan itu tanpa konfirmasi dengan siapapun. dia tidak protes (dan tidak seharusnya). dan anda bukan satu-satunya orang yang berdebat yang melihat thread dikunci ketika post terakhir bukan dari anda, dan terjadi perubahan kebijakan.

tentu saja kebijakan bisa berubah. dulu moderator biologi (yang lebih senior daripada saya) juga harus melarang diskusi tentang teori evolusi vs kreasionisme setelah sebelumnya diperbolehkan. dari dulu sudah ada perubahan kebijakan. terlepas siapa yang bikin thread dan siapa yang reply terakhir.


--- Kutip dari: milmi pada Oktober 21, 2009, 10:38:39 AM ---Salam Forsa,
Saya memperhatikan diskusi-diskusi yang berkembang seputar evolusi vs. kreasionisme yang terjadi di Board Biologi, dan saya pribadi melihat diskusi-diskusi tersebut sudah menuju ke sesuatu yang tidak sehat. Informasi tentang evolusi sendiri telah banyak dibahas di thread-thread sebelumnya. Oleh sebab itu, dengan ini, saya mengumumkan  bahwa semua thread yang mengangkat seputar evolusi vs. kresionisme akan saya hapus. Demikian pemberitahuannya, harap maklum.

--- Akhir Kutipan ---

jadi dari pengalaman itulah, mod melihat diskusi tentang apa yang sudah sepantasnya tidak lagi dilanjutkan karena dianggap percuma. peraturan dasar pun jadi bisa dikembangkan.

sebenarnya ketika suatu thread sudah memiliki tanda2 diatas, maka dengan berkata "thread dikunci" sudah dianggap cukup. dari dulu juga begini. kami antar sesama mod dan admin menghormati cara memoderasi satu sama lain. anda tidak menyaksikan peristiwa-peristiwa dulu.

itu saja respon dari saya. mohon maaf apabila anda tidak berkenan dan tidak puas dengan penjelasan saya. saya punya hak bertindak tanpa konsultasi mencegah terjadinya hal-hal seperti flame war atau sodor menyodorkan argumen yg sama yang diulang-ulang yang pernah terjadi di thread2 sebelumnya dengan topik serupa dan sampai sekarang masih terjadi.

standar ganda atau apapun prasangka apapun anda pada saya itu sudah menjadi hak anda.
saya sebetulnya kaget ketika penguncian thread ini disimpulkan demikian oleh anda sementara dua member yang lain juga bisa saja mengklaim mereka yang dizhalimi karena threadnya dianggap debat kusir justru setelah saya baca post-post terakhir yang notabene dari mereka.

PS: soal siapa yang merasa terkekang itu bisa jadi dua arah. artinya yang heliocentrist pun tidak bisa membawa-bawa teori geosentris untuk dikritisi atau disalahkan. mereka juga harus rela tidak mengutarakan apa yang ingin/harus diutarakan. ini sudah pernah dialami oleh evolutionist/non-evolutionist. PLUS di thread saya yang dikunci tidak ada kesimpulan final (siapa yang menang-kalah) dari hasil debat ini.

TAMBAHAN :


--- Kutip dari: Goen pada Juli 22, 2016, 11:23:59 PM ---jika kelak ada thread yang menyinggung heliosentrisme/geosentrisme, sudah sepantasnyalah dilock, karena pada akhirnya akan debat kusir seperti yang sudah-sudah.  :)

--- Akhir Kutipan ---

anda dan siapapun pada dasarnya bisa mendiskusikan hal-hal seperti klaim bahwa pendulum Faucault, efek coriolis, stellar parallax bisa terjadi tanpa rotasi dan revolusi bumi atau semacamya. di sisi lain berdiskusi tentang rotasi bumi atau revolusi bumi tidak akan saya larang. yang tidak ditolerir yaitu ketika member berdiskusi tentang topik yang secara langsung memperdebatkan teori heliosentris dan geosentris mana yang benar dan salah seperti kedua thread yang dikunci tsb (atau post/thread bernada demikian).

kalau soal sanksi bisa bervariasi tergantung penilaian moderator pada ulah member atau arah diskusi. post deletion dan account ban merupakan opsi yang bisa dipilih selain thread lock.

TAMBAHAN II :

sekalian saya tambahkan isi klarifikasi anda pada thread soal geocentrism yang telah dikunci untuk menghindari bias dari pengunjung forum ini ketika membaca thread tsb.

LINK

ssdestroyer:
Menurut saya saudara Goen sejak awal tidak berniat untuk berdiskusi. Seandainya dalam suatu topik diskusi terjadi perdebatan dan pihak yang terkait tidak menemukan titik temu tapi tetap melanjutkan perdebatan dengan tujuan mencari kebenaran maka ini sudah termasuk debat kusir. Tetapi jika sejak awal topik tersebut ada untuk diperdebatkan maka bukan debat kusir asalkan sumber referensi nya valid dan tidak ada kecacatan logika dalam struktur argumen si pendebat. Debat bukan mencari kebenaran tetapi bagaimana mempertahankan pendapat untuk mencapai kemenangan. Dalam debat pihak yang menang belum tentu benar dan pihak yang kalah belum tentu salah.

Saya harap admin mempertimbangkan pendapat saya ini dan membuka kembali thread yang diinginkan oleh saudara Goen. Terima Kasih

Navigasi

[0] Indeks Pesan

Ke versi lengkap