Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 24, 2021, 12:32:54 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26693
  • Latest: oom joe
Stats
  • Total Tulisan: 139618
  • Total Topik: 10381
  • Online Today: 127
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 28
Total: 28

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Wawancara kerja tuh ditanyain apa aja ya???  (Dibaca 26140 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ludicrous

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 1
  • Gender: Wanita
Wawancara kerja tuh ditanyain apa aja ya???
« pada: Juli 01, 2008, 05:07:04 AM »
 ;D gegegegge,.. sYa mau tanya neh,.. ma smuanya yg kbetulan baca ini,..
mau  ::) tanya, sebenarnya kalo ngelamar kerja tuh di tanyain apa aja seh ????
 ;) makasi buat semua,..
You have to endure caterpillars if you want to see butterflies. (Antoine De Saint)

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Wawancara kerja tuh ditanyain apa aja ya???
« Jawab #1 pada: Juli 02, 2008, 09:14:07 PM »
Hmm... kalo gw yang jadi personalia atau interviewer nya, pasti gw tanya :
Mo minta gaji berapa?
haha...

eka

  • Pengunjung
Re: Wawancara kerja tuh ditanyain apa aja ya???
« Jawab #2 pada: Juli 03, 2008, 05:42:04 AM »
 :)aku mau coba bantu ya.... ::)
setelah diperiksa biodata selanjutnya akan ditanya:
pengalaman kerja, keterampilan umum sampe yang mendetail, trus bakal ditanya keluarga, seandainya anda ditempatkan pada posisi ini apa yang mau dilakukan sesuai dengan kemampuan, trus dites tuh skill-nya, knowledge, atittude.
sampe yang paling privat seperti: kelebihanmu apa, kekuranganmu apa, kalo lagi bete apa yang kamu biasa lakukan?

mudah-mudahan bisa membantu ya.... :) ;) ;D

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Re: Wawancara kerja tuh ditanyain apa aja ya???
« Jawab #3 pada: Juli 10, 2008, 03:05:44 PM »
kadang2 ditanya juga pengalaman / kejadian di tempat kerja sebelumnya atau di masa kuliah yg membuktikan kita punya kelebihan tertentu. Misalnya, di tempat kerja / organisasi dulu pernah ada masalah A dan kita trus berhasil menyelesaikan masalah tsb. Nah, jadinya calon employer kita bisa lebih percaya kalau kita benar2 punya kemampuan spt yg kita bilang.

semoga sukses wawancaranya ya :)
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline eky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 441
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • growing up
Re: Wawancara kerja tuh ditanyain apa aja ya???
« Jawab #4 pada: Juli 29, 2008, 04:47:26 AM »
Yang pasti, jangan pernah memberikan penjelasan tentang biodata kamu yang agak menyimpang dari posisi yang pengen kamu masukin.

misal: sedang wawancara buat masuk ke perusahaan telekomunikasi. Trus kamu bilangnya "saya dulu juara satu turnamen futsal sekampus"

Advice:
jawab pertanyaan dengan pernyataan yang tidak menimbulkan pertanyaan baru !!
pasti topcer .. :D

Offline korewa

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 86
  • IQ: 19
Re: Wawancara kerja tuh ditanyain apa aja ya???
« Jawab #5 pada: Agustus 04, 2008, 03:24:39 PM »
biasa sih..
mungkin dari biodata anda, lalu akan di interview, visi dan misi anda, apa motivasi anda, lalu
kenapa anda memilih carir ini?mgkn loh...
mau dapet posisi apa dsb dsb dsb
terakhir biasanya gaji..hehe...

Offline skuler

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 993
  • IQ: 109
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Read! write! Revolt!
Re: Wawancara kerja tuh ditanyain apa aja ya???
« Jawab #6 pada: Mei 11, 2009, 08:44:24 PM »
apapun yg ditanyakan oleh interviewer, jawablah dengan jujur...
klo boong:
ntar klo ktrima, susah sendiri
ntar klo ketauan, ga bakalan dtrima kerja....
« Edit Terakhir: Mei 11, 2009, 08:46:19 PM oleh skuler »
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future.”-- RATM, 1999.

Offline MuhammadBz

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 96
  • IQ: 13
Re: Wawancara kerja tuh ditanyain apa aja ya???
« Jawab #7 pada: Juni 28, 2009, 07:52:26 AM »
Biasanya da sesi diskusi, yang dapet nilai bagus ntu yang omonganya memajukan diskusi, bukan yang yang banyak, saya akan berlatih seperti itu dengan aktif di forsa

Offline wuriant

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
Re: Wawancara kerja tuh ditanyain apa aja ya???
« Jawab #8 pada: Juli 08, 2009, 07:47:49 AM »
nich pertanyaan umum kalo di interview, cari jawaban sesuai dengan kepribadian anda dan coba dilatih untuk menjawab di depan cermin, biar gak grogi. kalo bisa di jawab pake bahasa inggris merupakan nilai tambah.

•   Where are you from and what is your family situation?
•   Please discuss about your current most recent job / job that is most similar to job being recruited for?
•   Ask questions about the current job?
•   What are you key strengths?
•   What are your weaknesses/ areas you want to improve?
•   Where do you see yourself in five years time?
•   Current / expected salary and benefits package?
•   Does the applicant have any questions for us?

good luck

Offline alvin pratama

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 663
  • IQ: 64
  • Gender: Pria
Re: Wawancara kerja tuh ditanyain apa aja ya???
« Jawab #9 pada: Juli 08, 2009, 08:22:33 AM »
sebenarnya banyak sekali pertanyaan dalam proses interview.
mungkin saya akan membagikan pertannyaan dan jawaban yang sering ditanyakan dalam interview:

1. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?
Ini peluang Anda untuk “menjual” diri Anda. Uraikan dengan singkat dan jelas kelebihan yang Anda miliki, kualifikasi Anda dan apa yang dapat Anda sumbangkan bagi perusahaan tersebut. Hati-hati , jangan memberikan jawaban yang terlalu umum. Hampir setiap orang mengatakan mereka merupakan seorang pekerja keras dan memiliki motivasi. Berikanlah jawaban yang memperlihatkan keunikan yang Anda miliki.

2. Mengapa tertarik bekerja di perusahaan ini?
Pertanyaan ini merupakan salah satu alat bagi si pewawancara untuk mengetahui apakah Anda mempersiapkan diri anda dengan baik. Jangan pernah datang untuk sebuah wawancara pekerjaan tanpa mengetahui latar belakang perusahaan. Dengan memiliki informasi yang cukup mengenai latar belakang perusahaan tersebut maka pertanyaan di atas memberikan kesempatan kepada Anda untuk memperlihatkan inisiatif, dan menunjukkan apakah pengalaman serta kualifikasi yang Anda miliki sepadan dengan posisi yang diperlukan.

3. Apa kelemahan utama Anda?
Rahasia dalam menjawab pertanyaan di atas adalah dengan berkata jujur mengenai kelemahan Anda, tapi jangan lupa menjelaskan bagaimana Anda mengubah kelemahan tersebut menjadi kelebihan. Misalnya, bila Anda memiliki masalah dengan perusahaan terdahulu, perlihatkan langkah yang Anda ambil. Hal ini memperlihatkan bahwa Anda memiliki kemampuan dalam mengenali aspek yang perlu diperbaiki dan inisiatif dalam memperbaiki diri Anda.

4. Mengapa berhenti dari perusahaan terdahulu?
Walaupun Anda berhenti dari pekerjaan terdahulu dengan cara yang tidak baik, Anda harus berhati-hati dalam memberikan jawaban. Usahakan untuk memberikan jawaban yang diplomatis. Bila Anda memberikan jawaban yang mengandung aspek negatif, kompensasikan jawaban tadi dengan jawaban yang positif. Bila anda mengeluhkan tentang pekerjaan terdahulu, maka hal ini tidak memberi poin apa-apa buat Anda.

5. Bagaimana Anda mengatasi masalah?
Tidak mudah memberikan jawaban bila Anda mendapatkan pertanyaan seperti di atas, terutama bila Anda baru lulus dan tidak memiliki pengalaman kerja. Pewawancara ingin melihat apakah Anda dapat berpikir kritis dan mengembangkan solusi tanpa melihat jenis permasalahan yang Anda hadapi, bahkan walaupun Anda tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengatasi masalah yang dihadapi. Gambarkan langkah-langkah yang Anda lakukan dalam memprioritaskan pekerjaan. Hal ini memperlihatkan bahwa Anda bertanggungjawab dan tetap dapat berpikir jernih walaupun sedang menghadapi masalah.

6. Prestasi apa yang dibanggakan?
Rahasia dari pertanyaan di atas adalah dengan menyeleksi dan memilih secara spesifik prestasi yang berhubungan dengan posisi yang sedang ditawarkan. Walaupun Anda pernah menjuarai bola basket pada waktu kuliah, tetapi ini bukan merupakan sebuah jawaban yang diharapkan. Berikan jawaban yang lebih profesional dan lebih relevan. Pikirkan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut dan kembangkan contoh yang memperlihatkan bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

7. Berapa gaji yang Anda harapkan?
Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang tersulit terutama bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman kerja yang cukup.Yang perlu Anda lakukan sebelum wawancara adalah mencari tahu pasaran gaji untuk posisi yang ditawarkan agar Anda dapat memberikan jawaban atas pertanyaan ini. Beritahu pewawancara bahwa Anda terbuka untuk membicarakan mengenai kompensasi bila saatnya tiba. Bila terpaksa, berikan jawaban yang berupa kisaran angka, bukan angka tertentu.

8. Bisa ceritakan mengenai diri Anda?
Mungkin pertanyaan di atas tampaknya mudah tetapi pada kenyataannya tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Yang pasti Anda harus menyadari bahwa pewawancara tidak tertarik untuk mengetahui apa yang Anda lakukan di akhir pekan ataupun dari daerah mana Anda berasal. Pewawancara berusaha mengetahui Anda secara profesional. Siapkan dua atau tiga poin mengenai diri Anda, baik pengalaman kerja maupun sasaran karir Anda dan tetap konsisten. Rangkum jawaban Anda dengan mengungkapkan keinginan Anda sebagai bagian dari perusahaan tersebut. Bila memiliki jawaban yang mantap maka hal ini dapat membawa Anda pada pembicaraan yang memperlihatkan kualifikasi Anda.



semoga bermanfaat ya !!!!
"Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasih

Offline iklangratis

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
Re: Wawancara kerja tuh ditanyain apa aja ya???
« Jawab #10 pada: Februari 18, 2010, 04:58:09 AM »
kalo dulu gw awalnya diminta menjelaskan ttg diri kita sendiri, keluarga, kuliah, dsb, kemudian baru nanya seputar CV yang kita buat, trus... jabatan yg kita lamar, apa ketrampilan dan keahlian yg kita punya kemudian mengapa kita sesuai untuk jabatan tersebut and minta gaji berapa untuk posisi yg kita apply. terakhir interviewer bakal kasi kesempatan kita buat nanya... na... kesempatan tuch buat cari perhatian care ama bakal calon perusahaan yg akan kita tempati trus ada sedikit psikologi pake dadu, gambar, cerita sambil ngobrol (padahal marennya udah nulis tes psikologi uuuuh!!!!)

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
Re: Wawancara kerja tuh ditanyain apa aja ya???
« Jawab #11 pada: Februari 18, 2010, 05:54:42 AM »
ada juga pertanyaan seperti ini : mengapa kami harus memilih anda bukan orang lain???
Be the sustainable learner, because life is learning...

Offline Babymoon

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Wawancara kerja tuh ditanyain apa aja ya???
« Jawab #12 pada: Juni 02, 2010, 03:32:11 AM »
kalo ada pertanyaan kyk gini gmn "jika anda saat ini sy berikan uang sebesar Rp13 jt, apa yang akan anda lakukan dengan uang tersebut...?"

Offline j4pr4

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Wawancara kerja tuh ditanyain apa aja ya???
« Jawab #13 pada: November 24, 2010, 10:09:08 AM »
apa kelebihan dan kekurangan anda...................?

Offline mochasa

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 2
Re: Wawancara kerja tuh ditanyain apa aja ya???
« Jawab #14 pada: Februari 27, 2011, 03:34:50 AM »
kehidupan sehari-hari, masalah yg pernah dihadapi, motivasi, juga berkaitan dg tugas akhir ubtuk fresh graduated

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
4022 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 17, 2013, 05:27:13 AM
oleh agunkramadhani
2 Jawaban
3969 Dilihat
Tulisan terakhir September 25, 2009, 05:32:06 PM
oleh biobio
0 Jawaban
5075 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 13, 2010, 04:50:14 AM
oleh oriela
2 Jawaban
7315 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 01, 2011, 02:42:06 PM
oleh sarwedi
2 Jawaban
3229 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 10, 2011, 07:33:58 AM
oleh Fachni Rosyadi