Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 19, 2024, 04:50:33 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 77
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 1
Guests: 58
Total: 59

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Ada yang aneh???

Dimulai oleh anestesia, April 13, 2009, 01:27:37 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

anestesia

MAaf bagi semuanya, cuz soal aku waktu itu terlalu mudah... Now, It-s time for you to test your brain!!!

                  x2=x2
x2-x=x2-x
                             x(x-x)=(x+x)(x-x)
                                   x=x+x
                                   x=2x

Karena 1=2, dimana letak kesalahannya?

HyawehHoshikawa

ksalahannya terletak pada
2*0 = 0 ; 2=0/0
1*0 = 0 ; 1=0/0
1 = 2

Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

superstring39

Kutip dari: anestesia pada April 13, 2009, 01:27:37 PM
MAaf bagi semuanya, cuz soal aku waktu itu terlalu mudah... Now, It-s time for you to test your brain!!!

                  x2=x2
x2-x=x2-x
                             x(x-x)=(x+x)(x-x)
                                   x=x+x
                                   x=2x

Karena 1=2, dimana letak kesalahannya?
baris pertama ke baris ke dua oke lha, tapi dari baris ke dua ke baris ke tiga kayaknya enggak nyambung.

HyawehHoshikawa

X2-X2 = X2-X2
X(X-X) = (X+X)(X-X)
X = X+X
X = 2X
1 = 2 ???

maksutnya gitu kali... ;D

Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

rafy

Kutip dari: anestesia pada April 13, 2009, 01:27:37 PM
x2-x=x2-x
                             x(x-x)=(x+x)(x-x)

ittu ga memenuhi kaidah matematika...
ga ada pemfaktoran hnya 1 ruas jah...
kemarin adalah kenangan..
hari ini adalah kenyataan.....
besok adalah harapan...
^8^

Sky

Kutip dari: anestesia pada April 13, 2009, 01:27:37 PM
                             x(x-x)=(x+x)(x-x)
                                   x=x+x
                                   x=2x

dari baris ke 1 ke baris ke 2 tidak boleh dilakukan, lho.  ;)

karena (x-x) = 0.

sedangkan, membagi dengan nol tidak diperbolehkan dalam matematika.

Jadi mencoret (x-x) di ruas kiri dan kanan tidak diperbolehkan...

Ginji

kalo (x+x)(x-x) bukannya jadi nol
= x2-x2+x2-x2

HyawehHoshikawa

Kutip dari: Ginji pada April 13, 2009, 08:42:46 PM
kalo (x+x)(x-x) bukannya jadi nol
= x2-x2+x2[/sup]-x2
lah itu bukannya juga bisa dicoret yah
inti dari soal itu kan 1*0 = 2*0
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Sky

Kutip dari: HyawehHoshikawa pada April 14, 2009, 01:41:16 AM
inti dari soal itu kan 1*0 = 2*0

Iya, jadi kalau dilanjutkan, jadi 0 = 0

0-nya ga boleh dicoret dari ruas kiri dan kanan, karena membagi dengan 0 tidak diperbolehkan

muhmus88

Kutip dari: anestesia pada April 13, 2009, 01:27:37 PM
MAaf bagi semuanya, cuz soal aku waktu itu terlalu mudah... Now, It-s time for you to test your brain!!!

                  x2=x2
x2-x=x2-x
                             x(x-x)=(x+x)(x-x)
                                   x=x+x
                                   x=2x

Karena 1=2, dimana letak kesalahannya?

ga boleh di coret donk kan (x-x) menjadi suatu bilangan yang bernilai 0.
jadi ga boleh donk
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

Gen-I-uSy

YANG SALAH......
Kenapa x2 - x bisa jadi (x + x)(x - x) ????
padahal kedua pernyataan itu jelas-jelas tidak sama.
yang bikin soal, cek dulu soalnya y.... ;D

HyawehHoshikawa

@atas
menurut gw si harusnya gini
Kutip dari: HyawehHoshikawa pada April 13, 2009, 04:17:59 PM
X2-X2 = X2-X2
X(X-X) = (X+X)(X-X)
X = X+X
X = 2X
1 = 2 ???

maksutnya gitu kali... ;D


Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Mtk Kerajaan Mataram

Saya heran yang  seperti kok dibahas terus-terusan, bukankah sudah jelas bahwa membagi dengan 0 (yaitu x-x) tidak mungkin. Dalam thread lain ini sepertinya sudah diublek2.

muhmus88

bener tuh ga boleh pengali 0 tu di coret.

kalo gitu ;

1 x 0 = 2 x 0
harusnya kan
0 = 0

tapi kalo pengali 0 nya dicoret , jadi
1 = 2
jelas salah bukan???
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

Alien-sama

posting perdana nih kk .^^

CMIIW yah.
x yang dimaksud diatas itu X sebagai variabel bukan?
Bukankah kalo X sebagai variabel tidak diperbolehkan untuk asal coret?
Karena bisa saja X yang dihasilkan bernilai 0 ?
makanya
x(x-x) = (x+1)(x-1) tidak diperbolehkan menjadi
x(x-x) = (x+1)(x-1)

atau ada pendapat lain yang lebih benar.^^