Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 03, 2020, 01:47:20 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26686
  • Latest: mkrxxi
Stats
  • Total Tulisan: 139608
  • Total Topik: 10377
  • Online Today: 47
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 36
Total: 36

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: bahas LOGIKA yuks!!!!  (Dibaca 262318 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

ohzee

  • Pengunjung
bahas LOGIKA yuks!!!!
« pada: Februari 28, 2008, 10:43:00 AM »
Di matematika ada logika. nah :) kenapa & apa yg membedakan antara disjungsi, konjungsi, implikasi, & biimplikasi!?? & mengapa begitu???

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #1 pada: Juli 28, 2008, 07:05:25 AM »
Karena memang begitu, hehahaha :D :D

Disjungsi kalo bahasa manusianya ATAU
Saya adalah manusia atau anjing. Nyatanya saya manusia (bukan anjing)..
Pernyataan itu dianggap benar karena menggunakan atau kalau

Konjungsi itu bahasa lainnya DAN
Saya adalah manusia dan anjing. Nyatanya saya CUMA manusia, bukan anjing (kecuali wolfenzten,hehehe)
Pernyataan di atas salah, karena berbeda dengan kenyataan..

BERSAMBUNG

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #2 pada: Juli 28, 2008, 08:32:10 AM »
Episode 2..

Jadi kita udah belajar pada episode sebelumnya apa beda disjungsi dan konjungsi..
Disjungsi dan konjungsi dipakai pada 2 TARGET..

XXX atau YYY (disjungsi)
XXX dan YYY (konjungsi)

Pada disjungsi (ATAU), kalau salah satu TARGET bernilai benar maka secara keseluruhan diangap benar (walau TARGET lainnya salah).
Pada Konjungsi (DAN), kalau salah satu salah, otomatis semua dianggapnya salah..

--- Next Bab ---

Implikasi, kalau dibaca secara umum adalah
Jika x maka y..
Dilambangkan anak panah ke kanan..
cema berlaku 1 keadaan, keadaan lain gak bisa balik..

Kalau biimplikasi,
Jika x dan hanya jika..
Kalo ini anak panahnya bolak balik
Kedua arah berlaku..
Agak rumit kalau dijelaskan, enaknya diksaih contoh aja..

"Di dalam rumah cuma ada Aku, berarti di dalam rumah cuma ada 1 orang."
Tapi belum tentu kalau
"Di dalam rumah cuma ada 1 orang, berarti cuma ada aku".
Mungkin aja itu adeku ato mamahku, atoo..... Hiiiiiiiii..
Wakakakaka... :D :D
di atas contoh implikasi


Nah kalau..
"Aku adalah Vinchemz"
maka benar kalau
"Vinchemz adalah aku" (biimplikasi)

Begitu aja yang bisa aku jelaskan, semoga tambah ngerti..
:D :D

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #3 pada: Juli 28, 2008, 06:44:39 PM »
Wah, makasih penjelasannya Vinchemz, dah kejawab semua tuh pertanyaannya ;D
Nambahin dikit aja nih. Dalam logika, kita mengenal proposisi, yaitu suatu pernyataan (statement) yang memiliki satu nilai kebenaran (salah atau benar). Proposisi ini ada dua macem : proposisi primitif dan proposisi majemuk. Yang terakhir adalah pernyataan yang mengandung penghubung. Ada lima penghubung dalam logika matematika : disjungsi, konjungsi, implikasi, negasi dan ekivalensi.


Offline anni3

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 3
  • Gender: Wanita
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #4 pada: Februari 21, 2009, 05:23:31 AM »
Contoh Vinchemz kayaknya lebih mudah dimengerti daripada penjelasan guru di sekolahku.  ;D (catet-catet...). Ntar aku kasih liat anak-anak sekelas biar pada nggak pusing-pusing dengan logika.

Eh tapi LOGIKA sendiri dipakai untuk apa sih?
Menggali misteri bisa dilakukan bahkan dalam angka 0 - 9 sekalipun

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #5 pada: Februari 21, 2009, 08:24:57 AM »
Eh tapi LOGIKA sendiri dipakai untuk apa sih?

 :-\
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

Offline anni3

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 3
  • Gender: Wanita
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #6 pada: Februari 21, 2009, 10:05:23 PM »
:-\

Kayaknya belum ada yang ngasih jawaban.
Kalo nggak salah aku lihat di buku ada logika-logika tentang rangkaian listrik seri dan paralel. Ada kaitannya nggak?

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #7 pada: Februari 21, 2009, 10:16:55 PM »
Kayaknya belum ada yang ngasih jawaban.
Kalo nggak salah aku lihat di buku ada logika-logika tentang rangkaian listrik seri dan paralel. Ada kaitannya nggak?

kalo ada dibuku, Ya berarti ada lah. Konjungsi: seri, Disjungsi: paralel. Ya?

Offline anni3

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 3
  • Gender: Wanita
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #8 pada: Februari 21, 2009, 11:12:43 PM »
kalo ada dibuku, Ya berarti ada lah. Konjungsi: seri, Disjungsi: paralel. Ya?

Iya... tapi maksud aku masa cuma buat yang kayak gitu aja kita harus mempelajari logika...? ya kecuali kalau ada fungsi yang lain? ah bingung deh kalau soal matematika

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #9 pada: Februari 21, 2009, 11:49:23 PM »
ya kecuali kalau ada fungsi yang lain?

sepertinya ada. dari wiki, tapi bahasa inggris. Bener ga?

Kutip
Mathematical logic is often divided into the subfields of set theory, model theory, recursion theory, and proof theory and constructive mathematics. These areas share basic results on logic, particularly first-order logic, and definability.

didalemnya lagi, mungkin baru kerasa fungsinya.
« Edit Terakhir: Februari 21, 2009, 11:51:07 PM oleh ryoma »

Offline anni3

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 3
  • Gender: Wanita
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #10 pada: Februari 25, 2009, 05:57:57 AM »
didalemnya lagi, mungkin baru kerasa fungsinya.

Tadi belajar Logika lagi, sekarang ada modus Ponen, Tollens, malah jadi makin bingung...  ???

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #11 pada: Februari 26, 2009, 12:53:40 PM »
Modus ponen itu, jika anda mendapati implikasi p ==> q bernilai benar, lalu juga diketahui pernyataan p benar, maka kesimpulannya q benar, dalam pengungkapan lain :
premis major : p ==> q
premis menor : p
Kesimpulan : q
Misal :
majornya : Jika bokong kita bisulan maka bokong kita gatal.
Kemudian ternyata diketahui bokong kita bisulan. Jadi kesimpulannya bokong kita gatal.

Modus tollens itu, jika anda mendapati implikasi p ==> q bernilai benar, lalu juga diketahui negasi pernyataan q benar (berarti q salah), maka kesimpulannya p juga salah, dalam pengungkapan lain :
premis major : p ==> q
premis menor : -q
Kesimpulan : -p

Misal :
majornya : Jika bokong kita bisulan maka bokong kita gatal.
Kemudian ternyata diketahui bokong kita tidak gatal. Jadi kesimpulannya bokong kita tidak bisulan.

modus tollens menggunakan kenyataan bahwa :
 -q ==> -p ekuivalen dengan p ==> q.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #12 pada: Februari 27, 2009, 03:54:07 AM »
@mataram
bagaimana jika
premis minor: bokong kita tidak bisulan
kesimpulan: bokong kita tidak gatal
apa ini sah? secara lgoika sih sepertinya masuk akal.
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #13 pada: Maret 01, 2009, 01:52:07 AM »
Jika premis minornya "bokong kita tidak bisulan", maka premis major Jika "bokong kita bisulan maka bokong kita gatal" tidak menjamin kesimpulan "bokong kita tidak gatal".
Dalam bahasa keseharian, tidak hanya bisulan yang menyebabkan gatal.
Dalam bahasa matematika, -p ==> -q tidak ekuivalen dengan p ==> q. <konvers tidak ekuivalen dengan implikasinya>.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #14 pada: Maret 07, 2009, 12:19:24 AM »
benar juga ya, kelihatannya masuk akal.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
9 Jawaban
9729 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 23, 2011, 04:49:23 AM
oleh ade_hndra
0 Jawaban
4872 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 08, 2009, 12:00:03 PM
oleh yubus
8 Jawaban
4692 Dilihat
Tulisan terakhir September 13, 2009, 10:51:17 PM
oleh Pi-One
5 Jawaban
6897 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 09, 2009, 03:40:40 PM
oleh Too Payz
0 Jawaban
2296 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 01, 2011, 07:42:44 AM
oleh Kalajeplak