Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 03, 2020, 12:53:51 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26686
  • Latest: mkrxxi
Stats
  • Total Tulisan: 139608
  • Total Topik: 10377
  • Online Today: 47
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 36
Total: 36

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: bahas LOGIKA yuks!!!!  (Dibaca 262309 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #15 pada: Maret 07, 2009, 08:07:50 AM »
emmh, gitu. thanks kk-kk senior-senior.......  :)

saya jadi mengerti. hehe, emang masuk akal kok.
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

Offline kurdtanshori

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 3
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #16 pada: Maret 09, 2009, 02:04:29 PM »

Eh tapi LOGIKA sendiri dipakai untuk apa sih?

Logika itu ntar dipake saat ente dah jadi mahasiswa yang berkecimpung di dunia eletronika khususnya mengenai rangkaian digital (paling gak ini adalah basicnya), di situ ente bakal nemuin betapa pentingnya angka 0 dan 1 (ya atau tidak) seperti yg lagi ente pelajari saat ini...

So buat yang kepengen masuk ke teknik elektro, pelajari baik-baik tuh materinya....

Tetep semangat !!! :)

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #17 pada: Maret 19, 2009, 02:01:02 PM »
yang pasti logika kepake' di excel pada fungsi "if"
btw, selaen dengan cara menggunakan tabel kebenaran, ada yang bisa membuktikan
p=>q equivalen dengan ~pVq (kalo ga salah si ini)
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline marshall

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 162
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #18 pada: Maret 19, 2009, 02:09:02 PM »
hemmmhhh...jadi tambah ngerti diriku
".............

Offline marshall

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 162
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #19 pada: Maret 19, 2009, 02:12:36 PM »
Kutip
hemmmhhh...jadi tambah ngerti diriku
yah..ko udah ketulis :o padahal tadinya kan pengen meninjau dulu :-[

jadi tambah yakin, cinta anak muda sekarang emang ga ada logika..:D

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #20 pada: April 09, 2009, 10:19:54 AM »
kalau untuk kata "pasti", "harus" negasinya apa?

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #21 pada: April 10, 2009, 08:49:56 PM »
Yaa tentu saja negasinya 'pasti' adalah 'meragukan'.
Dalam bahasa probabilitas, 'pasti' diberi nilai 1, karena peluang hanya merentang dari 0 s.d. 1, maka negasinya berarti bernilai 0 \leq peluang(tidak pasti) < 1.

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.575
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #22 pada: April 10, 2009, 09:57:28 PM »
Ada logika formal seperti yang dipakai dalam matematika dan merupakan dasar dari komputer ALU yang dikenal juga sebagai monotonic reasoning. Pengetahuan pada SEBAB harus lengkap, dan kesimpulannya pasti. Dalam logika formal tidak boleh ada kontradiksi.

Sekarang orang memperluasnya ke logika samar (fuzzy logic) yang dikenal juga sebagai nonmonotonic reasoning. Logika samar mengijinkan adanya kontradiksi. Dalam wilayah ini bisa juga dimasukkan statistical reasoning seperti yang diajukan sebagai topik pembahasan.
HouwLiong

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #23 pada: April 22, 2009, 08:41:22 AM »
bwt om the houw lung,

pada post sblumny, harusny:
negasi dari p ==> q adalah p ^ ~q
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #24 pada: April 22, 2009, 08:43:35 AM »
bwt om the houw lung,

pada post sblumny, harusny:
negasi dari p ==> q adalah p ^ ~q.

trus yg gw tau, pbuktianny ya cuma pake tabel kebenaran, ga tau dh kalo da yg laen, hehehe ilmuku kan masih dangkal,,,

kaka2 senior yg laen, dmohon kontribusinya....,

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #25 pada: Juni 09, 2009, 04:26:47 AM »
iya, kayaknya cuma bisa pake tabel aja.

Ilmu Logika sangat penting untuk membuktikan Teorema.

Suatu pernyataan disebut Tautologi jika pernyataan itu pasti benar untuk semua kondisi.
contohnya : Saya mati atau tidak mati ( pasti benar. Karena manusia cuma punya
2 keadaan. Kalau tidak mati, ya hidup. Tidak ada setengah mati).
Bahasa logikanya p V ~p


ada juga pernyataan yang pasti salah untuk semua kondisi. Ini disebut juga kontradiksi.
Contoh : Saya Bohong
(pernyataan ini pasti salah... coba tebak sendiri. hee..)
Contoh lain yang lebih jelas:
Saya mati dan tidak mati. (Jelas ga mungkin karena ga ada kondisi setengah mati kecuali di fisika kuantum, he.... jadi inget kucing Schroedinger)
Bahasa logikanya p dan ~p

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #26 pada: Juli 14, 2009, 09:36:45 AM »
Yaa tentu saja negasinya 'pasti' adalah 'meragukan'.
Dalam bahasa probabilitas, 'pasti' diberi nilai 1, karena peluang hanya merentang dari 0 s.d. 1, maka negasinya berarti bernilai 0 \leq peluang(tidak pasti) < 1.
Yang sya bingung

pasti negasinya meragukan
meragukan \equivmungkin
mungkin negasinya tidak mungkin
pasti\equivtidak mungkin

 ??? ??? ??? ;D ;D ;D
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #27 pada: Juli 15, 2009, 09:27:10 AM »
Hmm...
meragukan itu kan tidak sama dengan mungkin, bukan sinonim.
Jadi meragukan tidak setara dengan mungkin.

"meragukan" itu: 'kecil' kemungkinan.

Kalo kita bilang mungkin, artinya kan probabilitasnya besar/kemungkinannya besar.
« Edit Terakhir: Juli 15, 2009, 09:30:55 AM oleh Sky »

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #28 pada: Juli 15, 2009, 09:40:25 AM »
lantas nilai peluang untuk meragukan berapa?
dan mungkin berapa?

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: bahas LOGIKA yuks!!!!
« Jawab #29 pada: Juli 15, 2009, 10:11:23 AM »
batasnya samar.
Yang jelas, jika ada 2 kejadian yaitu kejadian A dan B, misal peluang A untuk terjadi adalah 0,2 dan peluang B untuk terjadi adalah 0,8.
Maka bisa kita katakan bahwa B lebih berpeluang untuk terjadi (dalam bahasa sehari-hari, kita katakan bahwa B lebih mungkin terjadi daripada A).
Kita juga bisa mengatakan bahwa A kurang berpeluang untuk terjadi (dalam bahasa sehari-hari, kita katakan bahwa A lebih meragukan daripada B).

Jadi, 'mungkin' lebih dekat ke 1, sedangkan 'meragukan' lebih dekat ke 0.
Jadi, tidak ekivalen deh....

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
9 Jawaban
9728 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 23, 2011, 04:49:23 AM
oleh ade_hndra
0 Jawaban
4872 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 08, 2009, 12:00:03 PM
oleh yubus
8 Jawaban
4690 Dilihat
Tulisan terakhir September 13, 2009, 10:51:17 PM
oleh Pi-One
5 Jawaban
6896 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 09, 2009, 03:40:40 PM
oleh Too Payz
0 Jawaban
2296 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 01, 2011, 07:42:44 AM
oleh Kalajeplak