Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 02, 2022, 06:11:45 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 37
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 14
Total: 14

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

bahas LOGIKA yuks!!!!

Dimulai oleh ohzee, Februari 27, 2008, 07:43:00 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

ryoma

emmh, gitu. thanks kk-kk senior-senior.......  :)

saya jadi mengerti. hehe, emang masuk akal kok.
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

kurdtanshori

Kutip dari: anni3 pada Februari 20, 2009, 02:23:31 PM

Eh tapi LOGIKA sendiri dipakai untuk apa sih?

Logika itu ntar dipake saat ente dah jadi mahasiswa yang berkecimpung di dunia eletronika khususnya mengenai rangkaian digital (paling gak ini adalah basicnya), di situ ente bakal nemuin betapa pentingnya angka 0 dan 1 (ya atau tidak) seperti yg lagi ente pelajari saat ini...

So buat yang kepengen masuk ke teknik elektro, pelajari baik-baik tuh materinya....

Tetep semangat !!! :)

HyawehHoshikawa

yang pasti logika kepake' di excel pada fungsi "if"
btw, selaen dengan cara menggunakan tabel kebenaran, ada yang bisa membuktikan
p=>q equivalen dengan ~pVq (kalo ga salah si ini)
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

marshall

hemmmhhh...jadi tambah ngerti diriku
".............

marshall

Kutiphemmmhhh...jadi tambah ngerti diriku
yah..ko udah ketulis :o padahal tadinya kan pengen meninjau dulu :-[

jadi tambah yakin, cinta anak muda sekarang emang ga ada logika..:D
".............

utusan langit

kalau untuk kata "pasti", "harus" negasinya apa?

Mtk Kerajaan Mataram

Yaa tentu saja negasinya 'pasti' adalah 'meragukan'.
Dalam bahasa probabilitas, 'pasti' diberi nilai 1, karena peluang hanya merentang dari 0 s.d. 1, maka negasinya berarti bernilai 0 \leq peluang(tidak pasti) < 1.

The Houw Liong

Ada logika formal seperti yang dipakai dalam matematika dan merupakan dasar dari komputer ALU yang dikenal juga sebagai monotonic reasoning. Pengetahuan pada SEBAB harus lengkap, dan kesimpulannya pasti. Dalam logika formal tidak boleh ada kontradiksi.

Sekarang orang memperluasnya ke logika samar (fuzzy logic) yang dikenal juga sebagai nonmonotonic reasoning. Logika samar mengijinkan adanya kontradiksi. Dalam wilayah ini bisa juga dimasukkan statistical reasoning seperti yang diajukan sebagai topik pembahasan.
HouwLiong

nash

bwt om the houw lung,

pada post sblumny, harusny:
negasi dari p ==> q adalah p ^ ~q
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

nash

bwt om the houw lung,

pada post sblumny, harusny:
negasi dari p ==> q adalah p ^ ~q.

trus yg gw tau, pbuktianny ya cuma pake tabel kebenaran, ga tau dh kalo da yg laen, hehehe ilmuku kan masih dangkal,,,

kaka2 senior yg laen, dmohon kontribusinya....,
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Sky

iya, kayaknya cuma bisa pake tabel aja.

Ilmu Logika sangat penting untuk membuktikan Teorema.

Suatu pernyataan disebut Tautologi jika pernyataan itu pasti benar untuk semua kondisi.
contohnya : Saya mati atau tidak mati ( pasti benar. Karena manusia cuma punya
2 keadaan. Kalau tidak mati, ya hidup. Tidak ada setengah mati).
Bahasa logikanya p V ~p


ada juga pernyataan yang pasti salah untuk semua kondisi. Ini disebut juga kontradiksi.
Contoh : Saya Bohong
(pernyataan ini pasti salah... coba tebak sendiri. hee..)
Contoh lain yang lebih jelas:
Saya mati dan tidak mati. (Jelas ga mungkin karena ga ada kondisi setengah mati kecuali di fisika kuantum, he.... jadi inget kucing Schroedinger)
Bahasa logikanya p dan ~p

Nabih

Kutip dari: Mtk Kerajaan Mataram pada April 10, 2009, 05:49:56 AM
Yaa tentu saja negasinya 'pasti' adalah 'meragukan'.
Dalam bahasa probabilitas, 'pasti' diberi nilai 1, karena peluang hanya merentang dari 0 s.d. 1, maka negasinya berarti bernilai 0 \leq peluang(tidak pasti) < 1.
Yang sya bingung

pasti negasinya meragukan
meragukan \equivmungkin
mungkin negasinya tidak mungkin
pasti\equivtidak mungkin

??? ??? ??? ;D ;D ;D

Sky

#27
Hmm...
meragukan itu kan tidak sama dengan mungkin, bukan sinonim.
Jadi meragukan tidak setara dengan mungkin.

"meragukan" itu: 'kecil' kemungkinan.

Kalo kita bilang mungkin, artinya kan probabilitasnya besar/kemungkinannya besar.

Nabih

lantas nilai peluang untuk meragukan berapa?
dan mungkin berapa?

Sky

batasnya samar.
Yang jelas, jika ada 2 kejadian yaitu kejadian A dan B, misal peluang A untuk terjadi adalah 0,2 dan peluang B untuk terjadi adalah 0,8.
Maka bisa kita katakan bahwa B lebih berpeluang untuk terjadi (dalam bahasa sehari-hari, kita katakan bahwa B lebih mungkin terjadi daripada A).
Kita juga bisa mengatakan bahwa A kurang berpeluang untuk terjadi (dalam bahasa sehari-hari, kita katakan bahwa A lebih meragukan daripada B).

Jadi, 'mungkin' lebih dekat ke 1, sedangkan 'meragukan' lebih dekat ke 0.
Jadi, tidak ekivalen deh....