Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 05, 2024, 08:21:41 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 62
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Bentuk limit tak hingga + tak hingga

Dimulai oleh adhi.genius, Juli 11, 2010, 12:07:59 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

adhi.genius

Permisi semuanya... saya newbie di sini.. Mau tanya ttg bentuk limit..
Kan biasanya yg kita pelajari waktu SMU adalah limit ∞-∞, yang bentuknya ada rumus cepatnya apabila
Nah ini saya dapat soal yg bentuknya ∞+∞, sbb:

Kalo mnrt saya jwbnnya tetap ∞, karena ∞+∞ ya sudah pasti ∞. Tapi si pembuat soal itu bilang jawabannya adalah
Menurut teman2 gimana?
Mohon dikasih pendapatnya yaa.. trims.. Gbu..  ;D

Fachni Rosyadi


sisca, chemistry

urm...
Kalo pake rumus b-q/2akara tuh mana bisa lee...
Kan beda a sama p-nya..
Coba pake cara lain..
urm...
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Blue_Rain

#3
Coba kalikan dengan sekawannya..
Nah nanti kan jadi bentuk pecahan, trus yang bwahnya kluarin x²nya



kita kalikan dengan sekawannya



jadinya...






itu bentuk a/x dalam limit tak hingga kan jadinya nol maka hasilnya



nah pangkat atas kan berbentuk x² sedangkan bawah x pangkat satu karena pangkat atas lebih besar daripada pangkat bawah, dalam limit tak hingga hasilnya adalah


[move]The Rain Always Blue...[/move]

Fachni Rosyadi

Kok jawabannya masih beda dengan yang pembuat soalnya ya? Aku masih ragu-ragu.

Blue_Rain

#5
Sama...

Saya juga masih ragu

::) ::) ::)

Ada yang punya ide lain..??


:angel: :angel: :angel:
[move]The Rain Always Blue...[/move]

galihutomo

aq gak punya ide lainn... :D :D

tapi aq sependapat dengan jawabannya "Blue Rain"

Mtk Kerajaan Mataram

\infty+\infty sudah jelas adalah \infty, dan bukan bentuk tak tentu.
Sedangkan \infty-\infty adalah bentuk tak tentu.

faenscy

numpang tanyaa... di limit x mnuju tak hingga,

apa bnr
(1+f(x))1/f(x) = e    ??

soalnya prna dpt soal n tb2 di pnyelesaiannya (1+f(x))1/f(x)  diganti e..
kalo bner kq bisa gitu ya?

adisae

Kalau mengenai e tu nilainya

e=\lim_{x\to\infty} \left(1+\frac~1x\right)^x

atau

e=\lim_{x\to\infty} \left(1+x\right)^{\frac~1x}

dan masih banyak bentuk lainnya..

nilai e
dapetnya ya cara paling mudah pake komputer..
buka MS Excel
masukkan di A1 nilai yang cukup besar misal 1000000000 (1 milyar)
kemudian A2 diisi formula seperti diatas =(A1+1/A1)^A1
ketemu deh e=2,718282053
untuk ngecek A3 diisi formula =LN(A2) ketemunya harusnya 1

mungkin nggak menjawab secara langsung pertanyaannya..
tapi moga ada gambaran

faenscy

@adisae: q coba kq number error y.. haha
tp klo misal dilogika kn jadinya (1milyar+0.000000001)^1000000000
brarti krg lbh 1 milyar^1 milyar.. mana bisa jd e(2,71)?  ??? hrusnya kn jd tak hingga..

q coba ln (100000000000000) n ln (10000000000000000000000000) hsilnya makin bsar >1..

Muztank

Iya stuju dgn logikanya bung fensi...

1 miliar pangkat 1 miliar ms bs jd 2,71......

faenscy

@bang muztank
saiia bukan 'bung'
haha *g pnting*

adisae

uppsss...
maaf salah ketik ;D
harusnya
=(1+1/A1)^A1

faenscy

haha
pantesann..

hmm..
kalo (1+1/A1)^A1 brarti mendekati 1^1000000000000000000000

brarti harusnya kan 1..
aq cb di excel jg jadinya 1

knp bisa jd 2,71 y? hehe