Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 07, 2021, 01:37:04 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 26
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 27
Total: 27

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Soal Fungsi Kuadrat? help!!  (Dibaca 11905 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline kadugedeboys

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 10
Soal Fungsi Kuadrat? help!!
« pada: Mei 30, 2010, 08:15:53 AM »
udah ngitung bolak-balik salah melulu..akhirnya nyerah deh..

ini soalnya :

perhatikan kurva y = ax + bx2

a dan b konstan. jika garis singgung kurva ini pada titik (1,0) sejajar dengan garis 2x - y + 3 = 0 maka a+ 3b sama dengan ....

pilihan jawbannya :

A. -2
B. 2
C. 4
D. 6
E. 8

kalo dibuku kunci jawabannya C. 4. tapi caranya gak tau.. tolong ya pak dosen??

terima kasih
« Edit Terakhir: Mei 30, 2010, 08:23:56 AM oleh kadugedeboys »

Offline galihutomo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 184
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Ayo kita kuasai Dunia....
    • Media Belajar Online
Re: Soal Fungsi Kuadrat? help!!
« Jawab #1 pada: Mei 30, 2010, 08:06:20 PM »
mula2 kita masukkan nilai (1,0) ke dalam kurva :

0 = a.1 + b.x2

0 = a + b........(i)

kemudian kita cari gradiennya.....

2x - y + 3 = 0  --->  y = 2x + 3 berarti m (gradien) = 2

karena garis singgung kurva sejajar dengan pers. garis di atas maka m (gradien)nya juga = 2

selain itu gradien garis singgung kurva juga = y' (turunan dari kurva)

m = y'

m = a + 2bx

kita masukkan nilai m = 2 dan karena garis singgung di (1,0) maka x = 1 diperoleh :

2 = a + 2b.........(ii)

persamaan (i) dan (ii) kita gunakan untuk mencari nilai a dan b

a + b    = 0
a + 2b  =  2 _
-b        = - 2
b = 2
a = -2

a + 3b = -2 + 3.2 = 4

 ;) ;) ;) ;) ;) ;) ;) ;) ;)

Offline kadugedeboys

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 10
Re: Soal Fungsi Kuadrat? help!!
« Jawab #2 pada: Mei 30, 2010, 10:12:25 PM »
wahh, jelas sekali jawabannya... apalagi bagi orang awam kayak saya :). tapi saya ada yang bingung pak..
karena garis singgung kurva sejajar dengan pers. garis di atas maka m (gradien)nya juga = 2
jadi kurva juga punya gradien ya pak? lantas kalau mengetahui gradien langsung dari persamaan kurvanya (y = ax + bx2) bisa kah pak?

selain itu gradien garis singgung kurva juga = y' (turunan dari kurva)
OO jadi gradien garis tadi = turunan kurva = gradien kurva
artinya gradien kurva = turunan kurva, iya pak benar gitu?

saya bingung bagaimana membuat turunan dari kurva tadi??  :-[




Offline galihutomo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 184
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Ayo kita kuasai Dunia....
    • Media Belajar Online
Re: Soal Fungsi Kuadrat? help!!
« Jawab #3 pada: Mei 31, 2010, 10:08:26 AM »
jadi kurva juga punya gradien ya pak?
lantas kalau mengetahui gradien langsung dari persamaan kurvanya (y = ax + bx2) bisa kah pak?

OO jadi gradien garis tadi = turunan kurva = gradien kurva
artinya gradien kurva = turunan kurva, iya pak benar gitu?

saya bingung bagaimana membuat turunan dari kurva tadi??  :-

Yang punya gradien adalah persamaan garis singgung kurva (jadi bukan persamaan kurvanya...)

trus....cara cari gradien persamaan garis singgung kurva dengan cara menurunkan persamaan kurvanya....saat nilai x dari titik singgung kurva kita masukkan ke dalam turunan kurva tersebut maka didapat nilai gradiennya.

Sebagai contoh :


y = x3 + 2x2 - 5x di titik (1, -2) mempunyai gradien ??

m = y'
m = 3x2 + 4x - 5  

di titik (1, -2) maka nilai x = 1

m = 3.12 + 4.1 - 5
m = 2

keterangan :

m = gradien garis singgung
y' = turunan kurva

udah jelas kah??
« Edit Terakhir: Mei 31, 2010, 10:12:32 AM oleh galihutomo »

Offline kadugedeboys

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 10
Re: Soal Fungsi Kuadrat? help!!
« Jawab #4 pada: Mei 31, 2010, 11:26:57 PM »
jadi kurva juga punya gradien ya pak?
lantas kalau mengetahui gradien langsung dari persamaan kurvanya (y = ax + bx2) bisa kah pak?

OO jadi gradien garis tadi = turunan kurva = gradien kurva
artinya gradien kurva = turunan kurva, iya pak benar gitu?

saya bingung bagaimana membuat turunan dari kurva tadi??  :-

Yang punya gradien adalah persamaan garis singgung kurva (jadi bukan persamaan kurvanya...)

trus....cara cari gradien persamaan garis singgung kurva dengan cara menurunkan persamaan kurvanya....saat nilai x dari titik singgung kurva kita masukkan ke dalam turunan kurva tersebut maka didapat nilai gradiennya.

Sebagai contoh :


y = x3 + 2x2 - 5x di titik (1, -2) mempunyai gradien ??

m = y'
m = 3x2 + 4x - 5 

di titik (1, -2) maka nilai x = 1

m = 3.12 + 4.1 - 5
m = 2

keterangan :

m = gradien garis singgung
y' = turunan kurva

udah jelas kah??

Oh ya... jelas..jelas pak, tapi yang saya bingung, dari persamaan kurva diatas (y = x3 + 2x2 - 5x) kok bisa turunannnya menjadi 3x2 + 4x - 5 , caranya gimana ya pak?

terima kasih sangat membantu pak penjelasannya...

Offline RikMon

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
Re: Soal Fungsi Kuadrat? help!!
« Jawab #5 pada: Juni 01, 2010, 04:35:26 AM »
Bantuin pak Galih Utomo ya...

Misal : f(x)=axn

Offline RikMon

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
Re: Soal Fungsi Kuadrat? help!!
« Jawab #6 pada: Juni 01, 2010, 07:24:43 AM »
Bantuin pak Galih ya.

Misal f(x)=axn
jika f'(x) adalah turunan dari f(x) maka f'(x)=n.axn-1

Untuk kasus kita : f(x)=x3+ 2x2 - 5x
Maka : f'(x)=3.x(3-1)+2.2x(2-1)-1.5x(1-1)
          f'(x)=3.x2+4x1-5x0
          f'(x)=3.x2+4x-5

Offline RikMon

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
Re: Soal Fungsi Kuadrat? help!!
« Jawab #7 pada: Juni 01, 2010, 07:41:15 AM »
nambahin lagi sedikit ya.

Beberapa metode untuk mengetahui gradien (kemiringan) suatu garis :

1. Jika 2 koordinat diketahui.
Persamaan : m=(y2-y1)/(x2-x1)

Misal : tentukan gradien dari titik (2,4) dan (5,9).
Jawab : m=(y2-y1)/(x2-x1)
           m=(9-4)/(5-2)=5/3


2. Gradien dari suatu garis linear dengan persamaan garis y=ax+b.
Untuk garis linear y=ax+b => gradien adalah koefisien di depan variabel x.

Misal : gradien dari y=9x+20
Jawab : m=9.


3. Jika diketahui hubungannya dengan garis lain.
Persamaan : m1=m2 => jika kedua garis sejajar
                 m1 X m2 = -1 => jika kedua garis saling tegak lurus.

Misal : tentukan gradien garis yang tegak lurus dengan garis y=12x+7
Jawab : m1=12
Karena saling tegak lurus, maka m2.m1= -1
                                   sehingga m2= - (1/12)

4. Jika diketahui satu persamaan garis atau kurva f(x)
Persamaan : m=f'(x)
dimana : f'(x) adalah turunan pertama dari x.

Misal : tentukan gradien dari y=5x+6
Jawab : y=5x+6
          m=y'=1.5x(1-1)+0         nb : turunan dari suatu konstanta selalu 0
          m= y'=5.1+0=5

atau misal : y=20x5+12x4+8
jawab : m=y'=5.20x(5-1)+4.12x(4-1)+0
           m=y'=100x4+48x3

Offline kadugedeboys

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 10
Re: Soal Fungsi Kuadrat? help!!
« Jawab #8 pada: Juni 02, 2010, 02:07:45 AM »
wah makasih pak RikMon, sangat sangat  membantu :). sering2 aja ya pak :-)

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Soal Fungsi Kuadrat? help!!
« Jawab #9 pada: Mei 14, 2014, 03:10:02 AM »
nambahin lagi sedikit ya.

Beberapa metode untuk mengetahui gradien (kemiringan) suatu garis :

1. Jika 2 koordinat diketahui.
Persamaan : m=(y2-y1)/(x2-x1)

Misal : tentukan gradien dari titik (2,4) dan (5,9).
Jawab : m=(y2-y1)/(x2-x1)
           m=(9-4)/(5-2)=5/3


2. Gradien dari suatu garis linear dengan persamaan garis y=ax+b.
Untuk garis linear y=ax+b => gradien adalah koefisien di depan variabel x.

Misal : gradien dari y=9x+20
Jawab : m=9.


3. Jika diketahui hubungannya dengan garis lain.
Persamaan : m1=m2 => jika kedua garis sejajar
                 m1 X m2 = -1 => jika kedua garis saling tegak lurus.

Misal : tentukan gradien garis yang tegak lurus dengan garis y=12x+7
Jawab : m1=12
Karena saling tegak lurus, maka m2.m1= -1
                                   sehingga m2= - (1/12)

4. Jika diketahui satu persamaan garis atau kurva f(x)
Persamaan : m=f'(x)
dimana : f'(x) adalah turunan pertama dari x.

Misal : tentukan gradien dari y=5x+6
Jawab : y=5x+6
          m=y'=1.5x(1-1)+0         nb : turunan dari suatu konstanta selalu 0
          m= y'=5.1+0=5

atau misal : y=20x5+12x4+8
jawab : m=y'=5.20x(5-1)+4.12x(4-1)+0
           m=y'=100x4+48x3


Tambah satu lagi:
5. Jika diketahui sudut garis tersebut terhadap sumbu x sebesar a.
m = tan a

Hal ini dikarenakan sama seperti tangen, gradien adalah perbandingan antara y dan x ( susah nyebutnya).

Misal: Tentukan gradien dari garis dengan sudut 450
Jawab: m = tan 450
            m = 1/2
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re:Soal Fungsi Kuadrat? help!!
« Jawab #10 pada: Juni 26, 2014, 12:35:27 PM »
lihat Jawaban terlampir.

mau jawaban soal-soal lebih cepat. kunjungi:
www.lesprivatonline1.blogspot.com

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
8466 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 13, 2009, 04:26:22 PM
oleh ASC
Barisan fungsi Kuadrat

Dimulai oleh Mtk Kerajaan Mataram Matematika

0 Jawaban
2585 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 02, 2010, 01:09:30 PM
oleh Mtk Kerajaan Mataram
1 Jawaban
3389 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 20, 2011, 01:26:15 PM
oleh Fachni Rosyadi
4 Jawaban
3635 Dilihat
Tulisan terakhir November 04, 2011, 08:53:05 PM
oleh mhyworld
2 Jawaban
176481 Dilihat
Tulisan terakhir September 02, 2014, 06:26:06 AM
oleh Sandy_dkk