Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 19, 2021, 09:40:19 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 77
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 32
Total: 32

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Perbandingan Sisi  (Dibaca 8096 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Fachni Rosyadi

  • Pengunjung
Perbandingan Sisi
« pada: Agustus 13, 2010, 04:17:41 AM »
Pada segitiga ABC, \angle C tiga kali lebih besar daripada \angle A. Berapakah perbandingan antara panjang AB dan BC?

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Perbandingan Sisi
« Jawab #1 pada: Agustus 26, 2010, 05:09:40 PM »
\frac{AB}{BC}=\frac{\sin{3C}}{\sin{A}}

Offline CrisTaNa

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 6
  • IQ: 1
Re: Perbandingan Sisi
« Jawab #2 pada: September 13, 2010, 01:49:30 AM »
\frac{AB}{BC}=\frac{\sin{3C}}{\sin{A}}
Salah dong,
\frac{AB}{BC}=\frac{\sin{C}}{\sin{A}}=\frac{\sin{3A}}{\sin{A}}
Aku lupa rumus \sin{3A}, coba dijabarkan
\sin{3A}=\sin{2A+A}=\sin{2A}\cos{A}+\cos{2A}\sin{A}
<=>2\sin{A}\cos^2A+(1-2\sin^2A)\sin{A}
<=>2\sin{A}-2\sin^3A+\sin{A}-2sin^3A
<=>3\sin{A}-4\sin^3A
Habis dibagi \sin{A}, gak dapet tuh, gmana tuh Fachni???

Offline adisae

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 310
  • IQ: 8
Re: Perbandingan Sisi
« Jawab #3 pada: September 30, 2010, 12:58:28 AM »
Cuma mau nambahain aja..
moga2 ga salah ;)

dalam segitiga perbandingan sisinya sebanding dengan perbandingan sinus sudut yang menghadap ke sisi tersebut..

AB :  BC : AC =  sin C : sin A : sin B

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
Re: Perbandingan Sisi
« Jawab #4 pada: Februari 04, 2011, 01:48:34 PM »
\frac{AB}{BC}=\frac{\sin{C}}{\sin{A}}=\frac{\sin{3A}}{\sin{A}}
Aku lupa rumus \sin{3A}, coba dijabarkan
\sin{3A}=\sin{2A+A}=\sin{2A}\cos{A}+\cos{2A}\sin{A}
<=>2\sin{A}\cos^2A+(1-2\sin^2A)\sin{A}
<=>2\sin{A}-2\sin^3A+\sin{A}-2sin^3A
<=>3\sin{A}-4\sin^3A
Habis dibagi \sin{A}, gak dapet tuh, gmana tuh Fachni???

hasilnya sin 180 / sin 60 = 0 :'( :'(
« Edit Terakhir: Februari 04, 2011, 02:39:56 PM oleh 12 »
#12

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
Re: Perbandingan Sisi
« Jawab #5 pada: Februari 04, 2011, 03:52:53 PM »
saya udah itung ulang, ternyata \frac{3\sin{A}-4\sin^3A}{\sin{A}} gak sama dengan 3-4\sin^2A

jadi, jawabannya \frac{AB}{BC}=\frac{3\sin{A}-4\sin^3A}{\sin{A}}

Offline taz

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 17
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
Re: Perbandingan Sisi
« Jawab #6 pada: Februari 19, 2011, 06:36:30 PM »
saya udah itung ulang, ternyata \frac{3\sin{A}-4\sin^3A}{\sin{A}} gak sama dengan 3-4\sin^2A

jadi, jawabannya \frac{AB}{BC}=\frac{3\sin{A}-4\sin^3A}{\sin{A}}


\frac{3\sin{A}-4\sin^3A}{\sin{A}} kok gak sama dengan 3-4\sin^2A ya??

Offline adisae

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 310
  • IQ: 8
Re: Perbandingan Sisi
« Jawab #7 pada: Maret 11, 2011, 11:49:35 PM »
\frac{3\sin{A}-4\sin^3A}{\sin{A}} kok gak sama dengan 3-4\sin^2A ya??

harusnya sama persis gan..
salah itung kalii yang diatas (12)..
sebenarnya dicoret aja udah keliatan sama..tapi dah tak itung pake excel dah sama kok..
-0,879385242
« Edit Terakhir: Maret 11, 2011, 11:52:09 PM oleh adisae »

Fachni Rosyadi

  • Pengunjung
Re: Perbandingan Sisi
« Jawab #8 pada: Maret 30, 2011, 12:52:48 PM »
Kalo kita misalkan \angle A=30, maka \angle C=90.

\frac{AB}{BC}=\frac{\sin C}{\sin A}=\frac{\sin 90}{\sin 30}=2.

Gini boleh ga ya?

Offline adisae

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 310
  • IQ: 8
Re: Perbandingan Sisi
« Jawab #9 pada: April 19, 2011, 01:00:13 AM »
Kalo kita misalkan \angle A=30, maka \angle C=90.

\frac{AB}{BC}=\frac{\sin C}{\sin A}=\frac{\sin 90}{\sin 30}=2.

Gini boleh ga ya?

kok maka s? jadi bingung deh...

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Perbandingan Sisi
« Jawab #10 pada: April 22, 2011, 12:34:45 PM »
\frac{AB}{BC}=\frac{\sin{3C}}{\sin{A}}
Salah dong,
\frac{AB}{BC}=\frac{\sin{C}}{\sin{A}}=\frac{\sin{3A}}{\sin{A}}

Yup, saya memang salah...
Anu..itu jumlah sudut dalam segitiga kan 180 derajat, sampai yang bagaimana yaa, kita bisa membuat salah satu sudutnya 3 kali salah satu sudut yang lain?
Misalnya 150 derajat, sepertiganya 50, laa dua sudut ini kalau dijumlah sudah lewat dari 180, apalagi masih ada satu sudut lagi.

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
Re: Perbandingan Sisi
« Jawab #11 pada: Mei 23, 2011, 10:59:35 AM »
harusnya sama persis gan..
salah itung kalii yang diatas (12)..
sebenarnya dicoret aja udah keliatan sama..tapi dah tak itung pake excel dah sama kok..
-0,879385242

ya anda benar, saya salah disini:
.................
hasilnya sin 180 / sin 60 = 0

tidak ada segitiga yg sudutnya 60, 180 he,he

trims atas koreksinya :)
« Edit Terakhir: Mei 23, 2011, 11:17:48 AM oleh 12 »

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
4341 Dilihat
Tulisan terakhir November 08, 2008, 06:18:47 AM
oleh kuzhin
4 Jawaban
3430 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 15, 2010, 08:18:21 AM
oleh obik
31 Jawaban
19332 Dilihat
Tulisan terakhir April 06, 2011, 03:16:53 AM
oleh Pi-One
0 Jawaban
3269 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 09, 2015, 08:31:30 PM
oleh liransa88
0 Jawaban
1218 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 17, 2015, 09:50:24 PM
oleh liransa88