Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 28, 2022, 07:31:28 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139630
  • Total Topik: 10387
  • Online Today: 64
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 34
Total: 34

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???  (Dibaca 118926 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #15 pada: Maret 21, 2011, 10:39:03 PM »
sekadar info... Ada juga peraturan penghitungan dengan menggunakan Reverse Polish Notation... Penghitungan jenis ini mengutamakan operasi matematika mana dulu yang dilakukan...
dalam RPN, 1+2X3 bisa dijelaskan seperti gimana...
Kalau 1 ditambah 2 lalu hasilnya dikalikan 3, maka penulisannya seperti ini->1 2 + 3 X dan hasilnya akan jadi 9
kalau 1 ditambah dengan hasil perkalian 2 dengan 3 maka penulisannya seperti ini-> 1 2 3 X + dan hasilnya akan 7
Bingung?... saya juga hehehehe... Tapi penulisan seperti ini diklaim akan mempercepat proses penghitungan lo...

BSJS

(kalau mau nyoba kalkulatornya seperti apa, coba di http://www.alcula.com/calculators/rpn/ )
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #16 pada: Maret 21, 2011, 10:56:04 PM »
Apa itu?  ???
Ada tutorialnya nggak Bang, cara penulisannya gimana?  ???
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #17 pada: Maret 21, 2011, 11:29:08 PM »
Saya juga masih bingung boss

tapi mbah wiki bilang gini:
Kutip dari: wikipedia
In Reverse Polish notation the operators follow their operands; for instance, to add three and four, one would write "3 4 +" rather than "3 + 4". If there are multiple operations, the operator is given immediately after its second operand; so the expression written "3 − 4 + 5" in conventional infix notation would be written "3 4 − 5 +" in RPN: first subtract 4 from 3, then add 5 to that. An advantage of RPN is that it obviates the need for parentheses that are required by infix. While "3 − 4 * 5" can also be written "3 − (4 * 5)", that means something quite different from "(3 − 4) * 5". In postfix, the former would be written "3 4 5 * −", which unambiguously means "3 (4 5 *) −" which reduces to "3 20 −"; the latter would be written "3 4 - 5 *", which unambiguously means "(3 4 -) 5 *".

Interpreters of Reverse Polish notation are often stack-based; that is, operands are pushed onto a stack, and when an operation is performed, its operands are popped from a stack and its result pushed back on. So the value of postfix expression is on the top of the stack. Stacks, and therefore RPN, have the advantage of being easy to implement and very fast.

Despite the name, reverse Polish notation is not exactly the reverse of Polish notation, for the operands of non-commutative operations are still written in the conventional order (e.g. "/ 6 3" in Polish notation and "6 3 /" in reverse Polish both evaluating to 2, whereas "3 6 /" in reverse Polish notation would evaluate to 0.5).

Oiya, kalo gak salah RPN bukan untuk ditulis kok, tapi dipake di kalkulator khusus...
tutorialnya ada di:
http://xout.free.fr/rpne/tutor/tut-a.html
« Edit Terakhir: Maret 21, 2011, 11:36:00 PM oleh topazo »

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #18 pada: Maret 22, 2011, 07:45:40 AM »
Hmmm.... Kenapa nggak pake' parentheses (tanda kurung) aja ya? Sekarang kan banyak kalkulator scientific yg kompatibel buat ngitung dalam tanda kurung...  ???

Offline xabie

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #19 pada: Maret 27, 2011, 01:48:06 PM »
1+2X3=2X3+1=1+3X2=3X2+1

1+2a <> (1+2)a  ---- a=3

Offline hazpol

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #20 pada: April 28, 2011, 07:44:50 AM »
emmm ada bukti yg kongkrit ga?? misalnya dari para ilmuan matematika?? klo dari buku2 pelajaran kadang2 salah cetak dan akan membuat kita salah perngertian.

Fachni Rosyadi

  • Pengunjung
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #21 pada: Mei 07, 2011, 11:06:42 AM »
Yang benar adalah 1+2\times 3=7, bukan 9. Coba perhatikan operasi aljabar berikut.

1+xy\neq (1+x)y

1+xy=xy+1

Kalau dihitung pakai kalkulator perdagangan, memang hasilnya 9. Tapi kalau dihitung pakai kalkulator scientific, hasilnya tetap 7. Mungkin guru itu membuktikan perhitungannya pakai kalkulator perdagangan.  :D

Operasi perkalian dan pembagian dioperasikan terlebih dahulu daripada penjumlahan dan pengurangan. (Konsep yang udah diajari sejak SD dulu  ;D. Jadi keinget waktu SD dulu  ;D )
« Edit Terakhir: Mei 07, 2011, 11:08:39 AM oleh Fachni Rosyadi »

Offline cleo

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 83
  • IQ: 5
  • Gender: Wanita
  • Putri Rahagi
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #22 pada: Mei 07, 2011, 01:46:58 PM »
gampang aja, biar nggak pusing, ada ingetannya: KALIBATAKU itu urutan yang dikerjain duluan...

waktu SD gue disuruh ngapalin itu: KALI, BAgi, TAmbah, KUrang...

jadi setuju sama yang diatas, jawabannya 7.

Offline masipin

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #23 pada: Mei 11, 2011, 12:53:33 AM »
matematika sebebarnya berawal dari kesepakatan yang dikembangkan menurut kelogisan yang dipakai.
mngkin guru itu mempunyai kesepakatan tersendiri (yaitu hanya dengan dirinya sendiri) dan nilai logis yang berbeda (orang lain akan menganggap orang ini tidak logis) dengan kebanyakan orang lainnya.

Offline SUJITECH

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #24 pada: Juli 04, 2011, 03:48:26 AM »
ikut tan ya
1+2x3=7 memang benar.
misalkan 3 adalah x maka :
1+2x=7
2x=6
x=3-----> terbukti


sedangkan kalu 1+2x3=9, maka:

1+2x=9
2x=8
x=4--------> jelas salah bukan, karena seharusnya haraga x=3.


Offline adrian_ap

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 1
Re: 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #25 pada: Agustus 21, 2011, 06:03:59 PM »
waduh, dosen ada-ada ajanih, dosen kaka saya juga nyuruh ngebuktiin kalo 1+1 tidak sama dengan dua. ckckck ;D

hehe tergantung bilangannya basis berapa dulu

kalau basis 2, 1+1=0 :p

Offline Scid

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #26 pada: Mei 10, 2013, 06:11:06 AM »
semoga ada balasan...

tapi kenapa subtitusi dan substraction tidak berlaku pada kasus 30+30x0+1=31  prof??

atau ane yang salah hitung ya ;D

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
Re:1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #27 pada: Mei 11, 2013, 01:44:16 PM »
hehe tergantung bilangannya basis berapa dulu

kalau basis 2, 1+1=0 :p
dalam basis dua, 1+1=10
once we have eternity, everything else can wait

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
Re:1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #28 pada: Mei 11, 2013, 01:45:00 PM »
semoga ada balasan...

tapi kenapa subtitusi dan substraction tidak berlaku pada kasus 30+30x0+1=31  prof??

atau ane yang salah hitung ya ;D
Bisa ditunjukkan hitungannya?

Offline marista434

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???
« Jawab #29 pada: Mei 13, 2013, 01:33:19 AM »
1+2x3=...
1+6=7
klo yg 1+30x0+30=...
1+o+30=31...

perkalian di utamakan dr penjumlahan, jadi yang perkalian di hitung lebih dulu

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
12 Jawaban
14206 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2016, 03:07:29 PM
oleh Monox D. I-Fly
34 Jawaban
20641 Dilihat
Tulisan terakhir September 08, 2016, 11:24:03 AM
oleh Monox D. I-Fly
105 Jawaban
50054 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2011, 02:27:00 PM
oleh daivadeva
mana yang benar?

Dimulai oleh 12 Fisika

8 Jawaban
8504 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 02, 2011, 09:40:18 AM
oleh Haryanto
4 Jawaban
6789 Dilihat
Tulisan terakhir November 04, 2014, 01:11:59 PM
oleh Monox D. I-Fly