Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 03, 2024, 07:25:09 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 40
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 1
Guests: 31
Total: 32

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

2 lingkaran yang beririsan

Dimulai oleh Gen-I-uSy, Mei 24, 2009, 03:06:27 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

nash

#15
aku jadi bngung ndiri, dari differensial jadi trigono gtu...
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Mtk Kerajaan Mataram



Luas segitiga PRS = \frac{1}{2}\cdot 4^2 \sin \alpha=RT.PT
                        ==> 8 \sin \alpha=(4-x)\sqrt{16-x^2}
                        ==> \alpha=\arcsin \frac{(4-x)}{8}\sqrt{16-x^2}

Luas juring PRS = \frac{\alpha}{2\pi}\pi \cdot 4^2 =8\alpha
Luas temberieng 1 (sebelah kanan) = 8(\alpha - \sin \alpha)

Nabih

Kutip dari: Mtk Kerajaan Mataram pada Mei 27, 2009, 12:36:15 PM


Luas segitiga PRS = \frac{1}{2}\cdot 4^2 \sin \alpha=RT.PT
                        ==> 8 \sin \alpha=(4-x)\sqrt{16-x^2}
                        ==> \alpha=\arcsin \frac{(4-x)}{8}\sqrt{16-x^2}

Luas juring PRS = \frac{\alpha}{2\pi}\pi \cdot 4^2 =8\alpha
Luas temberieng 1 (sebelah kanan) = 8(\alpha - \sin \alpha)
Nyari RSnya gimana???

nash

"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Mtk Kerajaan Mataram

Kutip dari: Mtk Kerajaan Mataram pada Mei 27, 2009, 12:36:15 PM

RALAT

PT= 4-x dan RT=\sqrt{16-(4-x)^2}

Luas segitiga PRS = \frac{1}{2}\cdot 4^2 \sin \alpha=PT.RT
                        ==> 8 \sin \alpha=(4-x)\sqrt{16-(4-x)^2}
                        ==> 8 \sin \alpha=(4-x)\sqrt{8x-x^2}
                        ==> \alpha=\arcsin \frac{(4-x)}{8}\sqrt{8x-x^2}

Luas juring PRS = \frac{\alpha}{2\pi}\pi \cdot 4^2 =8\alpha
Luas temberieng 1 (sebelah kanan) = 8(\alpha - \sin \alpha)
                                               = 8[\arcsin (\frac{(4-x)}{8}\sqrt{8x-x^2}) - \frac{(4-x)}{8}\sqrt{8x-x^2}]

Mtk Kerajaan Mataram

Keterangan :
Jika u = arcsin x maka \frac{du}{dx}=\frac{1}{\sqrt{1-x^2}}

Saudara @Gen-I-uSy kok gak muncul untuk ikut merembuk soalnya sendiri?

HyawehHoshikawa

om kalo' aq punya 1/2 lingkaran yang jari2nya 4 itu persamaannya apa yah?
 Y = 4sin(\frac{\pi x}{8}) bukan?
kalo' iya harusnya luasnya kan tinggal diintegral, tapi kok tidak sesuai yah???
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Sky

Walah... om Mataram, kayaknya ini bikin pusing banget, padahal cuman Kalkulus dasar.
Janga-jangan kurikulum di Kerajaan Mataram beda dengan Indonesia.

Itu luas tembereng dijumlahin terus diturunin, ya?

Mtk Kerajaan Mataram

Dapat dikatakan soal sulit dari kalkulus dasar karena dasar2nya menggunakan kalkulus dasar. Yang tidak dasar nanti kalau sudah menggunakan multivariabel, atau merambah kalkulus variabel kompleks atau sudah masuk analisa real dan kompleks.

Nabih

"Fungsi Peubah Kompleks"???

Kapan yaa aku ambil??

Bisa dapet A ga yaaa?