Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 17, 2024, 09:45:25 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 44
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 23
Total: 23

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

ASAH OTAK,,,

Dimulai oleh TOMY, Juni 21, 2011, 02:54:48 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

TOMY

 RUMUS APA YG KITA GUNAKAN UNTUK MEMECAHKAN TEKA- TEKI DALAM PEMOTONGAN KUE..., MEMANG TERLIHAT MUDAH,, TAPI SILAHKAN DICOBA,,, 8)   (EX. JIKA 1X POTONG MAKA KUE TERPOTONG 2, MAKA JIKA 100X POTONG MAKA KUE TERPOTONG MENJADI BERAPA????)

adi_ak46

kalau potongnya sama untuk setiap bagiannya, maka mungkin bisa menggunakan pola 2n dengan n adalah banyaknya potongan yang terjadi..
jika dibagi menjadi potongan2 yang jumlahnya tak terhingga, bisa menggunakan limit, dan hasilnya akan nol.. (palingan dapat serpihan2nya aja, bahkan parahnya hanya dapat debu atau partikel roti itu). heheh :kribo:

Muhammad Taufiqi

Jika 1 kali potong kue terpotong dua, pada saat setelah dipotong untuk yang pertama kali, maka agar menjadi 2 bagian lagi, hanya satu potongan kue yang dipotong lagi, sehingga menjadi 3 potong. (alasan: klo misalnya 2 bagian di potong secara bersamaan, itu kontradiksi dengan kalimat pertama di atas, karena 2 kue dipotong secara bersamaan, hasilnya adalah 4 kue. dengan kata lain 1 kali potong kue terpotong empat, begitu pun seterusnya). Jadi untuk n kali pemotongan, terdapat (n+1) kue. kalau 100 kali permotongan ya berarti 101 kue.
Theoritical Physics


[move]See The World in Different Ways[/move]

nandaz

masa sih begitu?
emang bener kalo kita buat satu kali potongan akan ada dua yang simetris(ada dua kue yang sama ukuran)
dua potongan juga bikin simetris(ada empat kue yang sama ukuran), tetapi pada potongan ke tiga, lima, enam  tidak lagi simetris...
sebetulnya yang bikin soal bermaksud menghubungkan potongan itu dengan pola diagonal bukan?
jadi potongan yang akan membagi ukuran kue simetris jika dilakukan potongan sebanyak
1,2,4,8,16,32,64,128
aku menyimpulkan bahwa potongan diagonal ke 100 tidak membuat kue simetris(potongan ke 50) karena ada ukuran kue yang lebih besar tentunya.
agar potongan simetris maka kita memotongnnya tidak dengan diagonal lagi tetapi dengan membagi sudutnya yang 360 derajat dengan 100, jadi ukuran kue yang terjadi sekitar 3,6 derajat dan itu tidak dilakukan dengan diagonal lagi....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Л-ngin_Л-ntar

kalau menurut saya,. banyaknya potongan kue tergantung bagaimana cara pemotongannya.
yang kita bisa tentukan hanyalah potongan kue terbanyak dan tersedikitnya.

1.potongan kue ter sedikit
untuk potongan kue yang paling sedikit sudah dijawab oleh saudara Muhammad Taufiqi, yaitu dengan cara setiap pemotongan baru tidak pernah memotong satupun garis potong sebelumnya. yang artinya pada setiap pemotongan baru hanya akan menambah satu potongan kue baru.
jadi setelah n kali pemotongan hanya akan menghasilkan n+1 potongan kue.

2. potongan kue terbanyak
untuk menghasilkan potongan kue terbanyak, caranya:
pada setiap pemotongan baru harus memotong semua garis potong sebelumnya di titik potong baru (bukan di titik potong dua garis potong sebelumnya). sehingga pada pemotongan ke n akan terbentuk n-1 titik potong baru dan menghasilkan n potongan kue baru.
jadi setelah pemotongan ke n akan menghasilkan 1 + (1+2+3+...+n) = 1+ n(n+1)/2 potongan kue.

jawaban diatas pun sudah mengansumsikan bahwa pemotongan kue berupa garis lurus. jika kita boleh membelokan pemotongannya maka akan terbentuk buanyak sekali potongan kue hanya dengan satu pemotongan saja. ;)

untuk saudara nandaz, kesimetrisan potongan kue tergantung dari bentuk kue juga lhoo,,, :)
[/justify][/justify]

Muhammad Taufiqi

nah itu dia yang saya bilang kontradiksi, soalnya, kalau satu pemotongan bisa menghasilkan banyak sekali potongan kue, itu kontradiksi dengan kalimat di soal, yang menyebutkan bahwa satu kali potong, maka kue terpotong dua. Saya rasa kalimat ini yang jadi pokok permasalahan.

Saudara Nandaz: Masak sih begitu??? Jawab: Iya, memang begitu.
Theoritical Physics


[move]See The World in Different Ways[/move]

designerix

ilmu cepat 100 x 2/100 = 2

Muhammad Taufiqi

Theoritical Physics


[move]See The World in Different Ways[/move]

nandaz

Kutip dari: Muhammad Taufiqi pada Juli 10, 2011, 05:12:31 AM

Saudara Nandaz: Masak sih begitu??? Jawab: Iya, memang begitu.

hmm...kurasa ide kita sejalan yah, cuma aku tidak terlalu memperhatikan post Mas Taufiki. kalo kita bagi sudutnya dengan 100 maka total potongan yang tidak diagonal itu adalah 101. memang kontradiksi dengan anggapan si penanya, potongan simetris bagai deret geometri
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Muhammad Taufiqi

Kutip dari: nandaz pada Juli 17, 2011, 08:45:44 PM
hmm...kurasa ide kita sejalan yah, cuma aku tidak terlalu memperhatikan post Mas Taufiki. kalo kita bagi sudutnya dengan 100 maka total potongan yang tidak diagonal itu adalah 101. memang kontradiksi dengan anggapan si penanya, potongan simetris bagai deret geometri

Saya juga sedang menunggu balasan dari penanya, kok belum muncul2 si penanyanya, seharusnya dia lebih tau dengan maksud soalnya.
Theoritical Physics


[move]See The World in Different Ways[/move]

Balya

tergantung motongnya juga si...
kalau pas kue pertma satu kali dipotong (jadi dua nih ceritanya kuenya) habis itu keduanya dipttog lagi,,
maka akan jadi,
\[n^{2}\]


kalau pas potongan pertama, jadi dua jga kan ceritanya tuh kuenya...
tapi potongan kedua cuma sebelah yang dipotong...
maka jumlah kuenya= n+1

dimana masing2 n adalah jumlah pemotongannya,,,
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Muhammad Taufiqi

n kuadrat? bukannya 2n ya..
Theoritical Physics


[move]See The World in Different Ways[/move]