Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 28, 2022, 02:01:02 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139630
  • Total Topik: 10387
  • Online Today: 64
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 35
Total: 35

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: ada yang tahu  (Dibaca 8343 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline herueff

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
ada yang tahu
« pada: Oktober 29, 2008, 10:22:16 AM »
ada yang bisa bantu buktikan persamaan matematika di bawah ini?

13+ 23 + 33 + … + n3 =(n (n+1))2
                                          2
« Edit Terakhir: Oktober 29, 2008, 10:23:55 AM oleh herueff »

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: ada yang tahu
« Jawab #1 pada: Oktober 29, 2008, 10:54:44 AM »
coba ya,...
rumus-rumus yang seperti itu diambil dari pola bilangan,.. bener nggak??
jadi nggak ada dasarnya,.. cuma penyekalaan aja,... tu menurutku,..
mungkin ada yang laen

Offline korewa

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 86
  • IQ: 19
Re: ada yang tahu
« Jawab #2 pada: Oktober 31, 2008, 10:38:46 AM »
pake induksi aja, uda belajar?

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: ada yang tahu
« Jawab #3 pada: November 07, 2008, 03:17:03 AM »
Misalkan benar untuk n=m
13+ 23 + 33 + … + m3 =\frac {(m(m+1))^2}{2} .................(*)

Kita mau tunjukkan untuk n=m+1 juga benar, yaitu
13+ 23 + 33 + … + m3+ (m+1)3 =\frac {((m+1)((m+1)+1))^2}{2}

Karena (*) maka
13+ 23 + 33 + … + m3+ (m+1)3 = \frac {(m(m+1))^2}{2} +(m+1)3
      = \frac {(m(m+1))^2+2(m+1)^3}{2}
      = \frac {(m+1)^2(m^2+2(m+1))}{2}
      = \frac {(m+1)^2((m^2+2m+1)+1)}{2}
      = \frac {(m+1)^2((m+1)^2+1)}{2}

Ooopss gimana ini kok gagal haha coba cek lagi soalnya....

karena =\frac {((m+1)((m+1)+1))^2}{2} tidak sama dengan \frac {(m+1)^2((m+1)^2+1)}{2}. ??????

Offline hendry_dext

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
Re: ada yang tahu
« Jawab #4 pada: November 07, 2008, 12:59:44 PM »
Itu pake teknik analog, cara teknik kumon biasa. Bahkan pangkat berpapun bisa dicari, tapi sulit, karena penjabarannya panjang.

Duh, maap gak bisa tulis latex di sini. Panjang banget...
Liad di blogkuw aja yahh..
http://hendrydext.blogspot.com/2008/10/mengenal-summations-dan-products_13.html

Offline aria turns

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: ada yang tahu
« Jawab #5 pada: November 11, 2008, 01:07:27 PM »
itu soal aja udah salah, coba kalian baca penjelasan saya di blog saya
http://ariaturns.wordpress.com/2008/11/10/soalnya-aja-udah-salah/
sory males nulis ulang..
oya saya newbie salam kenal

Offline dhera

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
Re: ada yang tahu
« Jawab #6 pada: November 12, 2008, 01:39:48 AM »
sOal Pa'an tuh? ???
ReSki

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • Berbagi pengetahuan bermanfaat
Re: ada yang tahu
« Jawab #7 pada: Desember 01, 2008, 10:32:53 PM »
sOal Pa'an tuh? ???

Ini nama nya soal induksi matematika, dipelajari kalo gak salah di kelas 3 IPA (kalo belom berubah lagi kurikulumnya  :D)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
7489 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 24, 2009, 01:19:50 AM
oleh ini_budi
3 Jawaban
5118 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 14, 2009, 09:47:45 AM
oleh utusan langit
5 Jawaban
5028 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 19, 2009, 08:12:20 AM
oleh fuady hanief
3 Jawaban
3568 Dilihat
Tulisan terakhir April 16, 2013, 01:38:50 AM
oleh topazo
17 Jawaban
11009 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 01, 2014, 10:41:11 AM
oleh Farabi