Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 23, 2022, 09:18:22 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 70
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 25
Total: 25

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Adu OtaK  (Dibaca 20107 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline dongker

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • this is 4 u
Adu OtaK
« pada: September 18, 2008, 05:52:36 AM »
mENGapa Ya..
kOq KaLo SUaTu bIlaNGAN dIBAgI nOl HasilNya tAk tErdeFINISIkaN..?

mENGaPA???


Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • Berbagi pengetahuan bermanfaat
Re: Adu OtaK
« Jawab #1 pada: September 18, 2008, 09:34:01 PM »
Karena angka nol itu bulet  ::) ::) ::) ;D ;D ;D

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Adu OtaK
« Jawab #2 pada: September 19, 2008, 12:48:30 PM »
bukan tak terdefinisikan, tapi tak terhingga,
0/0 baru tak terdefinisikan (boleh berapa aja)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Adu OtaK
« Jawab #3 pada: September 19, 2008, 09:46:34 PM »
0/0 baru tak terdefinisikan (boleh berapa aja)
Alasan tepat, karena tidak bersetuju dengan definisi fungsi (pemetaan) dimana harus setiap bentuk pecahan bernilai (berkawan) tunggal.
Matematikan berbahasa lewat kesepakatan.

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Adu OtaK
« Jawab #4 pada: September 22, 2008, 09:20:33 AM »
karena nol merupakan bilangan ajaib.....
diamana bilangan berapapun di kali nol hasilnya nol, dan jika bilangan bukan nol dibagi nol hasilnya tak hingga dan nol dibagi bilangan apapun hasilnya akan tak terdefinisikan....
kalau bener-bener mau ngitung pake limit

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Adu OtaK
« Jawab #5 pada: September 22, 2008, 08:40:10 PM »
dan jika bilangan bukan nol dibagi nol hasilnya tak hingga
Definisi dari mana ini yaa...weh..
Karena a/0 tak definisikan sedangkan takhingga kali 0=0
kalo a bukan nol lalu limx-->0 a/x=0...it's okay
dan nol dibagi bilangan apapun hasilnya akan tak terdefinisikan....
Ini kayaknya salah ketik deh..
kalau bener-bener mau ngitung pake limit
Kayaknya limit itu bukan alat hitung deh...tapi untuk mengetahui batasan nilai...
Ngobrol2 ringan asyik...

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Adu OtaK
« Jawab #6 pada: September 23, 2008, 03:53:53 AM »
Ikutan nimbrung ah  ;D
Kalo maniak komputer nyebutnya ini division by zero. Biasanya macet total tuh programnya.

Kembali ke masa-masa sd. Biasanya waktu sd kan diajarin misalnya 4:2 itu bisa diliat ada 4 kue mau dibagi (rata) ke 2 orang, hasilnya masing-masing dapet 2 kue. kalo ada 4 kue dibagi 1 orang, hasilnya orang itu dapet 4 kue. Gimana kalo ada 4 kue tapi ga ada orang (4:0)? Jelas ga ada jawaban yang memenuhi dong, bahkan tak hingga juga ga bisa memenuhi. Lah mau dibagi gimana, ga ada orangnya kok? Dari pengertian ini maka division by zero hasilnya tak terdefinisikan.

Terus kita mulai kenal sama kalkulus, dengan menggunakan limit kita dapatkan bahwa division by zero hasilnya adalah tak hingga.

Jadi, mana yang benar x/0 hasilnya tak hingga atau tak terdefinisikan?

Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
Re: Adu OtaK
« Jawab #7 pada: September 23, 2008, 11:56:28 AM »
mengapa bgTu??

mNurut saya,,kita mulai dulu dari perkalian.
sekarang bagaimana maksud dari 3X1??
pasti jawabanya adalah 1+1+1..
ya apa ya??;p

kalau 5X0,,brarti 0+0+0+0+0..dan hasilnya adalah 0..
ya pa ya??;p
(kayaknya gag penting deh)..hehe

sekarang kalau berbicara x/0 tak terdefinisikan,,gNi buktinya..
andai ada operasi bilangan 40/5=8,,maka
5*8=40..

nah,,sekrang jika 5/0=a..apakah 0*a=5??
seorang ahli matematika pasti akan menjawab "tidak"..
jadi mungkin karena itulah bilangan jika dibagi nol hasilnya tidak terdifinisikan.. ;D
read in the name of your Lord who created

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Adu OtaK
« Jawab #8 pada: September 23, 2008, 08:27:10 PM »
Jadi, mana yang benar x/0 hasilnya tak hingga atau tak terdefinisikan?
nah,,sekrang jika 5/0=a..apakah 0*a=5??
0 itu bukan pembagi, nalarnya misal sepotong gethuk dipotong-potong yang masing-masing sebesar 'tidak ada', maka ada berapa banyak potongan? Tentu saja tak kan pernah terpotong.
Sedangkan pengertian limit menuju nol adalah gethuk itu dipotong kecil-kecil sekali, semakin kecil potongannya maka semakin banyak, dan banyaknya ini dibatasi (=limited) oleh tak hingga.
Pembagian oleh 0 tak terdefinisikan karena memang tidak masuk akal membagi dengan 'tidak ada' bagian.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Adu OtaK
« Jawab #9 pada: September 23, 2008, 08:39:15 PM »
Setuju sama om mataram (panjang bener usernamenya, disingkat gpp ya ;D)
Jadi sepertinya sah mengatakan x/0 hasilnya tak terdefinisikan kalau pendekatannya dari aritmatika dasar.
Tetapi sebenernya lebih tepat mengatakan bahwa hasil dari x/0 adalah tak hingga. Ini bisa didapat dengan pemahaman limit.
Ingat, bilangan tak hingga sendiri bukan sebuah bilangan yang real lho.
Sedikit tentang sejarah limit, gw dah pernah post di sebelah dalam paradoks zeno.
« Edit Terakhir: September 23, 2008, 08:42:31 PM oleh reborn »

Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
Re: Adu OtaK
« Jawab #10 pada: September 24, 2008, 03:26:53 AM »
itu kan kalau meninjau pada limit..

sedangkan pengertian limit,,adalah batasan yang mendekati.
brarti dia nilainya tidak tepat pada angka yang disebutkan..

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Adu OtaK
« Jawab #11 pada: September 24, 2008, 10:46:30 PM »
Ingat, bilangan tak hingga sendiri bukan sebuah bilangan yang real lho.
Sedikit tentang sejarah limit, gw dah pernah post di sebelah dalam paradoks zeno.
Paradox Zeno permasalahannya pada cara pandang penyelesaian menghitung jarak yang ditempuh, terjadi pardox karena memandangnya si Achilles selalu menempuh sekian bagian dari jarak yang akan dia capai dalam waktu yang sama si Tortoise juga bergerak relatif seperti Achilles. Ini adalah penyelesaian kontinu. Hubungannya dengan limit, paradoks ini ikut andil dalam memunculkan ide baru dalam menghitung menentukan batasan.

sedangkan pengertian limit,,adalah batasan yang mendekati.
brarti dia nilainya tidak tepat pada angka yang disebutkan..
Tidak harus tidak tepat, kadang sama.

Offline yyh_y2h_abc

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Adu OtaK
« Jawab #12 pada: November 03, 2008, 04:46:46 AM »
gini nih, enaknya kembali ke definisi pembagian. Bila suatu bilangan a habis membagi bilangan b, maka terdapat bilangan c sehingga a*c=b. Bila didefinisikan 0 habis membagi bilangan real b, bilangan bulat c sehingga 0*a=b tidak dapat ditentukan, karena bilangan yang dikalikan dengan 0 selalu 0. oleh karena bialangan tersebut tidak dapat ditentukan, jadi bisa banyak solusi untuk pembagian oleh 0 atau hasil pembagian dengan 0 adalah t1dak terdifinisi(undefinite=tidak dapat ditentukan) 

Offline hendry_dext

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
Re: Adu OtaK
« Jawab #13 pada: November 07, 2008, 01:14:16 PM »
Setuju dengan yang di atas.. ^^

Misalkan
a = b/0
Maka dapat ditulis ulang bahwa
0* a = b
Jika nilai a =0, maka nilai b adalah 0.
Jika nilai a= 1, maka nilai b adalah 0 juga..
dan seterusnya.
Jadi, semua nilai jawab dari a akan menyebabkan nilai b menjadi 0.
Jadi, jika nilai b adalah 0, a akan memiliki banyak jawab, sehingga a tidak dapat didefinisikan.

Lalu, bagaimana jika nilai b tidak nol.? Artinya, sekarang a tidak memiliki nilai, karena semua nilai a tidak akan memenuhi semua kendala yang ada. Artinya, sama, yaitu a tidak dapat didefinisikan.

http://hendrydext.blogspot.com
« Edit Terakhir: November 07, 2008, 01:23:42 PM oleh hendry_dext »

Offline h4ry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 541
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Sweet
Re: Adu OtaK
« Jawab #14 pada: November 09, 2008, 01:01:05 AM »
^^a , , ,



The expression 0/0, which may be obtained in an attempt to determine the limit of an expression of the form f(x)/g(x) as a result of applying the lim operator independently to both operands of the fraction, is a so-called "indeterminate form". That does not simply mean that the limit sought is necessarily undefined; rather, it means that the limit of f(x)/g(x), if it exists, must be found by another method, such as l'Hôpital's rule.


gitu , , ,hahah  , ,, bingung  ??? ???
_Don't Be Affraid_

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
32 Jawaban
261727 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 30, 2016, 02:09:04 AM
oleh Monox D. I-Fly
19 Jawaban
13447 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 04, 2010, 04:07:19 PM
oleh Hendy wijaya, MD
3 Jawaban
5630 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 29, 2011, 10:07:51 AM
oleh muhsatrio
21 Jawaban
14242 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 14, 2011, 11:09:49 AM
oleh Farabi
11 Jawaban
8107 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 10, 2011, 02:10:00 AM
oleh Muhammad Taufiqi