Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Matematika => Topik dimulai oleh: Monox D. I-Fly pada Juni 29, 2010, 11:52:49 PM

Judul: Akar pangkat akar
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Juni 29, 2010, 11:52:49 PM
Sejak kuliah semester 3 ada satu hal yang mengganjal pikiranku, yaitu gimana cara menentukan hasil dari a^sqrt{b}

Contoh:
3^sqrt{2}

Ngitungnya gimana kalo' nggak baca tabel dulu?
Thanks.
Judul: Re: Akar pangkat akar
Ditulis oleh: nandaz pada Juni 30, 2010, 06:37:45 AM
..pake natural logaritm
Judul: Re: Akar pangkat akar
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Juni 30, 2010, 06:53:05 AM
Gimana caranya? Q pgn tau.
Judul: Re: Akar pangkat akar
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juni 30, 2010, 10:58:55 AM
bukannya itu juga masih pake tabel?
Judul: Re: Akar pangkat akar
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Juni 30, 2010, 10:41:54 PM
Iya ya? Terus gimana caranya ngitung itu pake' cara manual?
Judul: Re: Akar pangkat akar
Ditulis oleh: The Houw Liong pada Juli 01, 2010, 10:27:27 PM
Sejak kuliah semester 3 ada satu hal yang mengganjal pikiranku, yaitu gimana cara menentukan hasil dari a^sqrt{b}

Contoh:
3^sqrt{2}

Ngitungnya gimana kalo' nggak baca tabel dulu?
Thanks.

Pakai Wolfram Alpha saja : Masukkan 3^(2^0.5)
Hasilnya  4.7288


http://www.wolframalpha.com/input/?i=3^(2^0.5)

Judul: Re: Akar pangkat akar
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Juli 01, 2010, 11:22:39 PM
Tapi bukannya itu konsepnya (2^0.5) itu ntar dibikin kayak desimal? Berarti malah akarnya ntar bisa dianggap bilangan rasional dong?

Kalo' ngitungnya manual gimana caranya?
Judul: Re: Akar pangkat akar
Ditulis oleh: nandaz pada Juli 04, 2010, 11:47:30 AM
..ampun deh, Monox....
kupikir menanyakan differensialnya, ternyata penjabaran angkanya ya...jadi pendapatku tadi ngga bener...
kalo soalnya kayak gini baru pake In
 y=2^x    y' =..?  ;D
Judul: Re: Akar pangkat akar
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Juli 05, 2010, 07:24:37 AM
Iya, yg q maksud emg penjabaran angkanya...
Jadi, gimana ngitungnya? :-O
Judul: Re: Akar pangkat akar
Ditulis oleh: nandaz pada Juli 05, 2010, 07:28:23 AM
...kurasa cuman satu jawabannya, pake kalkulator!...kayak yang dibilang om HL.... ::)
Judul: Re: Akar pangkat akar
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Juli 05, 2010, 07:35:16 AM
Hmmm... Kayaknya percuma aja deh... Coba sekarang berapa nilai akar 2 pake' kalkulator?
Judul: Re:Akar pangkat akar
Ditulis oleh: Sandy_dkk pada Oktober 19, 2014, 10:55:20 AM
diskusi lama ni.

saya rasa tak ada cara lain kecuali dengan merasionalkan pangkatnya dalam bentuk pecahan yang nilainya mendekati, seberapa dekat dengan nilai sebenarnya tergantung ingin seteliti apa kita mendapatkan hasilnya.
lalu gunakan metode babilonia seperti yang pernah dibahas disini.