Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 26, 2022, 12:17:20 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,632
  • Total Topik: 10,389
  • Online today: 91
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 54
Total: 54

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Akar pangkat akar

Dimulai oleh Monox D. I-Fly, Juni 29, 2010, 08:52:49 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Monox D. I-Fly

Sejak kuliah semester 3 ada satu hal yang mengganjal pikiranku, yaitu gimana cara menentukan hasil dari a^sqrt{b}

Contoh:
3^sqrt{2}

Ngitungnya gimana kalo' nggak baca tabel dulu?
Thanks.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

nandaz

starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Monox D. I-Fly

Gimana caranya? Q pgn tau.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Takagi Fujimaru

bukannya itu juga masih pake tabel?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Monox D. I-Fly

Iya ya? Terus gimana caranya ngitung itu pake' cara manual?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

The Houw Liong

#5
Kutip dari: Monox D. I-Fly pada Juni 29, 2010, 08:52:49 AM
Sejak kuliah semester 3 ada satu hal yang mengganjal pikiranku, yaitu gimana cara menentukan hasil dari a^sqrt{b}

Contoh:
3^sqrt{2}

Ngitungnya gimana kalo' nggak baca tabel dulu?
Thanks.

Pakai Wolfram Alpha saja : Masukkan 3^(2^0.5)
Hasilnya  4.7288


[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]^(2^0.5)

HouwLiong

Monox D. I-Fly

Tapi bukannya itu konsepnya (2^0.5) itu ntar dibikin kayak desimal? Berarti malah akarnya ntar bisa dianggap bilangan rasional dong?

Kalo' ngitungnya manual gimana caranya?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

nandaz

#7
..ampun deh, Monox....
kupikir menanyakan differensialnya, ternyata penjabaran angkanya ya...jadi pendapatku tadi ngga bener...
kalo soalnya kayak gini baru pake In
y=2^x    y' =..?  ;D
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Monox D. I-Fly

Iya, yg q maksud emg penjabaran angkanya...
Jadi, gimana ngitungnya? :-O
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

nandaz

...kurasa cuman satu jawabannya, pake kalkulator!...kayak yang dibilang om HL.... ::)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Monox D. I-Fly

Hmmm... Kayaknya percuma aja deh... Coba sekarang berapa nilai akar 2 pake' kalkulator?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Sandy_dkk

diskusi lama ni.

saya rasa tak ada cara lain kecuali dengan merasionalkan pangkatnya dalam bentuk pecahan yang nilainya mendekati, seberapa dekat dengan nilai sebenarnya tergantung ingin seteliti apa kita mendapatkan hasilnya.
lalu gunakan metode babilonia seperti yang pernah dibahas disini.