Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 04, 2021, 07:50:30 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 38
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 18
Total: 18

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Akar pangkat akar  (Dibaca 9189 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Akar pangkat akar
« pada: Juni 29, 2010, 11:52:49 PM »
Sejak kuliah semester 3 ada satu hal yang mengganjal pikiranku, yaitu gimana cara menentukan hasil dari a^sqrt{b}

Contoh:
3^sqrt{2}

Ngitungnya gimana kalo' nggak baca tabel dulu?
Thanks.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Akar pangkat akar
« Jawab #1 pada: Juni 30, 2010, 06:37:45 AM »
..pake natural logaritm
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: Akar pangkat akar
« Jawab #2 pada: Juni 30, 2010, 06:53:05 AM »
Gimana caranya? Q pgn tau.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Akar pangkat akar
« Jawab #3 pada: Juni 30, 2010, 10:58:55 AM »
bukannya itu juga masih pake tabel?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: Akar pangkat akar
« Jawab #4 pada: Juni 30, 2010, 10:41:54 PM »
Iya ya? Terus gimana caranya ngitung itu pake' cara manual?

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Akar pangkat akar
« Jawab #5 pada: Juli 01, 2010, 10:27:27 PM »
Sejak kuliah semester 3 ada satu hal yang mengganjal pikiranku, yaitu gimana cara menentukan hasil dari a^sqrt{b}

Contoh:
3^sqrt{2}

Ngitungnya gimana kalo' nggak baca tabel dulu?
Thanks.

Pakai Wolfram Alpha saja : Masukkan 3^(2^0.5)
Hasilnya  4.7288


http://www.wolframalpha.com/input/?i=3^(2^0.5)

« Edit Terakhir: Juli 01, 2010, 10:32:06 PM oleh The Houw Liong »
HouwLiong

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: Akar pangkat akar
« Jawab #6 pada: Juli 01, 2010, 11:22:39 PM »
Tapi bukannya itu konsepnya (2^0.5) itu ntar dibikin kayak desimal? Berarti malah akarnya ntar bisa dianggap bilangan rasional dong?

Kalo' ngitungnya manual gimana caranya?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Akar pangkat akar
« Jawab #7 pada: Juli 04, 2010, 11:47:30 AM »
..ampun deh, Monox....
kupikir menanyakan differensialnya, ternyata penjabaran angkanya ya...jadi pendapatku tadi ngga bener...
kalo soalnya kayak gini baru pake In
 y=2^x    y' =..?  ;D
« Edit Terakhir: Juli 04, 2010, 12:05:35 PM oleh nandaz »

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: Akar pangkat akar
« Jawab #8 pada: Juli 05, 2010, 07:24:37 AM »
Iya, yg q maksud emg penjabaran angkanya...
Jadi, gimana ngitungnya? :-O

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Akar pangkat akar
« Jawab #9 pada: Juli 05, 2010, 07:28:23 AM »
...kurasa cuman satu jawabannya, pake kalkulator!...kayak yang dibilang om HL.... ::)

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: Akar pangkat akar
« Jawab #10 pada: Juli 05, 2010, 07:35:16 AM »
Hmmm... Kayaknya percuma aja deh... Coba sekarang berapa nilai akar 2 pake' kalkulator?

Offline Sandy_dkk

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 186
  • IQ: 12
  • bung.sandy@outlook.com
Re:Akar pangkat akar
« Jawab #11 pada: Oktober 19, 2014, 10:55:20 AM »
diskusi lama ni.

saya rasa tak ada cara lain kecuali dengan merasionalkan pangkatnya dalam bentuk pecahan yang nilainya mendekati, seberapa dekat dengan nilai sebenarnya tergantung ingin seteliti apa kita mendapatkan hasilnya.
lalu gunakan metode babilonia seperti yang pernah dibahas disini.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
13550 Dilihat
Tulisan terakhir April 21, 2009, 09:34:17 PM
oleh Mtk Kerajaan Mataram
3 Jawaban
8464 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 13, 2009, 04:26:22 PM
oleh ASC
4 Jawaban
4112 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 27, 2010, 12:38:33 AM
oleh aznelia
4 Jawaban
183362 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 05, 2016, 01:59:21 AM
oleh Monox D. I-Fly
3 Jawaban
5818 Dilihat
Tulisan terakhir November 08, 2011, 03:51:26 AM
oleh mhyworld