Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 28, 2022, 08:50:11 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139630
  • Total Topik: 10387
  • Online Today: 64
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 32
Total: 32

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?  (Dibaca 27815 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline adhityano

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 2
apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« pada: Maret 09, 2010, 09:21:14 AM »
sebenarnya ketiga jenis istilah itu sama ga sie???

trus bagaimana penjelasannya,n bilangan mana aj yg termasuk dalam jenis bilangan tersebut?

trus sebenernya, 0 dibagi 0 tu hasilnya brapa???

bagi yang bisa jelasin mohon bantuannya ya pren,,,,

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #1 pada: Maret 09, 2010, 10:07:21 AM »
Wa coba deh.. Mantan anak MTK.

Undefined sama dengan tak terdefinisi. B.Indo-B.Ing
Tak terhingga itu bilangan yang saking besarnya malas untuk kita bikin angkanya...
Trus 0 dibagi 0 sama dengan tak terdefinisi. Apapun dibagi nol sama dengan tak terdefinisi.
Jadi kalo adhityano dibagi nol tetep jawabannya tak terdefinisi.
OOT OOT OOT..!!!

Offline arydhamayanti

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 309
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
  • syubidubida!!
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #2 pada: Maret 09, 2010, 10:38:06 AM »
Wa coba deh.. Mantan anak MTK.

Undefined sama dengan tak terdefinisi. B.Indo-B.Ing
Tak terhingga itu bilangan yang saking besarnya malas untuk kita bikin angkanya...
Trus 0 dibagi 0 sama dengan tak terdefinisi. Apapun dibagi nol sama dengan tak terdefinisi.
Jadi kalo adhityano dibagi nol tetep jawabannya tak terdefinisi.

maaf, bilangan yang dibagi nol bukannya hasilnya tak terhingga ya?
jadi begitu yaa... hmm...

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #3 pada: Maret 09, 2010, 10:57:48 AM »
Apapun dibagi nol hasilnya tak terdefinisi.. Bukan tak terhingga.

Contohnya:
wa punya kue sebiji. Mau dibagi ke 5 orang. Berapa kue yang didapat tiap orang? satu dibagi 5 = seperlima.
Nah...
wa punya kue sebiji. Mau dibagi ke NOL orang. Berapa kue yang didapat NOL orang? Nah lho...

Offline arydhamayanti

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 309
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
  • syubidubida!!
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #4 pada: Maret 09, 2010, 11:45:36 AM »
eh, pembahasan tentang pembagian dengan nol udah pernah ada tritnya. ya, tak terhingga juga betul, tak terdefinisikan juga bener :D

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #5 pada: Maret 09, 2010, 12:05:09 PM »
Oya..? Gimana bisa tak terhingga..?

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #6 pada: Maret 09, 2010, 12:51:28 PM »
undifine = tak terdefenisi...
tak terdefenisi tidak sama dengan tak terhingga...

0/0 = tak terdefinisi...
kenapa?
0 / 0 = x
dimana x = tak terdefenisi...
x * 0 = 0
berapakah nilai x?
x = -n ... -1, 0, 1, ... n
jadi intinya kita gak bisa definisikan...boleh 1, 2, dst...

trus kalo tak hingga gmana?
misalnya = 1/3 = 0,3333333333333333333333333333.....sampai akhir jaman...
nah itu tak hingga...

kalo menurut aku sih gitu...;D
Be the sustainable learner, because life is learning...

Offline adhityano

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 2
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #7 pada: Maret 10, 2010, 02:36:33 AM »
berarti dengan definisi semacam itu kalo 0 itu bisa termasuk dalam bilangan tak terdefinisi juga ya?

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #8 pada: Maret 10, 2010, 09:08:46 AM »
Kalo gak salah pernah ada yang bahas kalo 0 itu emank bilangan yang tak terdefinisi..
Tanya sesepuh Matematika disini...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #9 pada: Maret 10, 2010, 11:07:22 AM »
Kalo gak salah pernah ada yang bahas kalo 0 itu emank bilangan yang tak terdefinisi..
Tanya sesepuh Matematika disini...
Beda lho..., dulu pernah menbahas yang seperti ini kok...
http://www.forumsains.com/matematika/klo-aksioma-tidak-terhingga-gmn/ (http://www.forumsains.com/matematika/klo-aksioma-tidak-terhingga-gmn/)
www.forumsains.com/matematika/nol
yang takterdefinisi itu 0/0 dan takhingga itu bisa saja mendekati nol, ingat mendekati nol dalam matematika dilambangkan "= lim"
Kutip
Coba pake penjelasan yang sederhana nih :

\frac {1}{1} = 1
\frac {1}{0.1} = 10
\frac {1}{0.01} = 100
\frac {1}{0.001} = 1000
\frac {1}{0.0000001} = 1000000
\frac {1}{0.0000000000001} = 1000000000000

dari situ kita tahu semakin kecil pembaginya, semakin besar hasilnya. Jadi suatu bilangan dibagi nol hasilnya tak hingga, artinya bilangan yang sangat besar.

\frac {1}{0} = \inft

Ada bedanya dengan tak terdefinisi. Misal pembagian nol dengan nol hasilnya tak terdefinisi, bukan tak hingga. Kenapa? Karena hasilnya memang bisa berapa saja, tidak terdefinisikan.

Kalo menurut gw tak hingga itu tak terdefinisi, tapi tak terdefinisi belum tentu tak hingga.
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 664
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #10 pada: Maret 13, 2010, 04:37:53 AM »
undifined = tak terdefinisi
tak terdefinisi adalah tak terdefinisi
bagaimana mendefinisikan sesuatu yang tak terdefinisi?

tak terhingga kan saking banyaknya biar lebih mudahnya disebut tak terhingga
seperti contoh di atas 1/3 = 0,333 sampai tak terhingga
sampe dunia penuh pun masih ada angka 3 di belakangnya
lbh mudah disebut tak terhingga
« Edit Terakhir: Maret 13, 2010, 04:40:54 AM oleh MonDay »

Offline arydhamayanti

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 309
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
  • syubidubida!!
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #11 pada: Maret 15, 2010, 11:46:50 AM »
setahu saya, bilangan tak terhingga itu maksudnya bilangan yang nilainya banyak sekali jadi gak dibikin khusus lambangnya seperti kata prof huriah. kalau 1/3 kan masih terhingga. iya gak sih?? bukannya kalau 1/3 = 0,333...dst biasanya dilambangkan ada garis diatas angka 333 itu? gimana cara ngetiknya ya?? bingung saya.. :P

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #12 pada: Maret 16, 2010, 03:23:11 AM »
kalo nilainya banyak itu namanya tak terdefenisi....
maksudnya tak terdefenisi nilainya bisa 1, 2, 3 , dst...banyak so gak bisa didefinikan berapa nilainya...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #13 pada: Maret 16, 2010, 05:38:43 AM »
..ngebaca postingan diatas aku dapat suatu ide yang aneh,
misalkan ada suatu bilangan(anggaplah bil asli) "a"
maka, \frac {a}{0} = \inft

nah kalo kita anggap \inft = c dan 0 = b
maka, \frac{a}{b} = c
 
coba ingat, dalam matematika berlaku sifat multikatif(kalo ngga salah kedua ruas dikali dengan bil yang sama) maka,
b X \frac{a}{b} = c X b
 nah b sebelah kiri habis, maka tersisalah a = cX b, bila dimasukkan bahwa a= 0soalnya semua bilangan berapapun bila dikali dengan 0 maka hasilnya akan nol pula...dari sana jelas bahwa nol menyatakan bukan tunggal melainkan suatu himpunan yang bernilai kosong...apa ada yang salah dengan teori ku?...maklum sama2 belajar ::)
« Edit Terakhir: Maret 16, 2010, 05:41:28 AM oleh nandaz »

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #14 pada: Maret 16, 2010, 06:05:07 AM »
Gak ngerti...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
39 Jawaban
24465 Dilihat
Tulisan terakhir November 20, 2009, 07:39:50 AM
oleh oyi
1 Jawaban
8070 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 13, 2010, 12:43:19 PM
oleh raisuien
232 Jawaban
104531 Dilihat
Tulisan terakhir September 15, 2011, 03:18:38 PM
oleh reborn
19 Jawaban
20804 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 04, 2010, 11:23:27 PM
oleh The Houw Liong
11 Jawaban
9433 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 05, 2014, 11:53:14 PM
oleh Monox D. I-Fly