Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 28, 2022, 09:00:10 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139630
  • Total Topik: 10387
  • Online Today: 64
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 28
Total: 28

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?  (Dibaca 27817 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #15 pada: Maret 16, 2010, 06:15:52 AM »
Gak ngerti...
intinya sih, 0(nol) bukan bilangan tunggal sehingga bisa dicoret dalam perkalian...karena itu dia termasukkan kedalam bil cacah...(eh, aku lumayan jago math ketika SMA loh)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline laZr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #16 pada: Maret 16, 2010, 07:41:53 AM »
..ngebaca postingan diatas aku dapat suatu ide yang aneh,
misalkan ada suatu bilangan(anggaplah bil asli) "a"
maka, \frac {a}{0} = \inft

nah kalo kita anggap \inft = c dan 0 = b
maka, \frac{a}{b} = c
 
coba ingat, dalam matematika berlaku sifat multikatif(kalo ngga salah kedua ruas dikali dengan bil yang sama) maka,
b X \frac{a}{b} = c X b
 nah b sebelah kiri habis, maka tersisalah a = cX b, bila dimasukkan bahwa a= 0soalnya semua bilangan berapapun bila dikali dengan 0 maka hasilnya akan nol pula...dari sana jelas bahwa nol menyatakan bukan tunggal melainkan suatu himpunan yang bernilai kosong...apa ada yang salah dengan teori ku?...maklum sama2 belajar ::)
pembagian dengan nol udah jelas langkah yang ilegal...
konsisten dengan yang anda tulis sebelumnya, pembagian dengan nol hanya bisa didekati, tidak memiliki nilai eksak...
dan \inft bukan sebuah bilangan, hanya menunjukkan kalau limit dari bilangan itu akan mengembang tanpa batas...

kalau diperhatikan, segala macam perhitungan dengan bentuk rasional \frac{a}{b} memberi syarat awal, bahwa b tidak boleh sama dengan nol...

teori yang anda ajukan kira-kira ekuivalen dengan pembuktian 1=2...
dulunya 'bledug' sekarang udah jadi laZr ya...

Keep Moving Forward!!

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #17 pada: Maret 16, 2010, 11:48:03 AM »

pembagian dengan nol udah jelas langkah yang ilegal...
konsisten dengan yang anda tulis sebelumnya, pembagian dengan nol hanya bisa didekati, tidak memiliki nilai eksak...
dan \inft bukan sebuah bilangan, hanya menunjukkan kalau limit dari bilangan itu akan mengembang tanpa batas...

kalau diperhatikan, segala macam perhitungan dengan bentuk rasional \frac{a}{b} memberi syarat awal, bahwa b tidak boleh sama dengan nol...

teori yang anda ajukan kira-kira ekuivalen dengan pembuktian 1=2...
...benar, aku juga bilang diatas bahwa pembagian seperti itu ngga benar, karena akan menghasilkan nilai \inft = 0, lagi pula aku mau menjelaskan ke pada yang lain bahwa dengan cara seperti itu nol bukanlah bilangan tunggal yang sama seperti himpunan bilangan asli.  nol adalah suatu bilangan yang ngga mungkin dapat di bagi secara multikatif dengan bil nol. misalkan bisa sama saja menganggap nilai nol sama dengan takhingga...itu cuman cara penjelasan sederhanaku akan nol...bukan bertujuan membuktikan bahwa cara diatas itu benar.

Offline laZr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #18 pada: Maret 19, 2010, 01:14:58 AM »
hmm?
kurang ngerti saya maksudnya...
karena sewaktu saya baca yang sebelumnya, saya nangkap maksudnya beda...
I think, I don't catch your point well, will you re-explain it to me?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #19 pada: Maret 20, 2010, 12:40:44 AM »
baiklah, akan aku coba dengan perumpamaan lain..ingat ini hanya permisallan apakah nilai nol berlaku mirip dengan angka2 lainnya.
berapakah nilai dari \frac~a0 bila mana a \not= 0 dan c adalah bil asli sembarang.
misalkan \frac~a0 = c . menurut sifat perkalian definisi nol, maka c \small{X} 0 = 0 , jadi tidak mungkin c \small{X} 0 = a , karena a \not= 0
kesimpulanku : a: 0 tidak didefinisikan (undefined), karena tidak ada satupun bilangan cacah, yang apabila dikali dengan nol akan menghasilkan bilangan cacah yang bukan 0

nah, bagaimana kasusnya untuk \frac~00 ?
misalkan  \frac~00= a, dan a bil cacah...
menurut definisi : a \small{X} 0 =0....bilangan a akan dipenuhi oleh semua bilangan cacah, karena setiap bil cacah, apabila dikalikan dengan 0 akan menghasilkan 0. jadi berarti bahwa hasil bagi 0 dengan 0 tidak tunggal, sedangkan hasil bagi dua bilangan harus tunggal.

maka, aku berkesimpulan, bahwa hasil bagi 0 dengan 0 (\frac~00) adalah tidak didefinisikan, karena hasilnya bukan merupakan hasil yang tunggal..

Offline Emily Wolfram

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #20 pada: Maret 21, 2010, 01:44:02 AM »
intinya kalau dari kata dan secara bahasa mah eta teh undefined( tidak terbatas, kitu weh, meuni rieeuuuutt)....
kalau susah banget jangan masuk ke teori ini itu
liat ke nyatanya
ya yang tadi udah dijelasin itu
1 kueh dibagi lima jadi seperlima
tapi kalau satu kueh dibagi orang yang ga ada?
(makan sendiri aja)

hahahahahahahaaha*error mode on, mau dibawa ke dokter saraf besok

kalau yang tak terhingga itu....kayak angka 2/3

kalau yang tak terbatas itu bilangan phi (beradasarkan Chudnovsky bersaudara kalau angkanya dibentangin setelah angka 14 itu panjangnya kalayk dari bumi ke bulan bulak-balik)
katanya...
baca ndiri aja , gunung PHI

tapi nggak tahu bener atau ggak, im newbie
kalau nggak salah (kalau nggak salah yah bener deh...^^)
everything possible, and believe in unbelievable

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #21 pada: Maret 21, 2010, 02:20:59 AM »
intinya kalau dari kata dan secara bahasa mah eta teh undefined( tidak terbatas, kitu weh, meuni rieeuuuutt)....
kalau susah banget jangan masuk ke teori ini itu
liat ke nyatanya
ya yang tadi udah dijelasin itu
1 kueh dibagi lima jadi seperlima
tapi kalau satu kueh dibagi orang yang ga ada?
(makan sendiri aja)

hahahahahahahaaha*error mode on, mau dibawa ke dokter saraf besok

kalau yang tak terhingga itu....kayak angka 2/3

kalau yang tak terbatas itu bilangan phi (beradasarkan Chudnovsky bersaudara kalau angkanya dibentangin setelah angka 14 itu panjangnya kalayk dari bumi ke bulan bulak-balik)
katanya...
baca ndiri aja , gunung PHI

tapi nggak tahu bener atau ggak, im newbie
kalau nggak salah (kalau nggak salah yah bener deh...^^)
mohon gunakan bahasa yang benar...

Offline given

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: apa sie bilangan undefined,tak terhingga,tak terdefinisi itu?
« Jawab #22 pada: Mei 12, 2010, 08:52:15 AM »
sebenenya 0/0 itu tak tentu karena..
coba kita analisis satu-satu..
seperti yang sudah di jelaskan ama pren qt di atas suatu bilangan jika dibagi nol maka hasilnya tdk terdefenisi . dan jika bilangan dibagi oleh nol maka hasilnya nol.. jelas hukum sains nol bagi nol hasilnya tak tentu..
bukan tidak terdefenisi atas tak hingga

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
39 Jawaban
24465 Dilihat
Tulisan terakhir November 20, 2009, 07:39:50 AM
oleh oyi
1 Jawaban
8070 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 13, 2010, 12:43:19 PM
oleh raisuien
232 Jawaban
104531 Dilihat
Tulisan terakhir September 15, 2011, 03:18:38 PM
oleh reborn
19 Jawaban
20804 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 04, 2010, 11:23:27 PM
oleh The Houw Liong
11 Jawaban
9433 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 05, 2014, 11:53:14 PM
oleh Monox D. I-Fly