Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 24, 2024, 04:54:47 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 148
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 1
Guests: 43
Total: 44

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Apakah ada hari esok?

Dimulai oleh reborn, Desember 02, 2006, 06:55:50 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

reborn

hehe... pernah kepikiran kan pasti? Atau biar lebih sederhana, seberapa yakin sih waktu bangun terus ngeliat matahari masih terbit?

crazygamer_131

Gw yakin ada karena gw sama sekali tidak melihat pertanda adanya hari kiamat.... :)

arie_ds

Aku pernah baca sebuah artikel ilmiah yang menjelaskan bahwa kemungkinan matahari terbit dari barat sangat mungkin. Penyebabnya... nah itu aku lupa, ntar cari referensinya dulu, udah lama banget....

Schrodinger

w ga yakin ada, karena kita ga akan pernah tw kpn hari kiamat tiba.. ya ga?
yg terpenting adalah selama napas lw masih berhembus....
selama lw masih bisa ngliat indahnya dunia.....
DO THE BEST THAT YOU CAN DO!!!

reborn

Waduh lupa, bisa dari berbagai sudut pandang ternyata jawabannya yahh... From math point of view dong ah, ini kan di forum math :)

arie_ds

Wakkkss... hari esok = math ? ???
Artikel ilmiah yang pernah aku baca bidangnya astronomy... gak nyambung ama math...

reborn

weleh... lom ada yang jawab juga nehh? Ada dong hubungannya sama math harusnya  ::)

bzbee

hmmm gue ga yakin tuh

karena dalam math ada yg namanya teori chaos

reborn

hubungannya sama teori chaos apaan?

bzbee

selama kita idup, kita ngeliat matahari terbit tiap pagi, namun berdasarkan teori chaos, segala sesuatu yg tadinya teratur dan telah berlangsung sudah sangat lama bisa tiba2 berubah drastis karena perubahan kecil

reborn

ho oh. Makanya seberapa yakin besok matahari masih terbit ???

bzbee


advisor

Pake peluang nehh. Matahari udah ada dan terbit tiap pagi selama X tahun (gw lupa berapa tepatnya)... nah, maksudnya kan berapa besar peluang bahwa besok matahari tidak muncul. Gitu bukan sih, jadi ragu lagi  ::) hehe...

insan sains

Agak membingungkan juga pertanyaannya yach...!!!  ??? ???

Tapi saya tertarik dengan teori Chaos dan teori Peluangnya.
Kutip dari: bzbee pada Desember 13, 2006, 02:22:53 AM
selama kita idup, kita ngeliat matahari terbit tiap pagi, namun berdasarkan teori chaos, segala sesuatu yg tadinya teratur dan telah berlangsung sudah sangat lama bisa tiba2 berubah drastis karena perubahan kecil

Kutip dari: bzbee pada Desember 13, 2006, 12:52:10 PM
pipti pipti de

Kalo kedua teori tersebut digabung. Bisa dong kalo saya bilang begini :
Pertama :
Kita gak punya kekuatan buat maksa matahari tetap terbit. Ya toh?

Kedua :
Walaupun matahari terbit, bisa jadi kita sudah ada di alam lain. Ya toh?
Gak sedetik pun tiap orang punya sertifikat bisa hidup detik selanjutnya.


Sekarang saya coba analogikan dengan teori peluang. Kalo sebuah mata uang dilempar satu kali, maka peluang munculnya sisi gambar adalah : 0.5 (yaitu 1/21). Kalo sebuah mata uang dilempar dua kali, maka peluang munculnya sisi gambar adalah : 0.25 (yaitu 1/22). Demikian seterusnya.

Jadi dengan asumsi rata-rata tidur 8 jam, maka peluang kita masih bisa melihat matahari terbit esok hari adalah :

1/2(8*3600)+1

atau sama dengan

1/228801 (1 dibagi dua pangkat dua puluh delapan ribu delapan ratus satu)

Wups... dan komputer 32 bit ku gak bisa menghitung aritmatika ini. Maksimal bilangan yang bisa terhitung adalah 1/21023 yang menghasilkan angka :

1.11253693 × 10-308.

Wow.. sebuah bilangan yang teramat kecil. Itu pun belum seberapanya dari peluang yang sebenarnya ingin kita hitung. Mungkin kalo coba dideskripsikan, sama dengan perbandingan galaksi Milky way dan kepala semut. Ya... kepala semut itulah peluang kita gak bisa melihat kembali matahari terbit dibanding besarnya galaksi yang diameternya 100.000 tahun cahaya yang terdiri dari 200-400 milyard bintang.

Nah, loh.. Jadi TIAP HARI ADALAH KEAJAIBAN BAGI KITA!!! OUR LIFE's IS A MIRACLE! Saya rasa ini senada dengan anjuran tiap agama agar selalu bersyukur ketika kita bangun dari tidur. Coz, kita baru saja terbebas dari peluang hidup yang hampir saja tidak mungkin bagi kita...!!

Haha... nyambung gak sih jawabannya...!!!!  ;D Saya bisa jadi orang gila kalo mikirin kayak ginian. (Atau apa sekarang memang sudah gila...!!!) ^_^  ;) Ikut pendapatnya Schrodinger aja deh.

Kutip dari: Schrodinger pada Desember 05, 2006, 08:21:54 AM
w ga yakin ada, karena kita ga akan pernah tw kpn hari kiamat tiba.. ya ga?
yg terpenting adalah selama napas lw masih berhembus....
selama lw masih bisa ngliat indahnya dunia.....
DO THE BEST THAT YOU CAN DO!!!
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

wonderfull wind

Wow..

kLo eman9 bener begitu ternyata peluang qta bertemu hari esok keciL b9t ya??

Tp aku jd bin9ung juga, ko 8 jamnya harus dikali 3600 siy (knapa harus diubah ke detik)??  ???  ???
maap ya blum conect, hehe  ;D  ;D
Akal itu mentri yang menasehati, hati itu adalah raja yang menentukan, harta itu adalah satu tamu yang akan pergi, dan kesenangan itu satu masa yang ditinggalkan. (anonim)