Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 18, 2021, 06:34:40 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139666
  • Total Topik: 10406
  • Online Today: 255
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 107
Total: 107

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: [ASK] penjumlahan desimal dan penjumlahan negatif  (Dibaca 4673 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline halloween

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
[ASK] penjumlahan desimal dan penjumlahan negatif
« pada: November 12, 2011, 02:41:40 PM »
malam all,saya mau tanya nih. mohon maaf sebelumnya karena ini adalah pertanyaan bodoh.
langsung aja : kalo 1 - 0.0035 = 0.9965 itu cara menjumlahkannya gimana ya? dan kalo -35 + 3 = -32 itu juga cara menjumlahkan dengan 'menggariskan seperti cara penmjumlahannya' gimana ya? maksud saya bukan 'kalo - ketemu + jadi -' tetapi dalam jumlahinnya. thx all :)

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: [ASK] penjumlahan desimal dan penjumlahan negatif
« Jawab #1 pada: November 12, 2011, 11:10:38 PM »
Logikanya pakai hutang saja. minus berarti anda berhutang. Misalkan -32+3, ini artinya anda hutang 32, dan dicicil 3, jadi masuk diakal kan? Memang dasarnya matematika itu pakai logika jual beli kok, bukan aljabar komplex yang bikin otak meledak ;D Itu mainan ahli matematik, sama kayak robot buat programmer, rumit.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline halloween

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
Re: [ASK] penjumlahan desimal dan penjumlahan negatif
« Jawab #2 pada: November 13, 2011, 09:53:27 AM »
@farabi : ohh jadi pakai logika aja ya,ga bias pake metode pergaris gitu.
oiya,jadi kalau 1 - 0.0035 = gimana menghitungya ya bro? hehe

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: [ASK] penjumlahan desimal dan penjumlahan negatif
« Jawab #3 pada: November 13, 2011, 06:06:24 PM »
Sama kan dulu basisnya. -0.0035 itu kan 10^-3 atau sepersepuluh seribu. Itu sama artinya dengan 10000-35. .10^-4. "^" artinya pangkat, minus artinya dibagi. Hasilnya kan 965.10^-4 tapi ini kan pangkat minus 4, artinya harus anda bagi 10000, berarti jawabannya adalah 0.9965
« Edit Terakhir: November 13, 2011, 06:10:29 PM oleh Farabi »

Offline ka.zen

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
Re: [ASK] penjumlahan desimal dan penjumlahan negatif
« Jawab #4 pada: November 15, 2011, 02:09:50 PM »
kadang memang kebanyakan orang pada pake cara hutang ya mas bro,,,???

maaf ni yah bukan maksud menggurui,,,
kalo ane untuk cari -35 + 3 = -32

Offline ka.zen

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
Re: [ASK] penjumlahan desimal dan penjumlahan negatif
« Jawab #5 pada: November 15, 2011, 02:16:29 PM »
kadang memang kebanyakan orang pada pake cara hutang ya mas bro,,,???

maaf ni yah bukan maksud menggurui,,,
kalo ane untuk cari -35 + 3 = -32

sori kepotong,,,
pake cara selisih (angka besar di kurang angka kecil)
35-3=32
trus lihat mana yg lebih banyak - apa yg +
trus taruh deh di depannya
-35+3=-32

nah kalo untuk
1-0,0035=
ane rubah dulu biar adil (1 nya di jadiin 1,0000)
nah ntar pas ngitung begini
1,0000
0,0035 _
0,9965

jadi sama kaya itungan pas di SD kan,,,
semoga bermanfaat

Offline halloween

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
Re:[ASK] penjumlahan desimal dan penjumlahan negatif
« Jawab #6 pada: Januari 09, 2012, 02:35:18 PM »
ohh iya saya ngerti sekarang.
terimakasih banyak ya kepada semua user yang terlibat :)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
12 Jawaban
11731 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 23, 2011, 01:14:32 AM
oleh Monox D. I-Fly
17 Jawaban
10494 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 21, 2009, 02:36:10 PM
oleh Mtk Kerajaan Mataram
8 Jawaban
7672 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 30, 2014, 12:22:26 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
3352 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 19, 2011, 11:00:08 AM
oleh mhyworld
6 Jawaban
3418 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 03, 2012, 08:20:55 AM
oleh mangkokooo