Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 05, 2024, 05:02:17 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 62
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 25
Total: 25

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

AwaL neh

Dimulai oleh qie_qie_cool, Agustus 10, 2008, 01:48:26 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

qie_qie_cool

sbLm nya maaf pak Admin....
Abiz.... jarang x on Neh....
He...he....
Mana aku juga Blom Punya tUlizan Lg
Huh.... :-\ ???
Payah yah aQ.... :'( :'(

Tp aQ senang x Lho....gabung disini....
abiz.... Br Q sadari ternyata matekatika itu benar-benar aSyik n Menarik Bgt yah....
hmmmm :) :)

Oh y.....btw2
Mank Pak Admin beneran Prof yah...
Wah.... hebat, masih Punya jadwal Bt Nguruzi Forum ini yah....
Huh... Keren..... :o :o

Kalo Bisa....
aQ minta tolong postingin Game2 matematika Gt Dunkzzz
yang Buanyak....
Nuat Smuana....
Tolong Bantu aQ yah.... :( :(
Pliz.... :( :(
Abiz aQ sekarang Lagi PPL (praktek Pengalangaman Lapangan)
Jadi ngajar gitu, jadi guru matematika di Sekolahan....
Nah, kebetulan aq dapat tugas Buat ngajar anaq KLs 3 SMA jurusan IPS Lagi....
Gila.... Bandelna ampun Deh... ngadapi Muridna...
sumpah....
abiz aQ....
aQ da Khabizan Game neh Buat Mereka...
Biasana Kalo dengan Game muridkan jadi lebih Tenang...

Untuk Semua, pliz.....
Bantu AQ yah.....

Tq SBLmma...... ;) ;)

insan sains

^_^ kekeke.. kenalan dulu ah...
*salam kenal yach.. qie_qie_cool

wah.. asyik nih jadi guru matematika...

Coba aja ubek-ubek di Olah Otak.. di situ banyak juga kok, game2 matematiknya..
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Mtk Kerajaan Mataram

Ini ide bagus biar gak tegang...yaa
Nih ada permainan waktu aku di smp...
Yaitu tebak angka gitu.
Sediakan kertas-kertas...
Untuk contoh mudah, misalkan kertasnya ada 4 :
Kertas pertama ditulisi angka-angka : 1,3,5,7,9,11,13,15
Kertas kedua ditulisi angka-angka : 2,3,6,7,10,11,14,15
Kertas ketiga ditulisi angka-angka : 4,5,6,7,12,13,14,15
Kertas keempat ditulisi angka-angka : 8,9,10,11,12,13,14,15

Minta salah satu muridnya untuk menyimpan sebuah angka yang pokoknya tidak lebih dari 15. Lalu tunjukin deh kertas itu satu per satu, minta dia untuk mengatakan "ada" kalau pas ada dan "tidak ada" kalau pas tidak ada. Dan tebakan angka yang benar merupakan jumlah angka-angka pertama dari kertas yang dijawab "ada". Baiklah contohnya, misalnya dia menyembunyikan angka 13, maka ada pada kertas pertama, ketiga dan keempat dan so 1+4+8=13...pokoknya seru seperti tukang sulap.

Atau misalnya 5 kertas dengan
Kertas pertama ditulisi angka-angka : 1,3,5,7,9,11,13,15,17,18,21,23,25,27,29,31
Kertas kedua ditulisi angka-angka : 2,3,6,7,10,11,14,15,18,19,22,23,26,27,30,31
Kertas ketiga ditulisi angka-angka : 4,5,6,7,12,13,14,15,20,21,22,23,28,29,30,31
Kertas keempat ditulisi angka-angka : 8,9,10,11,12,13,14,15,24,25,26,27,28,29,30,31
Kertas kelima ditulisi angka-angka : 16,17,18,19,20,21,22,23,24,25,26,27,28,29,30,31
Yang ini angka tebakannya batasannya sampai 31

Pokoknya kalau kertasnya ada sebanyak n, maka angka tebakannya paling besar 2n-1.
Mengenai cara pengisian angka pada kertas...silahkan pelajari sendiri keteraturannya.
Semoga cukup menarik.

reborn

@qie_qie_cool
Gw bukan profesor kok, itu hanya "mainan" yang berdasarkan jumlah posting (tulisan) di ForSa. Gelar ini juga masih dibahas, silahkan lihat di sini.

Game matematika contohnya seperti apa? Berarti harus disesuaikan dgn kurikulumnya dong, jadi game tertentu membantu siswa utk memahami topik bahasan tertentu. Atau sekedar game matematika aja sebagai selingan?
Di Olah Otak dan DIY mungkin ada yang menarik, kalo belum ya mudah-mudahan nanti ada yang bisa share lagi.

violin

Aku ada ni,,pernah dikasik guruku dulu...

1.  Suruh murid itu nulis angka terserah...
Misal : 1563

2. Abis itu suruh jumlahin
Misal : 1+5+6+3 = 15

3. Jumlahnya buat ngurangin bilangan yang pertama...
Misal :1563 - 15 = 1548

4. Abis itu suruh dia nutup salah satu angka(kecuali nol)
Misal : 1548 dia pilih angka 8 yang ditutup

5. Minta dia nyebutin angka yang tidak ditutup
Misal : 154

6. Kita bisa nebak angka yang dia tutup
Caranya : 1+5+4 = 10
Pilih angka kelipatan 9 yang terdekat yaitu 18
Truzzz... 18 -10 = 8

ketebak khan....




Melnick

wah.. iyah tuh ka violin.. aku juga pernah dikasih tau temenku..  ;D
seru lho, bikin orang lain jadi penasaran..  ;D
"Crystals are like people, it is the defects in them which tend to make them interesting!" -Colin Humphreys.

@melissaniken ;D

violin

Iya....

Tapi inget syaratnya si murid nggak boleh nutup angka 0.

Kalo lupa kasik syarat bisa gagal tu...

Melnick

iya.. kalo engga susah nebaknya.. kalo ga salah bisa jadi 9 ato 0 ya..  :D
"Crystals are like people, it is the defects in them which tend to make them interesting!" -Colin Humphreys.

@melissaniken ;D

crown

Wah..BaGus JuGa TebaKan Dari KAk VioLin  :)
Lumayan niey bisa buat ngerjain temen temen. ;D

ADa laGi yang punya Nggak?