Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 28, 2022, 08:00:29 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 33
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 17
Total: 17

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Dimensi ruang

Dimulai oleh superstring39, Januari 06, 2009, 10:53:34 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

superstring39

Dulu pernah belajar Aljabar Linear tentang dimensi ruang. kalo enggak salah secara gampang dimensi ruang ke-N adalah parameter yang saling tegak lurus. misalnya dalam koordinat kartesian sumbu x dan sumbu y saling tegak lurus satu sama lain jadi bisa dikatakan x dan y merupakan dimensi jadi ada dua dimensi, jika ada sumbu z yang saling tegak lurus dengan sumbu x dan y. gimana ya kalo dinyatakan dalam matriks yang saling tegak lurus kalo enggak salah jika di dot product hasilnya nol ya. nah sekarang gimana ngebayangin dimensi keempat katakanlah sumbu-p yang saling tegaklurus sumbu x, sumbu y dan sumbu z sekaligus???

mkukuh

sebelum tak jawab...
mo nanya dulu nich...
setahu superstrings apa definisi vektor dalam matematika?
o y..salam kenal

superstring39

waduh kalo ditanya definisi saya juga bingung tuh mungkin orang matematika bisa menjelaskan dengan lambang-lambang matematika gitu deh. saya cuma bisa menghitung dan menginterprestasikan persamaan yang sudah diaplikasikan. kalo dalam segi fisika vektor disefinisikan sebagai suatu yang memiliki besar dan arah.

yo.. salam kenal juga, welcom to board  ;)

HyawehHoshikawa

knapa harus dibayangin?
kliatanx superstring anak fisika yah?
kalo' gitu tau dong alam semesta ini takberbatas tapi berhingga? 4d
(ga usah dijelasin pasti dah paham dong...?)
kalo' soal maw ngebayangin si...em...
kayaknya itu ngga' bisa direalisasikan di alamx kita yang cuma 3d de?

salam kenal

oh ya,

misal a.b.c = d
tu b'arti d tegaklurus dengan (abc) yah; baru tau (maklum masi SMA)
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

HyawehHoshikawa

eh...
misal ada suatu partikel memiliki kecepatan "v1" bergerak ke arah sumbu x,y,ama z
abis itu ada partikel lain yang juga bergerak dengan v2 juga kesumbu, x,y dan z.

pertanyaannya:
apa disini waktu berperan sebagai sumbu, em...apa yah, dimensi keempatnya gitu?sehingga kemungkinan kedua partikel tersebut berada pada ruang dan waktu yang sama itu jadi lebih kecil gitu?

Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Mtk Kerajaan Mataram

Kutip dari: superstring39 pada Januari 06, 2009, 10:53:34 AM
Dulu pernah belajar Aljabar Linear tentang dimensi ruang. kalo enggak salah secara gampang dimensi ruang ke-N adalah parameter yang saling tegak lurus. misalnya dalam koordinat kartesian sumbu x dan sumbu y saling tegak lurus satu sama lain jadi bisa dikatakan x dan y merupakan dimensi jadi ada dua dimensi, jika ada sumbu z yang saling tegak lurus dengan sumbu x dan y. gimana ya kalo dinyatakan dalam matriks yang saling tegak lurus kalo enggak salah jika di dot product hasilnya nol ya. nah sekarang gimana ngebayangin dimensi keempat katakanlah sumbu-p yang saling tegaklurus sumbu x, sumbu y dan sumbu z sekaligus???

Mulai dari dimensi 4, ruang tidak bisa digambarkan, pendefinisian tegak lurus dan yang lain dengan cara memperluas dari yang dimensi rendah.

Kutip dari: HyawehHoshikawa pada Maret 29, 2009, 06:44:39 PM
eh...
misal ada suatu partikel memiliki kecepatan "v1" bergerak ke arah sumbu x,y,ama z
abis itu ada partikel lain yang juga bergerak dengan v2 juga kesumbu, x,y dan z.

Opo iki...? kontennya lebih banyak ke fisika. Pernyataan tersebut bisa diartikan salah dengan partikel bergerak sekaligus ke arah x, y, dan z, dan padahal ini tidak mungkin. Mungkin hanya untuk untuk partikel outer space-time, hehe.

Kutip dari: HyawehHoshikawa pada Maret 29, 2009, 06:44:39 PM
pertanyaannya:
apa disini waktu berperan sebagai sumbu, em...apa yah, dimensi keempatnya gitu?sehingga kemungkinan kedua partikel tersebut berada pada ruang dan waktu yang sama itu jadi lebih kecil gitu?

Ketakberhinggaan disini tidak mengenal lebih kecil.


Sky

Sumbu yang tegak lurus sumbu x y z???
Susah banget ngebayanginnya ;D
Tapi kita punya bukti g kalo dimensi 4 itu benar-benar ada?

The Houw Liong

#7
Ruang 4 dimensi tidak bisa dibayangkan. Matematika tidak memerlukan gambar, yang perlu ialah sifat matematiknya berlaku :

Perkalian skalar vektor satuan pada arah keempat sumbu berlaku:
Vi.Vj = 0 {untuk i=j} dan =1 {untuk i (tidak =) j} , i = 1,2,3,4 ; j =1,2,3,4

Demikian juga
volume = Int ( dx1.dx2.dx3.dx4)

dst
HouwLiong

muhmus88

Kutip dari: HyawehHoshikawa pada Maret 29, 2009, 06:44:39 PM
eh...
misal ada suatu partikel memiliki kecepatan "v1" bergerak ke arah sumbu x,y,ama z
abis itu ada partikel lain yang juga bergerak dengan v2 juga kesumbu, x,y dan z.

pertanyaannya:
apa disini waktu berperan sebagai sumbu, em...apa yah, dimensi keempatnya gitu?sehingga kemungkinan kedua partikel tersebut berada pada ruang dan waktu yang sama itu jadi lebih kecil gitu?


iya deh kayaknya mas superstrings39 nie nak fisika yang berlogika tinggi..
yang mengemukakan sesuatu dengan pembuktian secara ilmiah..
hehehehehehehehehehehe......

buktinya dia mencoba menghubungkan dimensi ruang dan waktu..dengan bukti2 secara ilmiah..

tapi kalo menurut saya ruang dan waktu selalu bersama tetapi berbeda..walaupun jadi satu tapi tidak bisa dileburkan..

ibaratnya kita membuat kopi..walaupun antara gula,kopi dan air udah jadi 1 tetapi kita tetap dapat memisahkan rasa gulanya, rasa kopinya, dan rasa airnya..

ya ga??
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.