Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 07, 2021, 01:13:36 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 26
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 22
Total: 22

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: angka nol  (Dibaca 14813 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline muhmus88

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 123
  • IQ: 18
Re: angka nol
« Jawab #15 pada: April 11, 2009, 11:08:54 AM »
kalo menurut saya sie 0 tu penting..

semua bahasa dalam komputer tu hanya 0 dan 1

jadi kalo ga da 0 ga bisa kita diskusi di dunia maya ini...

heheheheheheheeee....

tapi 0 disini bukan berarti kosong, melainkan sebuah nilai yng harganya 0..
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: angka nol
« Jawab #16 pada: April 11, 2009, 06:10:48 PM »
Mnurut saya juga, nol itu sangat penting mas :D.
Kalo dari silsilah sejarah yang saya ingat, nol itu dari India, diadaptasi orang Arab lalu dipakai sampai sekarang.
Karena sistem bilangan yang digunakan bangsa Eropa dulu kurang praktis. Dulu kan jamannya bangsa Romawi berjaya, sistem bilangan Romawi cukup merepotkan, contohnya nulis angka 6 dg VI dan 4 dg IV. Skarang kita nulis angka duapuluh tinggal menuliskan simbol 2 dan 0, kalo romawi XX. Jadi nol sangat penting untuk konsep digit. :D

Dulu juga ilmuwan Eropa dibikin pusing sama sistem bilangan Arab. Mereka pikir: "Buat apa memberi lambang untuk 'tidak ada'
kalo emang bilangannya sendiri ga ada ?
Tapi coba deh bayangin kalo g ada nol, operasi aritmatik menjadi sulit dikerjakan. Coba aja menjumlahkan atau mengalikan
bilangan pake angka romawi.  ;D

Setuju deh ama mas muhmus88, 0 bukan berarti kosong, tapi suatu nilai yang harganya 0

Offline anestesia

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 3
Re: angka nol
« Jawab #17 pada: April 12, 2009, 02:31:22 AM »
kalo enggak ada angka nol maka sangat sulit sekali menulis bilangan yang sangat besar misalnya sejuta, semilyar, satu triliun dlsb.

????????????????????  ???

Gapang banget kaleeeee!!! tinggal tulis aja 1 trilyun, 1 milyar, 1 juta...

Maaf, just kidding! :angel: :angel:

Angka nol? so penting banget! Selain karena (maaf ngutip jawaban orang), nol itu eksis, nol itu bwt nyatain bilangan dengan banyak puluhan, sebagai angka untuk menyatakan angka yang gak ada, buat  titik tengah garis bilangan...

And, aku lebih setuju kalau nol itu dianggap simbol dari angka yang gak ada dan titik temu garis diagonal vertikal pada diagram kartesius...

Fungsi plusnya dari ni angka buat unsur identitas penjumlahan ;D nemenin angka satu yang merupakan unsur identitas perkalian...

Moga ni jawaban guna, and gak menuh-menuhin tempat doang...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
14 Jawaban
18057 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 08, 2013, 10:40:42 AM
oleh Irfanmuhluster
Nol

Dimulai oleh Firzal Matematika

5 Jawaban
9174 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 06, 2009, 10:45:01 PM
oleh nash
Angka 0 (nol)

Dimulai oleh Alan adhityo « 1 2 » Matematika

22 Jawaban
18661 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 25, 2009, 01:14:15 AM
oleh oyi
22 Jawaban
24991 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 22, 2011, 12:00:20 PM
oleh Balya
5 Jawaban
9200 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 01, 2016, 11:50:03 PM
oleh Monox D. I-Fly