Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Matematika => Topik dimulai oleh: neo pada Desember 03, 2008, 01:10:48 AM

Judul: help me....
Ditulis oleh: neo pada Desember 03, 2008, 01:10:48 AM
toloongin dunk...
 f(x) = sin2x + cos x
 berapakah nilai maksimum dan minimumnya (jangan pake differential ea)?

da yang tau penyelesaian nya g? ??? ??? ???
Judul: Re: help me....
Ditulis oleh: superstring39 pada Desember 03, 2008, 04:38:08 AM
kalo enggak pake differensial ya buat grafik aja trus plot satu persatu  ::)
Judul: Re: help me....
Ditulis oleh: neo pada Desember 03, 2008, 11:53:57 AM
Da ide lain g?
Judul: Re: help me....
Ditulis oleh: superstring39 pada Desember 03, 2008, 09:31:21 PM
masukin ke program matlab or mapel truz analisis deh, tapi cara ini lebih susah (buat yang enggak tau  :P) or lebih gampang pake ms. excel  :kribo: or pake kalkulator yang ada grafiknya  ::)
setau gw sih kalo mau manual paling gampang ya pake differensial.  >:(
Judul: Re: help me....
Ditulis oleh: neo pada Desember 04, 2008, 12:14:03 AM
thanks bro... tapi ne mest diselesaikan dengan sifat2 trigonometri, w g punya app seperti yang lw bilang....
Judul: Re: help me....
Ditulis oleh: neo pada Desember 04, 2008, 12:18:35 AM
tyus tar diselesaikan dengan suprimum infimum ddeh kayak nya... ??? ??? ??? ??? ??? ??? pusing..................!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1
Judul: Re: help me....
Ditulis oleh: Mtk Kerajaan Mataram pada Desember 06, 2008, 05:11:57 AM
f(x) = sin2x + cos x
      = 1 + cos x - cos2x
      = 1 + (1 - cos x)cos x
f(x) akan maksimum jika (1 - cos x)cos x maksimum, begitu juga untuk minimum.
f(x) akan minimum untuk cos x = -1 {-1 =< cos x =< 1 }
f(x)min = 1 + (1 - (-1))(-1) = -1
f(x) akan maksimum untuk cos x = 1/2 (gunakan fungsi kuadrat dalam cos x)
f(x)maks = 1 + (1 - (1/2))(1/2) = 1+1/4

Silahkan cek lagi, kalau mungkin ada yang keliru, karena ini hanya saya grambyang (scanning).