Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 25, 2022, 05:11:23 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 64
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 35
Total: 35

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Kali ini Geometri analitik Ruang  (Dibaca 7567 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Kali ini Geometri analitik Ruang
« pada: Juli 05, 2010, 11:55:45 PM »
Gimana caranya:

1. Diketahui Titik P1(4,2,4) dan P2(8,5,10). Lukis paralelipipedum yang memiliki P1P2 sebagai diagonal dan memiliki tepi sejajar dengan sumbu. Tentukan panjang setiap sisinya, panjang P1P2, dan cosinus arah P1P2.

2. Bila dua garis diketahui bilangan arahnya a1 ,b1 , c1  dan a2 ,b2 , c2, maka rumus untuk menentukan sudut antara  dua garis tersebut adalah? Sekalian tolong sama pembuktiannya.


Tolong bantuin ya... Thanks...
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Kali ini Geometri analitik Ruang
« Jawab #1 pada: Juli 09, 2010, 06:49:07 AM »
bukannya
U.B = |U||B| Cos(\alpha)
ketemu deh nilai cosnya, terus tinggal di arccos kan?

soal nomer 1 apa itu?? parallelpipedum...ra tau krungu...
« Edit Terakhir: Juli 09, 2010, 06:56:26 AM oleh HyawehHoshikawa »
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Kali ini Geometri analitik Ruang
« Jawab #2 pada: Mei 31, 2014, 01:45:16 AM »
Kalau dari namanya, parallelpipedum mestinya ada hubungannya sama kesejajaran *youdon'tsay*.

Offline Sandy_dkk

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 186
  • IQ: 12
  • bung.sandy@outlook.com
Re:Kali ini Geometri analitik Ruang
« Jawab #3 pada: Juni 01, 2014, 12:20:51 AM »
parallel-epipedum tu bangun ruang yang memiliki 6 bidang sisi, dan sisi2 yang berhadapan sejajar dan sebangun, kubus dan balok termasuk di dalamnya, hanya saja penyebutan parallel-epipedum biasanya hanya khusus untuk prisma 6 sisi selain kubus dan balok.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Kali ini Geometri analitik Ruang
« Jawab #4 pada: Juni 01, 2014, 01:35:38 AM »
parallel-epipedum tu bangun ruang yang memiliki 6 bidang sisi, dan sisi2 yang berhadapan sejajar dan sebangun, kubus dan balok termasuk di dalamnya, hanya saja penyebutan parallel-epipedum biasanya hanya khusus untuk prisma 6 sisi selain kubus dan balok.

Satu-satunya kemungkinan yang bisa kubayangkan cuma prisma belah ketupat.

Offline Sandy_dkk

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 186
  • IQ: 12
  • bung.sandy@outlook.com
Re:Kali ini Geometri analitik Ruang
« Jawab #5 pada: Juni 01, 2014, 04:44:14 AM »
Satu-satunya kemungkinan yang bisa kubayangkan cuma prisma belah ketupat.

definisinya, parallelepipedum adalah prisma jajargenjang. mendengar kata "jajargenjang" maka biasanya kesan yang muncul adalah bangun 2 dimensi 4 sisi yang tidak memiliki sudut siku2 (termasuk belah ketupat), padahal bangun 2 dimensi 4 sisi yang lain seperti bujursangkar dan persegi panjang juga merupakan jajargenjang. bangun 2 dimensi 4 sisi yang bukan merupakan jajargenjang adalah trapesium dan segi 4 sembarang, sehingga prisma dari trapesium dan segi 4 sembarang pun bukan parallelepipedum.

btw yang bisa kebayang kok cuma trapesium belah ketupat kang? membayangkan tentang parallelepipedum saja atau sudah membayangkan hubungannya dengan soal no.1?

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Kali ini Geometri analitik Ruang
« Jawab #6 pada: Juni 04, 2014, 01:12:26 AM »
btw yang bisa kebayang kok cuma trapesium belah ketupat kang? membayangkan tentang parallelepipedum saja atau sudah membayangkan hubungannya dengan soal no.1?

Karena ini:
parallel-epipedum tu bangun ruang yang memiliki 6 bidang sisi, dan sisi2 yang berhadapan sejajar dan sebangun, kubus dan balok termasuk di dalamnya, hanya saja penyebutan parallel-epipedum biasanya hanya khusus untuk prisma 6 sisi selain kubus dan balok.

Dan aku nggak nyadar kalau sisi2 yang berhadapan sejajar dan sebangun itu keempatnya nggak harus sama besar alias cukup sepasang-sepasang.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
11152 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 06, 2009, 12:17:21 PM
oleh Mtk Kerajaan Mataram
3 Jawaban
3374 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2010, 02:17:27 PM
oleh Sky
4 Jawaban
15671 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 03, 2016, 01:19:48 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
5064 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 28, 2011, 12:56:03 PM
oleh Mtk Kerajaan Mataram
2 Jawaban
1507 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 27, 2015, 08:01:04 AM
oleh rahma376_