Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 25, 2021, 12:45:58 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 65
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 66
Total: 66

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Manfaat Matematika  (Dibaca 212300 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline chanurs

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 2
Manfaat Matematika
« pada: April 21, 2009, 01:18:11 AM »
matematika pasti banyak manfaatnya !
pasti bukan hanya tuk bisa jawab soal-soal UAN khan ? ;D
kawan2 bisa bantu nambah,nggak ? ::)

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: Manfaat Matematika
« Jawab #1 pada: April 21, 2009, 04:28:11 AM »
bagi gw, manfaat mtk yg bisa trasa scr lngsung oleh manusia tuh cuma sdkit,
tp manfaat scr tak lngsung lbih sbg alat bntu analisis problem2 fisika,

guru mtk gw d SMA bilang kalo mtk tu adlh plajaran ktrampilan brphkir.
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Offline omben

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
Re: Manfaat Matematika
« Jawab #2 pada: April 28, 2009, 04:12:29 AM »
Kalau boleh Nambahin matematika itu adalah salah satu pelajaran terpenting yang harus di kuasai oleh setiap individu manusia yang ingin sukses karena, dalam matematika kita di minta untuk menyelesaikan masalah dengan benar. sekaligus kita juga di berikan kebebasan untuk menjawab dengan berbagai cara asalkan jawabanya benar dan dengan cara yang benar maka jawaban itu dapat di benarkan. Nah bila kita kaitkan dengan kehidupan sehari-hari maka. maka matematika dapat mengambarkan penomena itu. sebagai contoh dalam kehidupan setiap manusia ingin menjadi kaya. untuk dapat menjadi kaya manusia dapat melakukan hal apa saja. bila cara yang di ambilnya benar maka hasil kekayaannya dapat di benarkan, tetapi bila hasik kekayaannya tidak di dapat dengan cara yang benar maka kekayaan tersebut tidak dapat di benarkan. kalau dalam istilah matematika tidak dapat di jelaskan dengan benar, kaya para koruptor di indonesia, mereka tidak dapat menjelaskan hasil kekayaannya dengan benar. masa cuma jadi pejabat daerah yang gajinya tidak jurang dari 10 jt bisa punya ini dan punya itu, kita sudah dapat pastikan orang semacam ini pastinya ilmu matematikanya rendah.
jadi kesimpulanya adalah jika setiap orang jago pelajaran matematikan maka dia akan menjadi orang yang jujur.
semoga kita dapat mejadi orang yang jujur dan sukses amin . :) :) :) :)

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Manfaat Matematika
« Jawab #3 pada: April 28, 2009, 06:42:58 PM »
setujuu..matematika itu kayaknya kebanyakan manfaatna untuk berpikir secara logis,
bedanya dengan fisika,kalo' di mtk itu modal persamaan yang kita miliki itu sedikit,
dalam hal ini misalnya pada persamaan trigonometri, seringkali dengan persamaan yang sedikit itu kita diminta untuk menyelesaikan persamaan yang kalo' arahnya salah aja, kita harus pake' kalkulator,
misal
 sin(a)+cos(a)= \frac {1}{3}
coba itu, kita bisa mengabaikan berapa besar sudutnya,dan langsung menuju jawaban.
tapi kalo' kita maw nyari sudutnya dulu juga bisa...cuma' lamaaaaaaa banget
kalo' di fisika kita cuman diminta menganalisis soal, menentukan persamaannya(maw nyari apanya aja dulu insyaAl**h tanpa kalkulator masih bisa), dan terakhir menyelesaikannya tentunya...(walopun kadang-kadang cuma diminta mencari persamaannya)

note:at least di SMA begitu^^

ah...ngomongin soal jujur jadi inget kmaren pas unas banyak banget deh yang dapet bocoran soal...kok bisa yah-_-
"me?excluded."

« Edit Terakhir: April 28, 2009, 06:45:01 PM oleh HyawehHoshikawa »
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Manfaat Matematika
« Jawab #4 pada: April 28, 2009, 09:48:56 PM »
jadi kesimpulanya adalah jika setiap orang jago pelajaran matematikan maka dia akan menjadi orang yang jujur.
semoga kita dapat mejadi orang yang jujur dan sukses amin . :) :) :) :)
kalo koruptornya jago matematika, keknya justru lebih gmpang buat dia ngibulin orang lain dengan kepandaiannya itu :P


Offline humaam dz.

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 128
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
Re: Manfaat Matematika
« Jawab #5 pada: Mei 09, 2009, 06:13:45 AM »
matematika adalah permainan logika.
semakin kita ahli dalam matematika.
semakin terasah logika kita. yang artinya semakin tajam kemampuan analisis dan berpikir kita.
dan itu sangat bermanfaat sekali.
akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Manfaat Matematika
« Jawab #6 pada: Mei 09, 2009, 07:54:22 AM »
Ada yang udah baca novel NUMB3R? Atau filmnya?
Disitu diterangin bahwa matematik bisa mecahin kasus-kasus kriminal.
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline humaam dz.

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 128
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
Re: Manfaat Matematika
« Jawab #7 pada: Mei 13, 2009, 12:02:15 PM »
blom tuh...

kasus kriminal pake matematika?

pake logikanya apa itung-itungannya?

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: Manfaat Matematika
« Jawab #8 pada: Mei 13, 2009, 12:57:45 PM »
oh, numb3r,
pernah denger tapi ga pernah nonton.

lagian kan belum masuk indonesia... (atau jgn2 ga bakal masuk indo?)

Offline humaam dz.

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 128
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
Re: Manfaat Matematika
« Jawab #9 pada: Mei 14, 2009, 02:05:16 AM »
wah..

tuh belum masuk indonesia ?

apa ada filmnya juga?

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Manfaat Matematika
« Jawab #10 pada: Mei 14, 2009, 03:54:09 AM »
Emang gak pernah masuk Indonesia (dan mungkin, emang gak bakalan masuk) hehehe  ;D

Tapi kan internet bisa membuat kita bukan berada di Indonesia... kekeke  ;)



Itu cover novelnya. Saya punya sih, ebooknya. Nanti deh kapan-kapan diulas di thread "Biografi dan Buku"

Oia... kalo masih penasaran pengen nonton serial TV-nya, klik aja link ini :

NUMB3RS Serial TV

Sampe saat ini udah ada 5 Season. Tiap seasonnya rata-rata ada 20 episode. Selamat menonton....  ;)

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: Manfaat Matematika
« Jawab #11 pada: Mei 14, 2009, 04:16:45 AM »
@insan sains

punya ebooknya?
MAU! MAU!
AYO CPETAN BUKA TOPIK DI 'BIOGRAFI DAN BUKU'

Offline humaam dz.

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 128
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
Re: Manfaat Matematika
« Jawab #12 pada: Mei 14, 2009, 12:49:28 PM »
iya..

ayo cepet buka

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Manfaat Matematika
« Jawab #13 pada: Mei 19, 2009, 11:24:13 AM »
topik tentang NUMB3RS udah di buka di sini :
http://www.forumsains.com/biografi-dan-buku/numb3rs

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Manfaat Matematika
« Jawab #14 pada: Mei 25, 2009, 09:34:17 AM »
Tapi terkait pekerjaan apa yang sangat membutuhkan matematika????

Apa aja sich
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
6202 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 13, 2009, 06:51:46 AM
oleh harusame
8 Jawaban
28751 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 24, 2014, 10:58:35 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
2935 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 28, 2009, 01:18:44 PM
oleh monokorobo
4 Jawaban
4655 Dilihat
Tulisan terakhir April 23, 2015, 12:28:14 PM
oleh esusukambing
1 Jawaban
4070 Dilihat
Tulisan terakhir April 16, 2015, 06:41:07 AM
oleh nʇǝʌ∀