Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Desember 01, 2022, 04:42:10 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,851
  • Latest: Emilykq
Stats
  • Total Tulisan: 139,639
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 36
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 19
Total: 19

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

tanya logaritma kk...

Dimulai oleh dms_pb, September 03, 2010, 01:23:09 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

nandaz

starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Blue_Rain

Kutip dari: galihutomo pada September 15, 2010, 04:11:43 AM
dalam pembagian logaritma ==> bila bilangan pokok bagian atas sama dengan yang bawah sama, kemudian bilangan pokok yang atas diganti....boleh asal..... bilangan pokok yang bawah juga diganti dengan bilangan pokok yang sama....
maka log 5/log 10 boleh ditulis 2log5/2log 10  ::)

Apakah sifat ini berlaku pada pembagian saja?


tambahan aja, bilangan pokok yang diganti itu harus lebih dari satu x>1 soalnya entar kalo dia satu kan jadinya error

1x =5
x=... ??? ??? ???
[move]The Rain Always Blue...[/move]

neoarm23

Kutip dari: nandaz pada September 15, 2010, 11:15:50 AM
Kutip dari: neoarm23 pada September 15, 2010, 11:13:50 AM
logaritma bilangan negatif bagaimana?
bisa kasih contoh dahulu?
maksudnya bagaimana dengan hal tersebut, kita ambil contoh
log(-1)=?

nandaz

jawabannya singkat, ngga ada penjabaran logaritma seperti itu....
ngomong2 soal 1x = 5    coba pikir berapapun x ngga akan pernah menghasilkan angka 5, sedangkan log(-1) akan dijabarin menjadi seperti ini. log(-1) = x ; 10x = -1, nah pertanyaanny kapan hasilnya seperti demikian? ::)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

neoarm23

Kutip dari: nandaz pada September 15, 2010, 07:21:47 PM
jawabannya singkat, ngga ada penjabaran logaritma seperti itu....
ngomong2 soal 1x = 5    coba pikir berapapun x ngga akan pernah menghasilkan angka 5, sedangkan log(-1) akan dijabarin menjadi seperti ini. log(-1) = x ; 10x = -1, nah pertanyaanny kapan hasilnya seperti demikian? ::)
bagaimana dengan bilangan kompleks?? ;)

nandaz

...bilangan kompleks kalo ngga salah gabungan dari bilangan real dan imajiner bukan?...dan kalo dipikir2 imajiner adalah nilai khayal yang ngga mungkin dapat diketahui, saya ngga bisa ambil resiko kalo nilai itu ada sesungghnya...seperti menguji keberadaan tuhan dengan science, tetapi cuma keyakinan orang lain sih yang percaya... ::)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

neoarm23

iya, imajiner.. huaha.. kemarin googling juga seperti itu adanya :o

adisae

dari [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
         
ternyata ln(-1)= {^elog(-1)}=\pm i.\pi

kok bisa ya.. ;D ;D gag ada penjelasannya jg s..
tapi keren abis deh matematik..bisa ketemu angka2 itu lagi itu lagi..hew..