Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 29, 2024, 12:42:26 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 169
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 193
Total: 193

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

pakai powerpoint, kapan siswa mencatat?

Dimulai oleh kingkongseju, Agustus 25, 2012, 09:56:59 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

kingkongseju

saya ingin mengajar matematika dengan menggunakan powerpoint untuk efektivitas. namun, selama ini masih terkendala menentukan waktu yang pas untuk siswa mencatat apa yang saya sampaikan (di power point). mungkin ada yang mau share pengalaman?
terima kasih...

nʇǝʌ∀

bukankah lebih baik kalau tidak dibatasi waktu perpindahan antar slide file anda? manakala siswa sudah selesai mencatat suatu bahan pelajaran di sebuah slide yang di show, baru anda klik enter untuk membuka slide berikutnya.

tetapi kalau menurut saya pribadi, akan lebih efisien lagi kalau siswa tidak perlu mencatat bahan pelajaran di slide anda. ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung, anda silahkan jelaskan bahan pelajaran slide per slide. dan tidak usah dibatasi pakai waktu perpindahan slide-nya. manakala sudah cukup penjelasan dan tanya jawab terkait suatu bahan pelajaran dalam sebuah slide, anda klik saya untuk melanjutkan melihat slide berikutnya. jadi pakai manual.

nanti di akhir jam pelajaran, anda minta email siswa anda untuk anda kirimi file-file powerpoint anda yang berisi bahan pelajaran dari anda supaya mereka bisa ngeprint sendiri di rumah/tempat lain. dengan demikian, siswa tidak perlu mencatat namun tetap bisa membaca lagi materi pelajaran yang anda ajarkan baik itu di layar monitor maupun di kertas.

semoga membantu :)

                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
> (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

utusan langit

kalau dari pengalaman saya sebagai pelajar, saya lebih suka mencatat daripada mengkopi ppt, tindakan mengkopi materi bisa membuat siswa jadi males mencatat, dan akhirnya materi yang disampaikan tidak bisa diserap dengan baik, kalaupun ingin menggunakan ppt usahakan pptnya tidak di share sama muridnya hal ini dibicarakan diawal semester, sehingga ketika dijelaskan siswa lebih memperhatikan dibuktikan dengan adanya catatan. kalau nggak dicatat, siswa akan mendapat jaminan materi tapi akan lebih mudah mengabaikan pemahaman

GofarCapung

sejatinya siswa belajar matematika itu harus menulis dan banyak berlatih,, lbih baik dikurangi ajah pakai PP na.. namun ada pengecualian untuk biologi misal na, memang rasanya lbh fleksibel pkai PP.. intinyaaaa, matematika itu bersifat khusus dan spesial, mnding mngerjakan d papan tulis aaaajaa... hee.. anggota baru nih aq, salam kenal yaaa..

utusan langit

BTW sepertinya lebih cocok masuk kotak pendidikan dari pada board matematika,

ytridyrevsielixetuls

#5
setiap siswa punya cara belajarnya sendiri-sendiri. saya dan beberapa orang selama bersekolah bisa mencerna ilmu baik dengan mencatat atau tidak mencatat. dan saya dan beberapa orang lain bisa belajar dengan baik meski diberikan materi pelajaran (karena memang itu hak kami) dan kami tidak menjadi manja karenanya. soal kemauan atau malas kan ada banyak faktor. kalau siswa mau mencatat ketika guru menjelaskan materi pelajaran di slide, maka itu kembali kepada pribadinya sendiri. dan kalaupun siswa wajib mencatat, itu kalau materi di slide kurang komplit. kewajiban siswa adalah membayar dan menerima ilmu baik dalam bentuk penjelasan dari guru maupun materi pelajarannya apakah itu berbentuk CD, file, atau buku. sedangkan kewajiban guru hanya memberikan penjelasan terkait materi pelajaran yang ia ajarkan. mencatat dalam konteks ini berbeda dengan mengerjakan soal. mengerjakan soal itu lain soal. jadi memang wajib menulis. kalau sekolah tidak memberikan materi pelajaran kepada siswa dan hanya menyuruh mereka mencatat maka itu tidak adil bagi siswa yang tidak masuk padahal semua siswa membayar untuk dapat materi pelajaran.

bagi siswa yang merasa tidak apa-apa tidak mendapat materi pelajaran ujung-ujungnya mereka tetap pergi ke toko buku atau perpustakaan atau browsing internet untuk mendapatkan referensi materi pelajaran. jadi saya pikir lebih efisien kalau diberikan penjelasan sekaligus file power point-nya ke email siswa seperti kata nʇǝʌ∀. siswa nggak perlu mutar-muter ke berbagai toko buku dan perpustakaan. karena gurunya sudah memberikan materi pelajaran itu di email mereka.
[move]
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

__________

kalau dari segi efisiensi maka benar kalau siswa mendapat materi pelajaran disamping penjelasan dari guru. tentu saja kalau cuma file power point, maka sangat mudah menggandakan dan membagikannya kepada para siswa.
tapi kembali ke pertanyaan awal, "berapa waktu yang diperlukan siswa dalam mencatat ?"
tentu jawabannya bervariasi. semua tergantung dari jumlah slide, durasi jam pelajaran, dan penaksiran anda berapa lama waktu yang diperlukan untuk penjelasan dan tanya-jawab.
anda juga harus perhatikan, ada berapa file pp yg anda punya dan ada berapa pertemuan yang harus anda hadiri. kalau memang jumlah file pp lebih banyak daripada pertemuan, berarti harus "kejar-tayang" dalam artian ada 2 file pp yang dibahas dalam 1 pertemuan. tidak harus penuh 2 file. anda bisa menjelaskan file pp pertama secara penuh sedangkan file kedua dijelaskan setengahnya saja.
dan dalam pengalaman saya, setiap file pp mewakili 1 bab mata pelajaran dan setiap file isinya ada sekitar 10-15 slide. guru menjelaskan setiap slide tidak pakai settingan waktu melainkan hanya klik manual.