Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 26, 2022, 07:13:02 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 35
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Pembuktian 1 + 1 = 2

Dimulai oleh insan sains, Maret 29, 2008, 12:25:20 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

mozzpunkz

Kutip dari: reborn pada Juli 28, 2008, 04:13:20 PM
Kalo 1+1=2 kenapa 2+0=2?

Ini baru pertanyaan genius...apalagi yang katanya angka 0 merupakan angka misteri katanya tadi...kalau memang misteri kenapa bisa dipastikan 2 + 0 itu sama dengan 2???
Belajarlah dari kesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri.

insan sains

Kutip dari: reborn pada Juli 28, 2008, 04:13:20 PM
Kalo 1+1=2 kenapa 2+0=2?

wakakakaka.... akhirnya pertanyaannya bertambah susah, walaupun dilihat secara kasat mata, cuman penjumlahan sederhana. Dan senada dengan perkataannya mozzpunkz, Nol merupakan misteri yang tetap akan jadi misteri. Jadi mengapa 2+0=2? Pembuktian matematisnya bagaimana? wah.. lieur.. lieur...!! orang genius memang suka nyari yang susah-susah.. hehehehe.... Nampaknya pendekatan logika (dua kue ditambah tidak bawa kue sama dengan dua kue) kurang memuaskan hasrat seorang reborn.  ;D

ayo.. silahkan...
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Vinchemz

Kutip dari: Vinchemz pada Juli 28, 2008, 04:10:45 PM
Satu itu angka pertama
Tambah itu kenaikan levet tingkatan angka..

1 + 1
Artinya Angka pertama naik 1 tingkat

= 2
Berarti menghasilkan angka yang kedua

:D :D :D

Karena setelah Satu itu angka Dua
Dan Tambah itu kenaikan level tingkatan angka..

2 + 0
Artinya Angka Kedua naik 0 tingkat

= 2
Berarti menghasilkan angka yang kedua (tidak berubah, sering disebut sifat identitas)

musik_ajah

pertanyaan selanjutnya.
kenapa negatif dikali negatif bisa jadi positif

contoh:
(-2) x (-3) = 6
<b>loving current Osin</b>

Alfian Rahman

#19
Halo.... salam kenal semuanya,
aku Alfian anak kelas 6 SD
pembuktianku

Dalam rumus matematika ada:

x+x=2x

Kita pakai cara itu untuk membuktikan

1+1=2.1=2
1+1=2

Terbukti 1+1=2




Idad

Kutip dari: musik_ajah pada Mei 27, 2009, 05:55:08 AM
pertanyaan selanjutnya.
kenapa negatif dikali negatif bisa jadi positif

contoh:
(-2) x (-3) = 6
Nah, kalau ini bisa dilihat disini http://www.forumsains.com/matematika/min-kali-min-plus/

Idad

Kutip dari: Alfian Rahman pada Juni 05, 2009, 05:15:24 AM
Halo.... salam kenal semuanya,
aku Alfian anak kelas 6 SD
pembuktianku

Dalam rumus matematika ada:

x+x=2x

Kita pakai cara itu untuk membuktikan

1+1=2.1=2
1+1=2

Terbukti 1+1=2
Halo juga Alfian, salam kenal..
Nah, itulah yang dipertanyakan oleh Topic Starter, mengapa ditetapkan seperti itu.

Kalau buat saya, jawaban seperti ini sudah mencukupi untuk saya terima, (he.., soalnya bukan orang matematika)
Kutip dari: thhiinnkk pada Juni 06, 2008, 03:24:18 PM
sebenernya 1+1 itu hanya sebuah simbol yang mengartikan bahwa jika kita punya satu donat dan ketika kita membeli satu donat lagi kita akan mempunyai dua donat. dan dua itu adalah donat yang kita punya, jika sekarang kita mau mengubah angka dua itu dengan x,y, ataupun 3 pun tidak masalah yang penting kita tahu maksudnya ya sebanyak itu.

Nabih

setuju ma idad itu hanya sebuah simbol


4liteknologi

sapa bilang 1+1=2?
bisa kok satu tambah satu sama dengan 10. tapi kalo orang biologi yang jawab. satu ibu "ditambah" satu ayah kan bisa menghasilkan sepuluh. haha. (LOL bro)

salam kenal aja tuk semuanya
saia orang baru yang kesasar di forum ini

bangmas

#25
Kutip dari: musik_ajah pada Mei 27, 2009, 05:55:08 AM
pertanyaan selanjutnya.
kenapa negatif dikali negatif bisa jadi positif

contoh:
(-2) x (-3) = 6

slam knal bro,,,mf q orng bru pngen ikutn ne,,

q mo cba jwb ne yah :
mengapa di matematika min kali min = plus ( - * - =  +)
kayak  -1 x -1 = 1

sbgi alat tuk ngjlasn kt pakek yg ne :
1. jika a Anggota Bilangan Bulat, maka a + (-a) = 0, (sifat inpers pnjumlahn)
2. jika a Anggota Bilangan Bulat, maka a x 0 = 0 (sifat prkalian dgn 0 ))
3. jika a, b, c Anggota Bilangan Bulat, dan a + c = b + c, maka a = b
4. (a) . (-b) = - (a.b), (yg ni dah d bktiin seblm na)

trz kt cba pakek alat na tuk buktiin min kali min = plus atau kt msalkn dgn (-a) . (-b) = a.b

(-a) . [b + (-b) ]= (-a) . 0 = 0 (dari alat 1 dan 2)
(-a) . [b + (-b) ]= [(-a) . b] + [(-a) . (-b)]  (sifat distributif prkalian trhdp pnjmlahn ))

dgn sifat kesamaan, dua hal d atas dpt d artikn bhwa : [(-a) . b] + [(-a) . (-b)]  = 0
slanjt na dgn alat ' 4 ', ksmpuln tsb kt ubh mnjdi             : [- (a . b)] + [(-a) . (-b)]  = 0

kt ketahui bhwa [- (a . b)] + (a . b) = 0, (ats dasar alat "1"), mka prsmaan d atas dpt kt tulis :
[- (a . b)] + [(-a) . (-b)]  = [- (a . b)] + (a . b)

Nah...! dgn brdsar sma alat "3", kt peroleh : [(-a) . (-b)]  = (a . b)

bangmas

#26
Kutip dari: insan sains pada Maret 29, 2008, 12:25:20 PM
Hai Bro n Sis!

Dah lama nih gak ngulik-ngulik lagi topik tentang Matematik.

Btw.. Mau nanya aja sekarang!

Bagaimana cara membuktikan 1 + 1 = 2

Apakah kita hanya bisa menerimanya bulat-bulat? Tanpa tahu keabsahannya?
Ataukah aritmatik seperti itu hanya sekedar simbol belaka?

ribet jg yah,,, ;D


PocongSains

Kutip dari: superstring39 pada Mei 08, 2008, 03:56:02 PM
kalo saya pernah tau pembuktian bahwa 1 = 2
 (a^2 - a^2) = (a^2 - a^2) ; sisi kiri di faktorkan dan sisi kanan satu a dikeluarkan
 (a - a)(a + a) = a(a - a) ; kedua sisi dibagi (a - a)
 \cancel{(a - a)}(a + a) = a\cancel{(a - a)} ; sehingga
 (a + a) = a ; maka
 2a = a ;
 2\cancel{a} = \cancel{a} ; terbukti
2 = 1

;D


gilak,,

masa 0/0 dianggap satu, yang bener aja, pembodohan nih namanya, :(

ngajakmikir

1 + 1 tidak selalu sama dengan 2

1 + 1 = 1 kalau dalam aljabar bolean
1 + 1 = 10 kalau dalam biner
Aku adalah sesuatu yang tersembunyi. Aku berkehendak untuk dikenal, maka Aku ciptakan makhluk agar mereka mengenalKu

Monox D. I-Fly

Kutip dari: reborn pada Juli 28, 2008, 04:13:20 PM
Kalo 1+1=2 kenapa 2+0=2?

Kalau 1 + 1 = 2 dan 1 - 1 = 0 bukannya pembuktian 2 + 0 = 2 itu mudah?

2 + 0 = 2
(1 + 1) + (1 - 1) = 1 + 1
1 + 1 + 1 - 1 = 1 + 1
1 + 1 = 1 + 1
Terbukti
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.