Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 26, 2022, 06:51:13 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,632
  • Total Topik: 10,389
  • Online today: 62
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 45
Total: 45

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Pembuktian Hal Dasar

Dimulai oleh biobio, April 23, 2009, 04:23:28 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

HyawehHoshikawa

nol pangkat nol bukannya tidak terdefinisi yah?
soalnya aksiomanya kan:
0^n=0
n^0=1

hmm...iya ga, ya... ???
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

nash

@mtk kerajaan mataram

mav, aku mo balik lg nanya ttg aksioma, gapapa kan?

gini kak, jka kbenaran suatu aksioma dianggap mutlak tanpa pmbuktian, gmana caranya kita tau klo aksioma yg djadikan dasar teorema itu BENAR atau SALAH?
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Sky

@nash
Kutip dari: Sky pada April 25, 2009, 05:32:55 PM
Ringkasnya, aksioma itu adalah dasar pembuktian.
Jadi, aksioma itu bukan untuk dibuktikan.
Untuk menguji aksioma itu benar atau tidak, bukan dengan cara mencari darimana
asal aksioma, tapi menggunakan aksioma untuk membuktikan teorema atau kebenaran umum.
Maksudnya kalo Teorema yang dihasilkan dari aksioma tersebut itu benar (sesuai dengan eksperimen), maka aksioma itu mungkin benar .

Eh,, maaf yang jawab malah saya...
Biar mas Mataram jawab yang bagian susahnya aja, haha...



nol pangkat nol memang tidak terdefinisi,kan?
bener ga sih?
Kalo di konsep limit, nol pangkat nol itu bentuk tak tentu.

biobio

Kutip dari: utusan langit pada April 29, 2009, 08:39:33 PM
nol pangkat nol berapa?
bagaimana membuktikannya?
gmana kalo pake cara bodoh2an syaa ini...
1. Kalo x^a dibagi x^b, hasilnya kan x^(a-b)
2. Maka kita coba 2^2 dibagi 2^2 juga... Hasilnya = 2^0
3. Persamaan kedua kita hitung manual... 2x2 / 2x2 = 1
4. Maka 2^0 = 1
5. Gimana, UL?
hahaha
"The pen is mightier than the sword"

utusan langit

@ biobio

kayaknya nggak nyambung deh untuk kasus 0 pangkat 0,
0 pangkat 0 kan bisa saya artikan 0/0,
dengan a berapapun untuk model a/0, maka akan didapatkan hasil tak tentu!
hehehe ;D ;D ;D93x

biobio

wah, sory,..salah baca..gue pikir bilangan pangkat nol...hahaha
"The pen is mightier than the sword"

nash

0^0
= 0^2 / 0^2
= 0 / 0
= tak terdefinisi



gw rasa teorema
a^0 = 1
hanya brlaku jika a tdk sama dgn 0
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

utusan langit

menganai konstanta phi, pada luas lingkaran (22/7)

darimana asal konstanta tersebut?

Sky

maksudnya pi kali.
coba dicek di LaTex.

Tadinya matematikawan menemukan bahwa luas lingkaran sebanding dengan kuadrat jejari.
Lalu diberikan konstanta untuk membuat kesebandingan tadi jadi rumus.
jadilah L = pi r^2


utusan langit

KutipTadinya matematikawan menemukan bahwa luas lingkaran sebanding dengan kuadrat jejari.
Lalu diberikan konstanta untuk membuat kesebandingan tadi jadi rumus.

sebelum diketahui pi, gimana cara nentuin luasnya? ??? ??? ???

HyawehHoshikawa

#25
{\frac{8D}{9}}^2
D=diameter
tu yang dikuadratin 8d/9 nya yagh

lagian pi itu kan konstanta perbandingan antara keliling lingkaran dengan diameternya...
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Sky

Kutip dari: utusan langit pada Mei 03, 2009, 11:21:18 AM
sebelum diketahui pi, gimana cara nentuin luasnya? ??? ??? ???
Bisa dengan cara yang sederhana ko.
Aku ga tau ini dipake ilmuwan jaman dulu atau engga.
Tapi, kalo saya:
Saya isi tabung lingkaran berjari-jari r, dan tinggi l dengan air (l bisa berapa aja, misalnya 1 satuan, biar gampang).
Selanjutnya, air saya pindahkan ke balok dengan alas yang sudah diketahui ( misalnya 1 satuan^2, biar gampang).
Lalu, tinggi airnya saya ukur.
Maka dapatlah Volume.
Lalu luas lingkaran didapat dengan cara mem bagi Volum dengan l.
Dapatlah luas lingkaran.

setelah mendapat banyak data jejari dan luas.
ya, dicari hubungannya....
dapat pi. (tapi nilainya masih kasar).

@hoshikawa
itu maksudnya rumus apa?

HyawehHoshikawa

ya rumus luas lingkaran dong...
orang yang ditanyain luas lingkaran
tapi itu diambil dari orang-orang arab...

misal yah
{\frac {8D}{9}}^2
D = 2R
=>{\frac {16R}{9}}^2

=>\frac {256R}{81}
berapa itu 256/81?
monggo...ehe,namanya juga itungan orang jaman dulu
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

HyawehHoshikawa

n^(1/x) = (1/n)^x
0^(n-n) = 0^n * (1/0)^n
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Nabih

Kutip dari: HyawehHoshikawa pada April 29, 2009, 06:53:37 PM
tapi kalo' dari 3 titik bisa dibikin fungsi kuadrat, itu aksioma ato teorema yah???

Kayaknya teorema dech

Aksiomanya:
1. Axioma 1 Euclid (buku Elements)
2. Kalau ada 3 titik, belum tentu kolinear
3. Jika ada 3 titik yang tidak kolinear, maka ada 1 bidang yang melalui ketiganya

Setidaknya ada 3 aksioma yang mendasari hal tersebut ???