Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Agustus 06, 2021, 03:35:46 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26721
  • Latest: joseqgq
Stats
  • Total Tulisan: 139661
  • Total Topik: 10401
  • Online Today: 67
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 48
Total: 48

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Pembuktian Hal Dasar  (Dibaca 24676 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Pembuktian Hal Dasar
« Jawab #15 pada: April 30, 2009, 04:42:11 PM »
nol pangkat nol bukannya tidak terdefinisi yah?
soalnya aksiomanya kan:
0^n=0
n^0=1

hmm...iya ga, ya... ???
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: Pembuktian Hal Dasar
« Jawab #16 pada: April 30, 2009, 09:53:40 PM »
@mtk kerajaan mataram

mav, aku mo balik lg nanya ttg aksioma, gapapa kan?

gini kak, jka kbenaran suatu aksioma dianggap mutlak tanpa pmbuktian, gmana caranya kita tau klo aksioma yg djadikan dasar teorema itu BENAR atau SALAH?
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: Pembuktian Hal Dasar
« Jawab #17 pada: Mei 02, 2009, 12:55:13 AM »
@nash
Ringkasnya, aksioma itu adalah dasar pembuktian.
Jadi, aksioma itu bukan untuk dibuktikan.
Untuk menguji aksioma itu benar atau tidak, bukan dengan cara mencari darimana
asal aksioma, tapi menggunakan aksioma untuk membuktikan teorema atau kebenaran umum.
Maksudnya kalo Teorema yang dihasilkan dari aksioma tersebut itu benar (sesuai dengan eksperimen), maka aksioma itu mungkin benar .

Eh,, maaf yang jawab malah saya...
Biar mas Mataram jawab yang bagian susahnya aja, haha...



nol pangkat nol memang tidak terdefinisi,kan?
bener ga sih?
Kalo di konsep limit, nol pangkat nol itu bentuk tak tentu.

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Pembuktian Hal Dasar
« Jawab #18 pada: Mei 03, 2009, 10:56:26 AM »
nol pangkat nol berapa?
bagaimana membuktikannya?
gmana kalo pake cara bodoh2an syaa ini...
1. Kalo x^a dibagi x^b, hasilnya kan x^(a-b)
2. Maka kita coba 2^2 dibagi 2^2 juga... Hasilnya = 2^0
3. Persamaan kedua kita hitung manual... 2x2 / 2x2 = 1
4. Maka 2^0 = 1
5. Gimana, UL?
hahaha
"The pen is mightier than the sword"

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Pembuktian Hal Dasar
« Jawab #19 pada: Mei 03, 2009, 11:03:25 AM »
@ biobio

kayaknya nggak nyambung deh untuk kasus 0 pangkat 0,
0 pangkat 0 kan bisa saya artikan 0/0,
dengan a berapapun untuk model a/0, maka akan didapatkan hasil tak tentu!
hehehe ;D ;D ;D93x

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Pembuktian Hal Dasar
« Jawab #20 pada: Mei 03, 2009, 11:05:16 AM »
wah, sory,..salah baca..gue pikir bilangan pangkat nol...hahaha

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: Pembuktian Hal Dasar
« Jawab #21 pada: Mei 03, 2009, 09:52:25 PM »
0^0
= 0^2 / 0^2
= 0 / 0
= tak terdefinisi



gw rasa teorema
a^0 = 1
hanya brlaku jika a tdk sama dgn 0

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Pembuktian Hal Dasar
« Jawab #22 pada: Mei 03, 2009, 10:00:59 PM »
menganai konstanta phi, pada luas lingkaran (22/7)

darimana asal konstanta tersebut?

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: Pembuktian Hal Dasar
« Jawab #23 pada: Mei 04, 2009, 01:13:59 AM »
maksudnya pi kali.
coba dicek di LaTex.

Tadinya matematikawan menemukan bahwa luas lingkaran sebanding dengan kuadrat jejari.
Lalu diberikan konstanta untuk membuat kesebandingan tadi jadi rumus.
jadilah L = pi r^2


Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Pembuktian Hal Dasar
« Jawab #24 pada: Mei 04, 2009, 02:21:18 AM »
Kutip
Tadinya matematikawan menemukan bahwa luas lingkaran sebanding dengan kuadrat jejari.
Lalu diberikan konstanta untuk membuat kesebandingan tadi jadi rumus.

sebelum diketahui pi, gimana cara nentuin luasnya? ??? ??? ???

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Pembuktian Hal Dasar
« Jawab #25 pada: Mei 04, 2009, 05:58:36 AM »
{\frac{8D}{9}}^2
D=diameter
tu yang dikuadratin 8d/9 nya yagh

lagian pi itu kan konstanta perbandingan antara keliling lingkaran dengan diameternya...
« Edit Terakhir: Mei 04, 2009, 06:20:12 AM oleh HyawehHoshikawa »

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: Pembuktian Hal Dasar
« Jawab #26 pada: Mei 04, 2009, 06:08:47 AM »
sebelum diketahui pi, gimana cara nentuin luasnya? ??? ??? ???
Bisa dengan cara yang sederhana ko.
Aku ga tau ini dipake ilmuwan jaman dulu atau engga.
Tapi, kalo saya:
Saya isi tabung lingkaran berjari-jari r, dan tinggi l dengan air (l bisa berapa aja, misalnya 1 satuan, biar gampang).
Selanjutnya, air saya pindahkan ke balok dengan alas yang sudah diketahui ( misalnya 1 satuan^2, biar gampang).
Lalu, tinggi airnya saya ukur.
Maka dapatlah Volume.
Lalu luas lingkaran didapat dengan cara mem bagi Volum dengan l.
Dapatlah luas lingkaran.

setelah mendapat banyak data jejari dan luas.
ya, dicari hubungannya....
dapat pi. (tapi nilainya masih kasar).

@hoshikawa
itu maksudnya rumus apa?

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Pembuktian Hal Dasar
« Jawab #27 pada: Mei 04, 2009, 06:26:04 AM »
ya rumus luas lingkaran dong...
orang yang ditanyain luas lingkaran
tapi itu diambil dari orang-orang arab...

misal yah
{\frac {8D}{9}}^2
D = 2R
=>{\frac {16R}{9}}^2

=>\frac {256R}{81}
berapa itu 256/81?
monggo...ehe,namanya juga itungan orang jaman dulu

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Pembuktian Hal Dasar
« Jawab #28 pada: Mei 06, 2009, 10:43:29 AM »
n^(1/x) = (1/n)^x
0^(n-n) = 0^n * (1/0)^n

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Pembuktian Hal Dasar
« Jawab #29 pada: Mei 25, 2009, 10:07:22 AM »
tapi kalo' dari 3 titik bisa dibikin fungsi kuadrat, itu aksioma ato teorema yah???

Kayaknya teorema dech

Aksiomanya:
1. Axioma 1 Euclid (buku Elements)
2. Kalau ada 3 titik, belum tentu kolinear
3. Jika ada 3 titik yang tidak kolinear, maka ada 1 bidang yang melalui ketiganya

Setidaknya ada 3 aksioma yang mendasari hal tersebut ???
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
13 Jawaban
78397 Dilihat
Tulisan terakhir September 16, 2016, 02:35:41 AM
oleh Monox D. I-Fly
29 Jawaban
50569 Dilihat
Tulisan terakhir November 15, 2015, 12:32:57 AM
oleh Monox D. I-Fly
15 Jawaban
13560 Dilihat
Tulisan terakhir April 06, 2010, 10:43:50 AM
oleh raisuien
2 Jawaban
4721 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 04, 2010, 02:24:08 AM
oleh nandaz
1 Jawaban
5320 Dilihat
Tulisan terakhir November 08, 2011, 06:27:08 AM
oleh Apikkondang